277 Hotel Terima Traveloka Hotel Awards 2019

Traveloka, platform pemesanan produk dan layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terbesar di Asia tenggara, kembali menggelar Traveloka Hotel Awards untuk ketiga kalinya sebagai bentuk apresiasi terhadap para mitra hotel di seluruh Indonesia.

Kali ini, terdapat 277 mitra hotel yang menerima penghargaan Traveloka Hotel Awards 2019 berdasarkan ulasan positif dari pengguna. Berbeda dari tahun sebelumnya, Traveloka Hotel Awards kali ini digelar dalam acara roadshow bertemakan Market Update yang diadakan di beberapa wilayah di Indonesia mulai dari Desember 2019 hingga Februari 2020.

Traveloka Hotel Awards memiliki 4 kategori penilaian, yaitu makanan (food), kebersihan (cleanliness), layanan (service), dan pengalaman secara keseluruhan (experience).

John Safenson, Vice President of Market Management – Accommodation Traveloka, menjelaskan lebih lanjut terkait ajang penghargaan ini, “Diadakan sejak tahun 2016, Traveloka Hotel Awards merupakan kegiatan rutin tahunan yang tak hanya bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap performa dan layanan terbaik yang telah diberikan para mitra kepada konsumen atau pengguna kami, namun juga mendorong seluruh mitra hotel kami untuk senantiasa melakukan inovasi demi meningkatkan layanannya.”

“Beberapa tahun ini, kami juga melihat peningkatan yang luar biasa untuk jumlah hotel yang mendapatkan ulasan positif dari para pengguna. Hal ini lah yang menjadi landasan kami dalam melanjutkan inisiatif ini dengan harapan agar dapat berkontribusi terhadap pengembangan industri pariwisata di tanah air,” ia menambahkan.

Traveloka menyadari bahwa ulasan konsumen memiliki dampak yang signifikan terhadap kepercayaan pengguna kepada mitra yang mempengaruhi keputusan mereka untuk memesan inventori tersebut, khususnya di bidang perhotelan atau akomodasi.

Selain itu, di era digital saat ini, kecepatan informasi terkait ulasan yang juga dilengkapi dengan foto sebagai referensi tambahan juga mempengaruhi preferensi pengguna. Hal ini juga didukung oleh survey GfK Consulting dan Google Search yang menyebutkan bahwa pemesan hotel di Indonesia bergantung pada penggunaan digital untuk mencari inspirasi perjalanan, riset, dan melakukan pemesanan.

“Kami berharap kehadiran Traveloka Hotel Awards dapat semakin memudahkan para pengguna dalam mencari inspirasi menginap baik itu untuk staycation, liburan maupun perjalanan bisnis yang didukung dengan ulasan terpercaya dari sesama pengguna, sehingga pengguna mendapatkan informasi yang lebih komprehensif sebagai bahan pertimbangan untuk memenuhi kebutuhan mereka,” kata Shirley Lesmana, Head of Marketing – Accommodation Traveloka.

“Dari tahun ke tahun, kami melihat peningkatan yang signifikan untuk jumlah pengguna yang melakukan ulasan, yang mengindikasikan bahwa ulasan yang kredibel menjadi faktor penting bagi pengguna dalam menentukan pilihan hotel yang sesuai dengan keinginannya dan meminimalisir ‘element of surprise’ dimana hotel yang dipesan tidak sesuai dengan harapan pengguna,” ujarnya.

Selain memberikan apresiasi bagi mitra hotel yang telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumen, Traveloka juga akan melekatkan kolom dan label khusus kepada para mitra peraih penghargaan Traveloka Hotel Awards demi memudahkan konsumen untuk melihat langsung mitra hotel pemenang Traveloka Hotel Awards pada platform Traveloka.

Label ini juga memungkinkan mitra hotel untuk mendapatkan kepercayaan yang lebih dari pengguna sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan tingkat huniannya (occupancy rate).

SF-Admin