markettrack.id – Accor membagikan ikhtisar aktivitas pengembangan tahun 2024 dan prospek pertumbuhan untuk tahun 2025 dan seterusnya.

Diketahui, Accor memperluas portofolionya dengan membuka 293 hotel dan resor pada tahun 2024, menambah 50.000 kamar. Hasilnya, jaringan global Accor kini mencakup lebih dari 5.680 hotel dan 850.000 kamar yang beroperasi, dengan tambahan 1.381 properti dan 233.000 kamar dalam rencana.

Dalam lima tahun terakhir, nilai properti Grup terus meningkat dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada volume, yang semakin memperkaya kualitas portofolio hotel globalnya.

Kinerja pengembangan perusahaan sangat kuat di seluruh MEA APAC pada tahun 2024. Pasar Timur Tengah dan Asia terus tumbuh pesat dan, pada tahun 2025, lebih dari 60% pembukaan kantor yang direncanakan Accor difokuskan di kawasan ini.

Perjalanan tetap menjadi prioritas belanja konsumen yang signifikan, dengan 75% wisatawan menganggap perjalanan liburan sebagai prioritas penting dibandingkan kategori lain yang bersifat diskresioner.

Perjalanan wisata , perjalanan sadar terutama di kalangan generasi muda yang mencari tempat tinggal lebih lama, dan preferensi untuk destinasi alternatif dan tidak terlalu ramai adalah tren konsumen yang sedang berkembang yang menghadirkan peluang pertumbuhan berkelanjutan.

Permintaan berkelanjutan untuk resor yang melayani wisatawan liburan dan bisnis, didorong oleh meningkatnya popularitas perjalanan bleisure , adalah pendorong permintaan utama lainnya.

Keberlanjutan tetap menjadi prinsip inti strategi pengembangan Accor. Pada akhir tahun 2024, 36% hotel Accor telah mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan. Ini merupakan kemajuan sebesar +330% dibandingkan akhir tahun 2023 (dari 480 hotel menjadi lebih dari 2000 hotel pada akhir tahun 2024).

Pada tahun 2024, konversi lebih diutamakan daripada pembangunan gedung baru dengan 58% proyek pengembangan baru Accor di seluruh dunia merupakan proyek konversi.

Hotel-hotel baru dan kolaborasi memprioritaskan pertimbangan etika dan meraih keberhasilan sambil meminimalkan dampak lingkungan secara keseluruhan, sejalan dengan komitmen keberlanjutan Grup.

Didukung oleh program loyalitasnya yang berkembang pesat, ALL , yang baru-baru ini merayakan tonggak sejarah dengan mencapai 100 juta anggota, Accor diposisikan secara unik untuk memimpin dalam lanskap perjalanan yang terus berkembang dengan jaringan merek yang paling beragam di industri perhotelan dan pola pikir keberlanjutan.

Grup ini siap untuk memberikan pertumbuhan portofolio pengembangan lebih lanjut di lingkungan pasar ini.

Kepemimpinan Pasar dan Kekuatan Merek dengan Premium, Skala Menengah & Ekonomi

Accor terus memperkuat Divisi Premium, Midscale & Economy (PM&E) dengan pendekatan yang terarah pada pertumbuhan, yang difokuskan pada merek-merek ikonik seperti Pullman, Novotel, dan ibis serta peluang ekspansi di destinasi-destinasi yang diminati.

Dengan Mercure mencapai tonggak sejarah ke-1.000 pada tahun 2024, terobosan mendatang pada tahun 2025 mencakup pembukaan ibis di negara ke-80 dan ibis Styles yang melampaui angka 700 hotel.

Pada tahun 2024, pembukaan di seluruh segmen ini mencakup penambahan seperti Pullman Budapest Hotel, Swissôtel Poiana Brasov, Novotel Istanbul Bomonti, dan ibis Jakarta Raden Saleh.

Pertumbuhan berkelanjutan ini menyoroti posisi strategis Accor dalam kategori premium, menengah, dan ekonomi serta kemampuannya untuk memanfaatkan tren perjalanan demi kesuksesan yang berkelanjutan.

Misalnya, merek TRIBE dari Accor memenuhi permintaan akan perhotelan yang mengutamakan desain dan pengalaman dengan harga yang terjangkau.

Merek yang berkembang pesat ini meluncurkan lokasi baru seperti Budapest dan Bangkok pada tahun 2024, menawarkan ruang sosial dan fleksibel yang dirancang khusus untuk pelancong modern.

Dengan total 20 hotel yang telah dibuka dan 40 hotel lainnya yang sedang dalam proses pembangunan, TRIBE secara unik siap untuk menangkap peluang dari tren pelancong yang sedang naik daun ini.

Handwritten Collection adalah merek Accor lain yang dengan cepat mendapatkan perhatian dan memiliki lintasan pertumbuhan global yang ambisius.

Diluncurkan pada tahun 2023, merek ini merupakan kumpulan hotel yang dikurasi dengan cermat yang merayakan kehangatan dan karakter tuan rumah mereka yang berdedikasi.

Dengan lebih dari 25 hotel yang telah beroperasi di seluruh dunia, termasuk kota-kota terkemuka seperti Paris, Krakow, San Francisco, Sydney, dan Singapura, merek ini akan melihat jejaknya di Eropa tumbuh secara substansial dengan lebih dari 10 hotel yang diharapkan akan beroperasi dalam beberapa bulan mendatang .

Dengan pertumbuhan kontrak hotel premium Accor yang mengesankan sebesar +150% sejak 2019, segmen ini terus menunjukkan kekuatannya, dengan jejak premium Grup yang kini mewakili lebih dari 500 hotel di seluruh dunia.

Pencapaian ini menunjukkan momentum merek-merek seperti Pullman, Swissôtel, Mövenpick, dan Grand Mercure, yang masing-masing mendefinisikan ulang penawaran perhotelan mereka dengan karakter yang berbeda, akar budaya yang dalam, dan pengalaman tamu yang lebih baik.

Seiring dengan upaya Accor untuk memperluas merek premiumnya di seluruh Eropa, Accor juga meningkatkan kehadirannya di kategori resor dengan pembukaan tahun ini seperti Mövenpick Resort & Residences Teuta Bay, Montenegro dan Pullman Okol Golf Resort & Spa, Bulgaria, yang keduanya dijadwalkan dibuka pada akhir tahun 2025.

Setiap resor akan mencakup fasilitas canggih dan pengalaman multifaset yang memadukan kebugaran, gastronomi, dan hiburan.

Berlokasi strategis di pasar rekreasi yang sedang berkembang pesat, resor-resor ini akan diuntungkan oleh permintaan pariwisata internasional yang kuat dan kondisi investasi yang menguntungkan.

 Dengan jaringan yang kuat, portofolio premium Accor terus memberikan pengalaman tamu kelas atas, menjadikannya pilihan utama bagi investor dan wisatawan yang mencari keramahtamahan yang bermakna dan mendalam.

Pertumbuhan Accor di seluruh segmen PM&E pada tahun 2025 akan terus berlanjut. Dengan memanfaatkan tren yang sedang berkembang seperti wisata sadar lingkungan dan bleisure, Accor bertujuan untuk meningkatkan penawarannya dan memenuhi kebutuhan wisatawan masa kini yang terus berkembang.

Camil Yazbeck, Chief Development Officer, Premium, Midscale & Economy, menuturkan, “Merek premium, menengah, dan ekonomi Accor mengalami momentum luar biasa pada tahun 2024, dengan permintaan yang kuat mendorong ekspansi di seluruh pasar utama. Merek ikonik seperti Pullman, Novotel, dan ibis menjadi kekuatan pendorong pertumbuhan Grup kami secara keseluruhan dan menjadi fondasi bagi divisi PM&E kami.”

“Mempertimbangkan fundamental industri saat ini, konversi hotel juga menjadi fokus utama strategi kami dengan banyak merek kami yang paling ramah konversi seperti Handwritten Collection, Mercure, dan TRIBE memimpin. Dengan jaringan yang kuat, portofolio merek yang beragam, dan pendekatan yang berpusat pada pemilik, Accor berada pada posisi terbaik untuk mendorong gelombang pertumbuhan perhotelan berikutnya pada tahun 2025 dan seterusnya,” jelasnya

Akselerasi Strategis dalam Kemewahan & Gaya Hidup

Portofolio mewah Accor – yang telah tumbuh baik dalam volume maupun nilai dan memiliki hotel-hotel terkenal seperti Raffles London di The OWO; The Plaza, A Fairmont Managed Hotel di New York; Sofitel Roma Villa Borghese di Italia; dan Hôtel des Arts Saigon – MGallery Collection di Vietnam di antara portofolionya yang tak tertandingi – terus berkembang di pasar-pasar utama dan destinasi-destinasi yang sangat didambakan.

Beberapa pembukaan hotel mewah yang terkenal bagi Grup selama 12 bulan terakhir termasuk Raffles Sentosa Singapore; Raffles Jaipur di India; Fairmont La Hacienda Costa del Sol di Spanyol; Fairmont Breakers Long Beach di California; Sofitel Cairo Downtown Nile di Mesir; dan Chengdu Expo Waterfall Hotel.- Koleksi MGallery di Cina.

Di bidang gaya hidup, Ennismore mewakili kehadiran Grup dalam kategori yang berkembang pesat ini. Delano Dubai, Rixos Tersane Istanbul, Hyde Johannesburg, dan 25hours Hotel The Oddbird di Jakarta milik Ennismore baru-baru ini dibuka sebagai hotel utama Grup.

Rata-rata, divisi Luxury & Lifestyle (L&L) Accor membuka satu proyek hotel per minggu dan sekitar enam proyek ditandatangani per bulan.

Grup ini memiliki jaringan yang kuat dengan lebih dari 280 properti L&L yang sedang dikembangkan dan fokusnya tetap pada merek bernilai tinggi dan kemitraan strategis dengan pemilik hotel.

Tahun 2024 mencatat momentum penandatanganan yang berkelanjutan di seluruh merek L&L Accor, dengan Sofitel khususnya membanggakan 12 penandatanganan baru pada tahun ini seperti Sofitel Legend The Mozart di Praha, Republik Ceko.

Keberhasilan penting lainnya termasuk penandatanganan Raffles Tokyo, Jepang: destinasi perkotaan populer seperti Tokyo terus diminati, sementara destinasi resor dan alam berkembang pesat karena keinginan kuat di antara para pelancong untuk terhubung dengan budaya lokal dan pengalaman luar ruangan.

Meksiko dan Karibia juga merupakan pasar utama bagi pengembangan resor dan penawaran lengkap Grup. Pada akhir tahun 2024, Ennismore menandatangani dan membuka SLS Playa Mujeres, resor lengkap pertama merek tersebut yang terletak di Semenanjung Yucatán, Meksiko.

Ennismore juga menandatangani The Hoxton Oslo dan Melbourne, 25hours Heart of Khobar, Mama Lake Como, dan Rixos Phu Quoc, dan masih banyak lagi.

Tahun lalu, Accor juga mencatatkan rekor aktivitas melalui Accor One Living, platform pertama di industri yang berfokus pada pengembangan, desain, dan pengoperasian proyek serba guna dan komunitas pemilik rumah bermerek.

Grup, yang merupakan pemain perhotelan nomor 2 dalam hunian bermerek di seluruh dunia, kini melayani dan mendukung lebih dari 7.000 pemilik rumah di hampir 50 komunitas hunian bermerek yang beroperasi di lebih dari 25 penawaran merek yang berbeda.

Grup ini juga menyaksikan laju konversi yang tinggi di seluruh divisi L&L, yang didorong oleh ikon koleksi MGallery dan Emblems, dengan 55+ hotel yang secara kolektif berada di seluruh jalur pengembangan mereka.

Ekspansi MGallery mencakup pembukaan Marival Armony Punta Mita – MGallery Collection di Meksiko awal tahun ini dan debut mendatang di Karibia dengan The Whimsy Hotel – MGallery Collection di Saint Martin.

Sementara itu, Emblems Collection baru-baru ini menandatangani kontrak dengan Elatos Resort, sebuah chalet mewah yang terletak di jantung alam liar pegunungan Yunani, yang akan dibuka kembali pada paruh kedua tahun 2026.

Terakhir, salah satu acara yang paling dinantikan di industri perjalanan pada tahun 2025 adalah peluncuran kembali Orient Express yang legendaris, merek berusia seratus tahun dengan makna budaya yang mendalam. Ini merupakan tonggak penting, dengan kereta pertama yang akan berangkat pada bulan April 2025.

Peluncuran ini akan bertepatan dengan debut Orient Express La Minerva di Roma yang juga akan dibuka dan memainkan peran penting dalam kebangkitan merek ikonik tersebut.

Dan awal bulan ini, Grup menandatangani lokasi lain yang didambakan di Italia: Raffles – Raffles Lake Como – yang menandai hotel kelima merek tersebut di Eropa – dan Hotel Bellevue Cortina d’Ampezzo, Emblems Collection.

Agnès Roquefort, Chief Development Officer, Luxury & Lifestyle mengatakan, “Portofolio kemewahan dan gaya hidup Accor tetap tak tertandingi, dan tahun 2024 menandai tahun kemajuan yang luar biasa. Dengan momentum yang kuat di pasar-pasar berpotensi tinggi, kami telah memperluas jejak merek-merek kami yang sangat diminati, mempercepat konversi, dan memperkenalkan pengalaman-pengalaman baru yang lebih baik.”

“Strategi kami terus didorong oleh visi untuk menciptakan pengalaman tamu yang bermakna dan transformatif sambil memaksimalkan nilai bagi pemilik dan mitra kami. Seiring dengan keberhasilan ini, kami tetap berkomitmen untuk membentuk masa depan perhotelan mewah dan gaya hidup pada tahun 2025 dan seterusnya,” katanya

Manfaatkan Peluang Pasar pada Tahun 2025 dan Selanjutnya

Grup ini berfokus pada mendorong inovasi dan memperluas jejaknya pada tahun 2025, dengan serangkaian pembukaan kunci dan alur pengembangan yang kuat yang mencakup kehadiran yang kuat di pasar-pasar pertumbuhan utama seperti Asia, Afrika, dan Timur Tengah.

Strategi Accor berpusat pada pemanfaatan wilayah-wilayah ini dengan fokus yang terarah, termasuk resor mewah dan hotel gaya hidup yang memenuhi permintaan konsumen yang terus berkembang, seperti perjalanan berkelanjutan dan ruang serbaguna.

Momentum pada tahun 2024 dan kegembiraan menjelang tahun 2025 menggarisbawahi tekad Grup untuk mendefinisikan ulang dan menyegarkan pengalaman perhotelan.

SF-Admin