Agilis Robotics, inovator terkemuka yang membuat robot bedah medis (surgical robotic), memimpin perubahan paradigma dalam metode bedah endoluminal yang minim sayatan (incisionless).

Agilis Robotics telah membuat terobosan teknologi yang luar biasa dalam pengembangan instrumen robotik berukuran sangat kecil dan fleksibel.

Instrumen robotik ini bekerja sangat piawai bahkan ketika menangani bagian tubuh yang paling sulit. Perkembangan penting tersebut membantu ahli bedah melakukan prosedur reseksi jaringan tubuh yang tergolong rumit secara akurat dan mudah, serta secara langsung pada bukaan organ tubuh yang alami (natural orifice).

Uniknya, sistem ini mudah terintegrasi dengan endoskop standar yang digunakan rumah sakit dan klinik, termasuk kolonoskop dan sistoskop. Dengan demikian, sistem ini memanfaatkan keahlian endoskopi yang telah dikuasai, mempersingkat proses pembelajaran, serta meningkatkan efektivitas biaya.

Dikutip dari Agilis Robotics Limited, instrumen robotik ini menawarkan peluang luar biasa dalam pembedahan endoluminal, meliputi sistem pencernaan bagian atas dan bawah, saluran kemih, kerongkongan, serta ginekologi.

Sistem ini terdiri atas komponen utama (primary cart), konsol pengendali yang ringkas, serta lengan robotik sekali pakai (disposable robotic arm) sehingga menjamin performa dan sterilitas. Biaya sistem ini mencapai kurang dari 20% dibandingkan sistem robotik konvensional yang tersedia di pasar.

Hasilnya, investasi di muka menjadi lebih murah, sedangkan, nilai laba kotor juga lebih besar bagi lembaga medis. Tingkat permintaan pembedahan endoluminal tengah meningkat di seluruh dunia. Tren ini didorong kian maraknya pemeriksaan kanker dan deteksi tumor stadium dini.

Setelah angka kanker usus mencapai lebih dari 3,5 juta kasus baru dan kanker kandung kemih mencapai 690.000 kasus baru per tahun di seluruh dunia, Agilis Robotics berada pada posisi strategis untuk memenuhi segmen pasar pembedahan endoluminal yang belum terlayani dengan baik.

Lewat solusi tersebut, pasien dapat memperoleh pengobatan dini yang efektif dengan durasi pengobatan yang lebih cepat dan tingkat kambuh yang lebih rendah.

Agilis Robotics merupakan unit bisnis independen yang sempat berada dalam naungan The University of Hong Kong. Lebih lagi, Agilis Robotics telah mendapat pendanaan senilai HKD 90 juta dari investor swasta.

Pendanaan ini digunakan untuk pengembangan dan persiapan uji klinik. Agilis Robotics telah menyelesaikan enam riset dengan hewan hidup bersama mitra-mitra klinis di Hong Kong dan Shenzhen. Riset ini menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk akurasi, keamanan, dan efektivitas sistem tersebut.

Uji klink pertama yang melibatkan manusia ditargetkan berlangsung pada Semester I-2024. Agilis Robotics tengah mempersiapkan pengajuan izin Food and Drug Administration (FDA) dan National Medical Products Administration (NMPA) sebagai perkembangan penting dalam tahap komersialisasi.

CFO, Agilis Robotics, Hui Ka-Ming, berpengalaman luas dalam investasi dan mengembangkan perusahaan bioteknologi pada tahap pre-profit, telah sukses mencatatkan saham perusahaan “Chapter 18A” di HKEX, meski perusahaan tersebut relatif masih belum berkembang jika dibandingkan Agilis Robotics.

Di sisi lain, Agilis Robotics memahami pentingnya aspek efektivitas biaya, pemasaran produk, serta potensi pasar guna menjamin kesuksesan bisnis bagi pihak investor dan rumah sakit.

SF-Admin