Appier, perusahaan software-as-a-service (SaaS) yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI), berkolaborasi dengan Nespresso.
Mengintegrasikan platform conversational marketing BotBonnie dengan permainan menarik, Appier berhasil menyatukan kanal daring dan luring Nespresso, serta mencatat tingkat penuntasan interaksi pelanggan (completion rate) hingga 97%.
Strategi ini tidak hanya mendorong aktivitas berbagi konten di antara pengguna LINE, namun juga meningkatkan partisipasi komunitas dan konversi pelanggan. Hasilnya, setiap pelanggan Nespresso memperoleh pengalaman O2O (Online-to-Offline) yang sangat menarik.
Menurut Global Capsule Coffee Market Research Report mengungkapkan pertumbuhan signifikan pada segmen capsule coffee melesat dari US$ 13,77 miliar pada 2023 menjadi US$ 15,24 miliar pada 2024dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 10,7%.
Pertumbuhan yang luar biasa ini mencerminkan tren konsumen yang semakin memilih kemudahan, cita rasa yang bermutu, serta gaya hidup modern.
Tentu saja, hal tersebut turut menghadirkan dinamika dan peluang pasar yang kian berkembang di industri kopi.
Nespresso, pemimpin global yang mengutamakan keunggulan dan aspek keberlanjutan dalam produk kopi, terus memuaskan hasrat penggemar kopi di seluruh dunia.
Menanggapi permintaan pasar kopi kapsul yang berkembang pesat dan semakin beragam, Nespresso secara aktif mengeksplorasi cara-cara inovatif dan kreatif untuk memenuhi kebutuhan interaktif pelanggan yang terus meningkat.
Dengan mengandalkan keahlian pemasaran digital Appier, Nespresso berhasil membuat terobosan dalam interaksi pelanggan melalui strategi pemasaran interaktif pada kanal LINE.
Kolaborasi ini melansir skenario gamified marketing yang menarik, mengatasi kesenjangan kanal online-to-offline (O2O), serta mengoptimalkan pengalaman pelanggan lewat cara-cara interaktif bersama Nespresso Taiwan dan para pelanggannya.
Nespresso mencapai tingkat interaksi yang impresif hingga 97%
Setelah Nespresso mengintegrasikan sarana pemasaran BotBonnie dengan fitur Member Get Member (MGM) pada kanal LINE, akuisisi pengguna pun melesat.
Dengan menggelar undian yang menarik saat perayaan Tahun Baru Imlek, pengguna dapat menguji keberuntungan mereka dan berbagi dengan teman-teman LINE mereka untuk mendapatkan entri tambahan.
Strategi ini tidak hanya menghasilkan tingkat penuntasan interaksi pelanggan sebesar 97% dalam program “2023 Rabbit New Year“, namun tingkat penukarannya juga mencapai 50% untuk hadiah utama pada kampanye”2024 Dragon New Year scratch-and-win campaign“. Hal tersebut mencerminkan kesuksesan dari kombinasi perayaan hari libur dengan teknik pemasaran modern.
Modul kuis meningkatkan tingkat penuntasan interaksi pengguna sebesar 75%
Nespresso meningkatkan interaksi pelanggan dengan memanfaatkan modul kuis BotBonnie ketika meluncurkan produk capsule coffee machine seri VERTUO.
Melalui tema yang terinspirasi dari color stylist, pengguna dapat mengidentifikasi gaya warna mereka sekaligus mempelajari teknologi mutakhir Centrifusion™ dari Nespresso—sistem Nespresso untuk menyesuaikan parameter penyeduhan melalui barcode pada setiap coffee capsule untuk menjamin pembuatan kopi yang sempurna.
Program ini tidak hanya menarik minat pengguna dengan hasil kuis yang bersifat personal, namun pengguna juga bisa mengundang teman untuk mendapatkan kesempatan undian tambahan.
Pendekatan kreatif ini tidak hanya mencapai tingkat penyelesaian pengguna sebesar 75%, namun juga berhasil meningkatkan minat beli para penggunannya, mengubah interaksi daring menjadi aktivitas penjualan yang riil.
Nespresso juga meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memanfaatkan BotBonnie untuk mengoptimalkan interaksi komunitas di LINE dengan memperkenalkan fitur “Store Search” yang mudah dipakai.
Dengan Dengan mengintegrasikan Location-Based Services (LBS), para pelanggan mudah menemukan 10 gerai Nespresso dengan membagikan lokasi mereka.
Nespresso menyambut baik kolaborasi ini dan berkata, “Kami sangat senang bermitra dengan Appier untuk mengubah kreativitas pemasaran menjadi hasil bisnis yang nyata melalui BotBonnie. . \ Selaras dengan preferensi konsumen modern yang menginginkan kegiatan interaktif, dan juga memperluas jangkauan lini produk Nespresso yang inovatif, serta program branding yang memprioritaskan pelanggan.”
SF-Admin