Aprilia GP Spain Qualification - Aleix Espargaro

Duo Aleix Espargaró dan sepeda motor Aprilia RS-GP 2022 sekali lagi membuktikan diri sebagai salah satu yang paling kompetitif di MotoGP, di mana pembalap Spanyol tersebut sekali lagi menampilkan performa luar biasa, menyelesaikan kualifikasi GP Spanyol dengan waktu terbaik ketiga secara keseluruhan pada 1’36” 933.

Seperti yang terjadi pekan lalu di Portugal, pencapaian ini berarti bahwa Aleix akan berada di barisan depan grid start untuk balapan Grand Prix yang dijadwalkan berlangsung hari ini, dan dia telah menunjukkan bahwa kecepatannya setara dengan yang terbaik.

Setelah pagi yang positif di mana ia menyelesaikan FP3 di posisi kelima dengan waktu 1’36”975, dan langsung melaju ke kualifikasi kedua (Q2), Maverick Viñales tidak dapat mencapai performa yang sama dalam seluruh kualifikasi, berhenti di catatan waktu 1’37”675, yang sebagian dipengaruhi dua bendera kuning yang menghambat upaya terbaiknya. Meski start di baris keempat grid, Maverick, seperti Aleix, masih bisa mengandalkan kecepatan balapan luar biasa yang dia tunjukkan di FP4.

Sementara itu, Lorenzo Savadori juga tercatat sebagai pembalap yang sedang naik daun yang meskipun pada akhir pekan ini tidak berfokus sepenuhnya pada performa, namun telah dengan terampil mengurangi jarak di belakang pembalap yang lebih berpengalaman.

Terkait kualifikasi ini, Aleix Espargaró mengatakan, “Ini bukan kualifikasi yang sederhana. Sejujurnya, saya tidak terlalu optimis. Sejak sesi pertama, saya merasa nyaman dengan ban balap, tetapi ada masalah dengan stang motor yang mendadak bergoyang (chattering) setiap kali kami mengejar waktu dengan ban lunak. Tapi hari ini saya benar-benar berjuang 110%. Biasanya bukan ide yang baik untuk mengambil begitu banyak risiko, tetapi hari ini strategi ini membuahkan hasil.”

Ia menambahkan, “Sangat penting untuk memulai dari barisan depan karena di Jerez tidak mudah untuk menyalip, terutama ketika trek licin saat cuaca panas. Kami dapat mengandalkan kecepatan yang baik dengan ban medium. Motor bekerja dengan baik dan berjalan mulus, jadi kami percaya diri dan saya tidak sabar menunggu balapan dimulai!”

Sementara Maverick Viñales, menjelaskan, “Saya kecewa dengan penampilan kami di kualifikasi. Sangat disayangkan kami berada di baris keempat karena kami memiliki potensi untuk memperebutkan posisi teratas. Di FP3 kami memiliki laju yang cepat dan begitu juga di FP4, kami kompetitif dengan ban balap. Terutama dengan ban bekas saya merasa sangat kuat.”

“Sayangnya, di balap kualifikasi saya tidak menemukan perasaan yang sama dan kami masih perlu mencari tahu alasannya. Saya tidak punya banyak grip dan saya tidak bisa cepat. Kami akan terus bekerja keras untuk balapan terkini dan memberikan yang terbaik, tetapi tidak diragukan lagi ini bukan balapan yang mudah,” ujarnya.

“Kualifikasi kali ini lebih baik daripada di GP Portimo. Dengan jarak yang tipis seperti itu, hanya sepersepuluh sudah cukup untuk membuat langkah besar ke depan. Bagaimanapun, saya senang baik untuk barisan depan Aleix dan untuk komponen baru yang kami pelajari untuk gunakan selangkah demi langkah,” tutup Lorenzo Savadori.

SF-Admin