(Ki-Ka) Direktur Utama Bank Neo Commerce Tjandra Gunawan dan Presiden Direktur Eastspring Indonesia Alan J Tangkas Darmawan hadir dalam acara penandatanganan nota kesepahaman antara PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) dan PT Eastspring Invesment Indonesia (Eastspring Indonesia), di Jakarta (27/07). Kerja sama ini bertujuan untuk menyediakan layanan produk reksadana bagi nasabah BNC.

Minat masyarakat terhadap investasi di pasar modal saat ini semakin tinggi seperti pada instrumen saham, reksa dana, dan obligasi atau Surat Berharga Negara. Hal tersebut nampak pada terus bertambahnya jumlah investor pasar modal yang tercermin dalam Single Investor Identification (SID) pada Juni 2022 tercatat sudah mencapai 9,1 juta orang.

Untuk menjembatani tingginya minat ini, PT Eastspring Investments Indonesia (Eastspring Indonesia) yang merupakan perusahaan manajer investasi, meresmikan kerja sama dengan PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC).

Kerja sama ini bertujuan untuk mendistribusikan produk reksa dana saham Eastspring Investments Value Discovery dan reksa dana pendapatan tetap Eastspring Investments Yield Discovery kepada nasabah ritel Bank Neo Commerce.

Berdasarkan data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal pada Juni 2022, naik 21,68 persen dari akhir 2021 yang tercatat 7,48 juta orang. Pada Juni 2022, jumlah investor reksa dana mencapai 8,42 juta.

Sehingga berdasarkan data, jumlah investor reksa dana tercatat berkontribusi paling besar terhadap keseluruhan jumlah investor pasar modal, serta bertumbuh paling pesat dalam 6 bulan dibandingkan dengan investor untuk jenis investasi lainnya.

Direktur Utama Bank Neo Commerce, Tjandra Gunawan mengatakan Bank Neo Commerce terus konsisten dalam memberikan pilihan solusi dari setiap kebutuhan nasabah khususnya dari sisi penyediaan fitur dan produk finansial.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membangun hubungan kerja sama jangka panjang dengan mitra strategis guna memahami dan memenuhi kebutuhan nasabah untuk mengelola serta mengembangkan investasi mereka.

“Prinsip BNC saat ini adalah eranya kolaborasi bukan kompetisi. Maka dari itu, harapan kami dengan terjalinnya kerja sama antara BNC dan Eastspring Indonesia dapat memberikan pilihan investasi yang lebih luas bagi nasabah BNC dengan menyediakan pilihan investasi reksa dana. Dengan adanya kolaborasi ini, BNC dapat memberikan berbagai produk keuangan dan investasi berkualitas bagi para nasabah kami.” tambah Tjandra.

Untuk fase awal kerja sama ini, produk reksa dana ini mulai ditawarkan kepada nasabah ritel BNC melalui beberapa kantor cabang aktif BNC yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kedepannya, produk ini akan dapat dinikmati seluruh nasabah melalui aplikasi neobank setelah proses integrasi selesai.

Presiden Direktur, Eastspring Indonesia, Alan J. Tangkas Darmawan menyambut baik kerja sama yang dilakukan dengan BNC dan berharap produk–produk reksa dana besutan Eastspring Indonesia dapat mendukung nasabah BNC untuk mencapai tujuan investasi mereka dan memberikan hasil investasi jangka panjang yang kompetitif kepada investor.

”Reksa dana Eastspring Investments Value Discovery melakukan penempatan saham maksimum 70% pada blue chip/big cap stock dan diversifikasi atas sektor dan tema investasi. Reksa dana ini memilih fokus pada “Best Ideas” dan memanfaatkan peluang investasi dari semua sektor untuk memberikan hasil investasi yang optimal.” ungkap Alan.

“Sementara reksa dana Eastspring Investments Yield Discovery berfokus pada portofolio obligasi berkualitas baik dengan mengalokasikan 80-100% pada Obligasi Pemerintah yang berdurasi dibawah 5 tahun. Reksa dana ini juga telah dilengkapi fitur pembayaran dividen berkala.” tambah Alan.

“Kerja sama dengan Bank Neo Commerce akan memperluas jaringan distribusi kami dan menguatkan komitmen kami untuk turut mengembangkan industri pasar modal Indonesia.” tutup Alan.

SF-Admin