Tokopedia mengadakan ajang apresiasi tahunan Terbukti NYAM! 2023 untuk pelaku usaha lokal kuliner terbaik.

Industri makanan dan minuman berpotensi tumbuh hingga 6,25% sampai akhir tahun 2023. Demi membantu memaksimalkan potensi tersebut, diperlukan kolaborasi yang apik untuk memberikan panggung lebih luas bagi pelaku usaha makanan dan minuman.

Untuk itu, Tokopedia melalui ajang apresiasi Terbukti NYAM! 2023 mengumumkan 13 produk makanan atau minuman terbaik dari pelaku usaha lokal kuliner. Hasil ini ditentukan dari berbagai kriteria, salah satunya voting masyarakat lewat halaman khusus di Tokopedia sepanjang 3-21 Juli 2023 lalu.

Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono, mengungkapkan, “Sudah ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia dan hampir 100% pelaku UMKM, termasuk dari kategori produk makanan dan minuman. Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia berupaya membantu memberikan panggung luas kepada pelaku usaha lokal makanan dan minuman untuk meraja di negeri sendiri melalui berbagai upaya, salah satunya Terbukti NYAM! 2023.”

“Lewat ajang apresiasi ini, Tokopedia ingin membuat produk buatan Indonesia–dalam hal ini makanan dan minuman–makin dikenal dan menjadi pilihan utama masyarakat. Kami di sisi lain sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan vote kepada pelaku usaha lokal kuliner pilihannya di Terbukti NYAM! 2023,” tambah David.

Ajang apresiasi Terbukti NYAM! 2023 disambut positif oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI). Direktur IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan Kemenperin RI, Drs. Yedi Sabaryadi, menyampaikan, “Sektor industri makanan dan minuman merupakan kontributor terbesar dari sekian sektor industri pengolahan non-migas yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.”

“Pada triwulan I tahun 2023, sektor industri makanan dan minuman menyumbang 38,61% dari nilai PDB industri nonmigas atau 6,47% dari total PDB nasional. Dari nilai tersebut, sebagiannya merupakan kontribusi IKM makanan dan minuman yang berjumlah sekitar 1,66 juta unit usaha. Di samping itu, IKM makanan dan minuman mampu menyerap sekitar 3,6 juta tenaga kerja sehingga menjadikannya sebagai industri padat karya,” lanjutnya.

“Kemenperin RI sangat mengapresiasi langkah Tokopedia dalam menghadirkan ajang apresiasi Terbukti NYAM! 2023 untuk pelaku usaha lokal kuliner terbaik. Ajang ini bisa membuat makanan dan minuman buatan pelaku usaha lokal makin dikenal lebih banyak masyarakat,” lanjut Yedi.

Intip kriteria dan benefit usaha kuliner terbaik versi Terbukti NYAM! 2023

Ada 13 kategori nominasi di Terbukti NYAM! 2023, yaitu Kopi Bubuk Terbaik, Dessert Terenak, Bakery Terlezat, Non-Coffee Drink Terfavorit, Snack Paling Diminati, Bakmi Termaknyus, Sambal Ter-HOT, Kopi Ter-Hits, Jajanan Pasar Viral, Cookies Paling Nagih, Kuliner Internasional Terfenomenal, Kuliner Nusantara Legendaris, dan Hidangan Sehat Pilihan.

Selain melalui voting masyarakat sepanjang 3-21 Juli 2023 lalu, 13 pemenang Terbukti NYAM! 2023 dipilih berdasarkan berbagai kriteria, mulai dari peningkatan penjualan yang signifikan di Tokopedia, konsistensi menyertakan deskripsi dan foto produk yang relevan, ringkas dan jelas, popularitas produk yang terus meningkat, dan masih banyak lagi.

Pemenang Terbukti NYAM! 2023 akan mendapatkan berbagai benefit untuk menunjang usaha. Selain plakat apresiasi, pemenang bisa memperoleh modal pemasaran berupa Saldo TopAds (fitur beriklan Tokopedia) untuk makin meningkatkan penjualan, badge dengan logo Terbukti NYAM! yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, hingga kesempatan untuk kolaborasi dengan kreator konten untuk membuat pengalaman belanja makin interaktif dan menarik.

Terbukti NYAM! 2023 merupakan ajang apresiasi untuk pelaku usaha lokal makanan dan minuman yang selama ini berpartisipasi dalam always on campaign Tokopedia NYAM!.

Kampanye ini memberikan kesempatan bagi pelaku usaha lokal makanan dan minuman dari berbagai wilayah di Indonesia untuk menawarkan produknya ke masyarakat di 99% kecamatan yang sudah berhasil dijangkau oleh layanan Tokopedia.

“Halaman khusus Tokopedia NYAM! adalah inisiatif nyata Hyperlocal Tokopedia berteknologi geo-tagging yang bertujuan mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada.

Upaya ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers). Kami ingin membantu pelaku usaha menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo termasuk Tokopedia,” tambah David.

Inisiatif Tokopedia ciptakan tren belanja online produk makanan dan minuman

Inisiatif Tokopedia bersama penjual, masyarakat dan mitra strategis lain membawa dampak positif terhadap tren belanja online produk makanan dan minuman sekaligus perekonomian digital nasional.

Makanan siap saji (ready to eat), makanan siap masak (ready to cook) dan makanan ringan (seperti biskuit, keripik dan cokelat) menjadi beberapa produk makanan yang paling laris di Tokopedia NYAM! sepanjang semester I 2023.

Di sisi lain, Kampar (Riau), Sampang (Jawa Timur) dan Balikpapan (Kalimantan Timur) menjadi beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah penjual pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 1,5 kali lipat.

Tokopedia juga mencatat, Lombok Utara (Nusa Tenggara Barat), Maluku Barat Daya (Maluku) dan Raja Ampat (Papua Barat) menjadi beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 2 kali lipat.

Selain itu, Maluku Barat Daya (Maluku) dan Raja Ampat (Papua Barat) menjadi beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan hampir 2,5 kali lipat.

“Tren belanja online tersebut mencerminkan keberhasilan Tokopedia bersama para mitra strategis–mulai dari pelaku usaha, pemerintah, media dan masyarakat umum–dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dari Sabang sampai Merauke,” ujar David.

Tokopedia ke depan akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis untuk membantu pelaku usaha lokal serta berkontribusi terhadap perekonomian digital nasional.

SF-Admin