Ki-ka: Prof. Dr. Lim Sanny, S.T., M.M. selaku BINUS @Alam Sutera Campus Director dan Sandra Kosasih selaku Chairman Advisor Sinar Mas Land yang merupakan alumni Binus Business School

Saat ini, mahasiswa tidak hanya dituntut memiliki keterampilan teknis di bidang kreatif, tetapi juga pemahaman yang kokoh tentang aspek-aspek bisnis yang relevan. Di era digital kini, minat masyarakat terhadap produk dan layanan berbasis kreativitas kian meningkat. Indonesia sebagai negara dengan budaya dan potensi kreatif yang besar menjadi ladang subur bagi eksplorasi potensi creative business.

Terlebih lagi, dengan hadirnya teknologi AI saat ini, potensi besar SDM di Indonesia pada dunia creative business harus dipersiapkan sebaik mungkin agar mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Generasi muda di Indonesia harus mendapatkan pendidikan yang mampu menanamkan keterampilan AI untuk menciptakan inovasi-inovasi baru.

Binus University, khususnya Binus University @Alam Sutera, sebagai Perguruan Tinggi Berkelas Dunia yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) unggul, memiliki peran strategis dalam mendukung eksplorasi potensi creative business di Kota Tangerang Selatan dan sekitarnya.

Melalui pendekatan yang berorientasi pada bisnis kreatif, Binus Alam Sutera dapat menjadi motor penggerak bagi inovasi dan kreativitas di wilayah tersebut.

“BINUS @Alam Sutera sebagai creative business campus, kami memiliki peran penting dalam menyusun kurikulum yang mengintegrasikan konsep bisnis kreatif ke dalam program-program studi yang ada,” Ungkap Prof. Dr. Lim Sanny, S.T., M.M. selaku BINUS @Alam Sutera Campus Director

Binus University @Alam Sutera dapat menjembatani kolaborasi antara mahasiswa dan industri kreatif lokal. Program magang, proyek kolaboratif, dan kegiatan workshop bersama perusahaan kreatif di Kota Tangerang Selatan dapat memberikan mahasiswa pengalaman langsung dan memperluas jaringan mereka di dunia bisnis kreatif.

Dalam memberikan wadah bagi mahasiswa, Binus University @Alam Sutera juga mendirikan pusat inovasi dan riset kreatif di Binus Alam Sutera untuk mengembangkan ide-ide baru dan solusi kreatif. Pusat ini dapat berfungsi sebagai katalisator untuk proyek- proyek inovatif yang melibatkan mahasiswa, dosen, dan pelaku industri lokal, menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi creative business.

Binus University @Alam Sutera juga menjadi penyokong utama untuk mendirikan inkubator bisnis kreatif dan mendukung startup lokal. Dengan memberikan akses ke fasilitas, mentor, dan sumber daya lainnya, Binus University @Alam Sutera dapat membantu mahasiswa dalam mewujudkan ide-ide kreatif mereka menjadi bisnis yang berkelanjutan.

Hal ini didukung dengan adanya Jurusan Business Creation. Pada jurusan ini mahasiswa secara aktif di bimbing dan praktek langsung untuk mendirikan usahanya agar kelak mereka bisa menjadi entrepreneur muda yang bisa berkontribusi bagi ekonomi Indonesia.

Selain keterampilan hardskill, Binus Alam Sutera dapat mengintegrasikan program pengembangan keterampilan soft skills seperti kepemimpinan, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan ini sangat penting dalam industri kreatif di mana kolaborasi dan presentasi ide-ide menjadi kunci sukses.

“Kami berharap bahwa BINUS @Alam Sutera adalah menjadi pionir dalam menghasilkan generasi pengusaha kreatif yang tidak hanya berdaya saing global tetapi juga terampil dalam mengintegrasikan teknologi digital.” Ungkap Sandra Kosasih selaku Chairman Advisor Sinar Mas Land yang merupakan alumni Binus Business School

Dengan membangun kemitraan strategis di industri kreatif dan memberdayakan komunitas lokal, Binus University @Alam Sutera diharapkan dapat berperan aktif dalam transformasi positif ekosistem bisnis kreatif di Kota Tangerang Selatan.

Selain itu, dengan fokus pada pendidikan yang mendalam dan memberdayakan lulusan yang memiliki etos kerja tinggi, Binus Alam Sutera diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang berkelanjutan untuk pertumbuhan bisnis kreatif dan pembangunan masyarakat di wilayah tersebut.

SF-Admin