Blibli berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus dalam ajang penghargaan TOP DIGITAL Awards 2021,

Bliblimart menjadi salah satu ujung tombak bisnis, yang mengutamakan pengalaman belanja online-to-offline, dan pencapaian ini menegaskan posisi Blibli sebagai e-commerce lokal yang terus menghadirkan solusi omnichannel bagi pelanggan.

Karenanya, Blibli didapuk menjadi pemenang dalam ajang The Smarties APAC 2021 untuk kategori Best Brand Experience in Mobile Reach Media berkat keberhasilannya dalam menjalankan “Bliblimart m-Select Campaign Takes Grocery Shopping from Bricks to Clicks”.

Inisiatif tersebut dianggap memberikan pengalaman yang immersive dan interaktif serta menciptakan user engagement yang memaksimalkan brand recall dan brand recognition.

“Penghargaan ini memicu kami untuk terus mendekatkan Bliblimart kepada konsumen di berbagai channel digital dengan berbagai kenyamanan yang terpercaya dalam berbelanja groceries terlengkap dan berkualitas di Bliblimart,” Fransisca Krisantia Nugraha, EVP Consumer Goods Blibli.

The Smarties APAC 2021 merupakan ajang apresiasi bergengsi terhadap inisiatif pemasaran modern paling efektif di kawasan Asia Pasifik.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh MMA, organisasi yang beranggotakan lebih dari 800 perwakilan perusahaan dari berbagai negara di dunia, mulai dari praktisi marketing hingga media.

Bliblimart berikan customer journey yang terpercaya bikin belanja groceries online makin cepat

“Bliblimart m-Select Campaign Takes Grocery Shopping from Bricks to Clicks” mengajak pelanggan untuk menyikapi pembatasan sosial dengan memenuhi kebutuhan hariannya di Bliblimart.

Demi memudahkan pelanggan untuk menjadikan belanja online sebagai kebiasaan baru di new normal, Bliblimart menghadirkan customer journey yang lebih singkat dibanding platform lainnya.

Dalam menjalankan kampanye ini, Blibli menghadirkan shoppable ad yang terbagi ke dalam dua bagian, yaitu video tentang Bliblimart dan kategori produk. Inovasi ini memungkinkan pelanggan belanja langsung di dalam iklan digital hanya dengan tiga langkah mudah, yaitu cari produk, tambah barang ke keranjang, dan bayar di aplikasi Blibli.

Blibli raih penghargaan sebagai Best Brand Experience in Mobile Reach Media dalam ajang The Smarties APAC 2021

Blibli mencatat, inisiatif ini sukses menjangkau lebih dari 2,3 juta user, dengan 489.000 user berinteraksi dengan shoppable ad. Catatan menarik lainnya dari kampanye ini meliputi:

  • Engagement rate sebesar 10,41%, di atas benchmark industri (0,5%–1%)
  • Rata-rata waktu yang dihabiskan user di shoppable ad mencapai 31 detik, di atas benchmark industri (5–6 detik)
  • Video completion rate di shoppable ad mencapai 84,4%, di atas benchmark industri (30%–40%)
  • Berkontribusi terhadap pertumbuhan GMV sebesar 150% dan peningkatan sales hingga 500%

Penyelenggaraan kampanye digital untuk Bliblimart ini juga memungkinkan Blibli untuk menghimpun perilaku konsumen.

Blibli menemukan bahwa konsumen merasa lebih nyaman dalam berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online, merasakan pengalaman yang seamless saat belanja di Bliblimart, dan yakin akan terus memenuhi kebutuhan hariannya di Bliblimart bahkan setelah pandemi.

Kini, Bliblimart terus berkembang untuk memberikan kepuasan pelanggan dalam memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga harian. Bliblimart hadir sebagai supermarket online terlengkap yang didukung mitra-mitra terpercaya seperti Ranch Market, Farmers Market, dan brand kenamaan lainnya.

Bliblimart juga dilengkapi dengan fitur Blifresh (penyediaan produk daging, buah, dan sayur segar), Langganan, dan pengiriman 2 Jam Sampai untuk pengalaman yang makin praktis dalam memenuhi kebutuhan harian.

Raih Tiga Penghargaan di TOP DIGITAL Awards 2021

Selain itu, Blibli berhasil meraih tiga penghargaan sekaligus dalam TOP DIGITAL Awards 2021, ajang penghargaan tahunan di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan teknologi digital.

Blibli dinilai mampu memanfaatkan teknologi informasi dan digital terbarukan secara strategis untuk menjalankan perusahaan dengan pendekatan bisnis yang lebih modern.

Ketiga penghargaan yang diraih Blibli meliputi:

  • TOP DIGITAL Implementation 2021 # Level Stars 5 untuk PT Global Digital Niaga (Blibli)
  • TOP Leader on Digital Implementation 2021 untuk Kusumo Martanto (CEO Blibli)
  • TOP IT Manager on Digital Implementation 2021 untuk Rendra Perdana (IT Manager Blibli)

“Blibli mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan. Apresiasi ini memberikan optimisme lebih baik bagi segenap tim Blibli untuk terus memaksimalkan infrastruktur teknologi terkini dan mengembangkan kapabilitas digital karyawan dalam menghadirkan layanan dan solusi inovatif di tahun-tahun berikutnya demi menjaga kepuasan pelanggan dan mitra secara berkelanjutan,” ujar Rendra Perdana Satria, Cybersecurity Architect Blibli.

Saat ini, Blibli telah mengimplementasi teknologi terdepan di berbagai lini operasional untuk memastikan perusahaan berjalan secara terintegrasi di tiap inti bisnisnya. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Menjadi e-commerce pertama yang meraih sertifikasi Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO/IEC 27001:2013 untuk memastikan keamanan data perusahaan, pelanggan, dan mitra;
  • Menjadi e-commerce pertama yang menggunakan SAP Commerce Cloud untuk memperkuat posisi perusahaan dalam menghadirkan one stop solution di segmen B2B;
  • Mengoperasikan Fulfillment By Blibli, tech-driven in-house fulfillment yang mencakup warehouse, hubs dan mobile hubs, serta solusi logistik BES untuk last mile delivery yang seamless.

TOP DIGITAL Awards 2021 sendiri merupakan ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh majalah IT Works dan didukung oleh asosiasi serta perusahaan konsultan di bidang teknologi informasi, telekomunikasi, dan digital.

Penilaian dilakukan berdasarkan wawancara penjurian yang dilakukan secara objektif dan independen, di mana hasilnya ditentukan dalam Sidang Pleno Dewan Juri yang kredibel.

SF-Admin