Pertumbuhan tren berkemah yang signifikan pun mulai terlihat di pasar Indonesia. Berkemah kini menjadi salah satu kegiatan luar ruang yang sedang digandrungi keluarga maupun anak muda untuk berakhir pekan.

Hal ini terlihat dari maraknya tempat berkemah atau camping ground baru di berbagai titik, seperti di daerah Ranca Upas, Kabupaten Bandung ataupun di daerah Sentul, Bogor.

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh reportlinker.com mengenai tren dan pertumbuhan pasar perlengkapan berkemah yang berjudul “Camping Equipment Market – Growth, Trends, Covid-19 Impact, and Forecasts (2021-2026)” menunjukkan di tahun 2020 pasar perlengkapan berkemah secara general dihargai USD 13.955 juta dengan tingkat pertumbuhan tahunan majemuk (CAGR) sebesar 6.68%.

Darius Sinathrya, seorang presenter yang juga merupakan salah satu brand ambassador EIGER Adventure menceritakan bahwa ia dan keluarga sudah mulai membiasakan berkemah tiga sampai empat kali dalam satu bulan.

“Saya dan Donna percaya mengenalkan dan mendekatkan anak ke alam adalah hal yang positif dan memberi banyak nilai baik dalam tumbuh kembang anak, terutama saat mereka mendapat pengalaman berada di alam terbuka, belajar secara langsung tentang pentingnya ekosistem dan juga pengetahuan hidup di alam jauh dari fasilitas kota yang biasa memudahkan keseharian mereka,” ujar Darius Sinathrya, Brand Ambassador EIGER Adventure.

Darius menambahkan, berkemah bukan sekadar membangun quality time, tapi juga mempelajari tempat, budaya, orang, cuaca, hingga kesulitan baru sehingga liburan bersama keluarga selalu penuh cerita dan kesan yang mendalam.

Maraknya kegiatan berkemah juga terlihat dari angka penyerapan produk perlengkapan berkemah EIGER Adventure. Jason Wuysang, General Manager E-Commerce EIGER Adventure menjelaskan, “penjualan produk berkemah di 3 bulan terakhir di platform eCommerce kami berkontribusi 6% dari total penjualan. Artinya kurang lebih 6.000 produk perlengkapan berkemah laku terjual selama 3 bulan ini.”

Jason menambahkan, 5 jenis produk berkemah dari EIGER Adventure yang paling laku terjual adalah beanies, kitchenware (alat masak dan makan), lighting equipment (perlengkapan penerangan), water storage (wadah air), dan tents (tenda).

Tenda menjadi salah satu perlengkapan berkemah yang sangat penting dalam kegiatan luar ruang. Penjualan tenda EIGER pun dapat dikatakan meningkat cukup signifikan, seiring dengan meningkatnya hobi berkemah. Di eCommerce EIGER, saat ini tenda berkapasitas 2 dan 5 orang yang paling laku terjual.

“Kami melihat tenda berkapasitas 2 orang laku terjual karena kegiatan pendakian sudah mulai kembali. Sedangkan ketika melihat volume penjualan tenda 5 orang yang biasanya dibeli oleh keluarga, dapat diartikan bahwa tren berkemah bersama keluarga atau dalam kelompok besar memang semakin meningkat,” tambah Jason.

Heri, seorang Senior Designer Equipment EIGER Adventure menjelaskan, perbedaan yang mendasar dari tenda berkapasitas 1-2 orang dengan tenda berkapasitas diatas 4 orang adalah beratnya. Terlebih, material yang digunakan pun berbeda.

Seperti area floor untuk tenda keluarga biasanya menggunakan bahan PE dengan frame menggunakan bahan fiber.

Heri menambahkan, beberapa jenis tenda EIGER yang cocok untuk berkemah dengan keluarga adalah tenda jenis Stover berkapasitas 4 orang, Creek dengan kapasitas 5 orang dan Guardian dengan kapasitas 8 orang. Bahkan, saat ini EIGER sudah memiliki tenda sederhana yang dapat digunakan di pekarangan rumah ataupun di pinggir pantai, yaitu Recline Shelter.

Tenda jenis ini dapat dengan mudah dibuka maupun dilipat, sehingga memudahkan saat pengguna berlibur.

Melihat potensi pasar yang semakin besar, EIGER berkomitmen untuk mengembangkan produk-produk perlengkapan berkemah khususnya tenda-tenda terbaru berkapasitas 1 sampai 4 orang yang memiliki fitur dan warna terbaharui.

Rencananya, tenda-tenda baru ini akan dirilis di akhir hingga awal tahun depan. Guna memenuhi minat konsumen dalam berkemah, saat ini EIGER Adventure memberikan bundling package spesial untuk perlengkapan berkemah yang tersedia hanya di aplikasi Tokopedia.

SF-Admin