Cara Seru Asah Vokal saat di Rumah

Selama masa pandemi, banyak generasi milenial yang menghabiskan waktu di rumah, namun bukan berarti hanya untuk bermalas-malasan. Sebaliknya, gunakan waktu tersebut untuk mengembangkan potensi agar lebih produktif. Bernyanyi merupakan contoh aktivitas yang dapat dilakukan di rumah selama pandemi. Lalu, sebenarnya apa manfaat yang akan diperoleh dari bernyanyi?

Beberapa penelitian telah dilakukan dan membuktikan bernyanyi dapat menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bernyanyi mampu mengurangi stres, terutama saat berdiam diri di rumah.

Dengan bernyanyi, selain mengurangi stres, juga dapat mendatangkan manfaat lain, yaitu berkesempatan untuk menjadi terkenal lewat nyanyian. Bagikan rekaman video saat bernyanyi dengan memanfaatkan media sosial, mengingat konten-konten berbasis musik menduduki peringkat ketiga (sebanyak 14 persen) pada konten terpopuler yang sering ditonton masyarakat Indonesia melalui platform YouTube, berdasarkan riset Hootsuite.

Terlebih, banyak sekali artis-artis muda yang saat ini semakin populer berkat karya yang mereka unggah ke berbagai media sosial. Namun, bermodalkan kepercayaan diri dan media sosial saja tidak cukup, karena diperlukan pula untuk mengasah kemampuan bernyanyi.

Yuk, simak beberapa hal yang diperlukan untuk menjadi penyanyi yang berkualitas!

Terapkan teknik pernapasan serta postur tubuh yang tepat

Sebelum mulai bernyanyi, pelajari cara pernapasan yang benar. Sebagian besar teknik bernyanyi bersandar pada cara mengontrol waktu pernapasan. Mulai membiasakan diri dengan menarik nafas yang dalam menggunakan perut, kemudian membuangnya secara perlahan. Ketika bernyanyi nanti, pastikan sempat mengambil nafas sebelum menyanyikan baris yang baru.

Postur tubuh yang benar juga memudahkan untuk bernyanyi dengan lebih mudah. Layaknya olahraga, postur tubuh yang baik dapat memaksimalkan fisik dalam bernyanyi. Pertama-tama, tegakkan punggung sehingga dapat memudahkan pernapasan.

Selain itu, juga dapat memudahkan pernapasan dan teknik bernyanyi dengan menjaga agar badan selalu dalam keadaan yang santai. Usahakan agar tidak tegang ketika hendak bernyanyi. Jangan lupa untuk membuka langit-langit mulut sehingga aliran udara akan lebih banyak.

Biasakan untuk pemanasan sebelum bernyanyi

Pemanasan yang baik dapat mempermudah mencapai nada tertentu, serta mengurangi risiko cedera pada tenggorokan. Pastikan pemanasan mencakup nada rendah dan tinggi, sehingga membantu tenggorokan untuk lebih rileks. Perlu diingat bahwa pemanasan tidak perlu menghasilkan suara yang bagus. Yang penting, dapat meregangkan sudut mulut sebesar-besarnya ketika pemanasan dan melatih getaran lidah ketika memulai nada tertinggi hingga turun ke nada rendah.

Kenali karakter vokal

Setiap orang memiliki jenis suara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, mengenali suara sendiri dapat membantu dalam memaksimalkan kualitas suara. Pertama-tama, harus mengetahui rentang vokal. Jangan paksakan diri untuk mencapai nada-nada diluar batasan.

Selain itu, juga harus melatih pelafalan ketika bernyanyi. Pelafalan yang baik membantu pendengar mengerti apa yang diucapkan ketika bernyanyi. Penghayatan yang baik juga diperlukan dalam bernyanyi, sehingga pesan dari lagu tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada pendengar.

Sempatkan latihan di sela-sela kesibukan

Kunci menyanyi yang baik adalah dengan mempraktikkannya setiap hari, dengan bernyanyi lagu favorit. Atau dapat mencoba bernyanyi dengan karaoke, alias tanpa suara vokalis asli. Intinya, jangan lupa untuk mengasah suara dan membiasakan diri bernyanyi setiap harinya.

Pelajari tips dari penyanyi profesional

Selain mengikuti langkah-langkah di atas, juga dapat mencari tips-tips yang diberikan oleh penyanyi profesional. Di era teknologi ini, banyak video-video tutorial dan pengalaman yang dibagi oleh penyanyi terkenal.

Mari tengok sosok-sosok seperti Vicky Shu, Aura Kasih, dan Tasya Rosmala, yang membagikan pengalaman serta tips-tips menyanyi dalam video yang mereka unggah pada akun Likee mereka sebagai rangkaian dari kegiatan #LikeeMusicAcademy, di mana para penyanyi profesional membagikan tips bernyanyi untuk pengguna.

“Saya senang melihat adanya aplikasi seperti Likee yang menjadi sarana bagi penggunanya untuk menekuni bakatnya dan berbagi konten-konten edukatif kepada masyarakat, khususnya kawula muda yang sering membuat video pendek. Mendapatkan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan #LikeeMusicAcademy, tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Menurut saya, acara ini sangat membantu pengguna Likee agar dapat mengekspresikan diri dan mengasah bakat menyanyi mereka. Saya berharap bahwa tips yang saya berikan melalui video saya berguna dan dapat mereka aplikasikan ketika mereka bernyanyi,” ujar Vicky Shu.

Tidak hanya penyanyi profesional, para pengguna Likee juga bisa berpartisipasi dalam #LikeeMusicAcademy. Kegiatan ini memungkinkan pengguna untuk menyanyikan cover lagu “Renjana” atau “Rapuh”, atau membuat video lipsync dari kedua lagu tersebut. Selain itu, juga bisa berbagi pengalaman serta tips-tips bernyanyi kepada pengguna lainnya.

Diselenggarakan hingga 24 Oktober 2020, #LikeeMusicAcademy bertujuan untuk mendorong masyarakat agar tetap produktif tatkala di rumah. Selain itu, #LikeeMusicAcademy juga hadir sebagai sarana bagi para pengguna untuk dapat saling berbagi masukan dan menyampaikan pendapat terhadap satu sama lain, sehingga para pengguna dapat menjadi penyanyi yang lebih berkualitas.

“Tingginya popularitas konten bernyanyi membuat kami tergugah untuk membantu para konten kreator Likee yang gemar bernyanyi dalam meningkatkan kualitas vokal mereka, yaitu dengan menyelenggarakan kegiatan #LikeeMusicAcademy. Kami berharap tips yang dibagikan oleh para penyanyi profesional dapat mendorong para pengguna di Indonesia untuk mengasah dan menyalurkan potensi mereka. Semoga para pengguna dapat bersenang-senang ketika membuat video pendek di Likee dengan cara yang sederhana dan menyenangkan, yang senantiasa kami hadirkan,” ujar Theon Hsu, Marketing Director of Likee Indonesia.

Menjadi seorang penyanyi memang bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan tekad dan latihan berulang-ulang untuk bisa menghasilkan suara yang berkualitas. Kalau sudah siap, maka coba untuk membuat video cover lagu yang disukai. Hasil video tersebut nantinya bisa diunggah ke media sosial. Tanggapan-tanggapan atas video tersebut nantinya dapat digunakan sebagai bahan untuk menjadi lebih baik.

SF-Admin