markettrack.id – Kanker payudara saat ini menjadi jenis kanker yang paling banyak terjadi dan tantangan kesehatan terbesar bagi perempuan Indonesia.

    Berdasarkan data Global Cancer Observatory, jumlah temuan kasus baru kanker payudara di Indonesia telah mencapai lebih dari 66 ribu.

    Tren kasus ini sangat mengkhawatirkan karena data World Health Organization (WHO) tahun 2022 juga mencatat lebih dari 2 juta perempuan di dunia didiagnosa mengidap kanker payudara.

    Meskipun angka kejadiannya terbilang tinggi, kanker payudara bukan penyakit yang tidak bisa disembuhkan, karena peluang kesembuhan akan semakin tinggi seiring dengan kecepatan deteksi.

    Namun, kondisi saat ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat tentang deteksi dini masih rendah. Sayangnya, masih banyak yang baru memeriksakan diri ketika gejala sudah berat atau dalam stadium lanjut, sehingga penanganan menjadi lebih sulit.

    Berangkat dari tekad untuk berkontribusi menjaga kesehatan perempuan Indonesia, brand pembalut wanita CHARM dari PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) melanjutkan kolaborasi tahunan dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI).

    Kolaborasi yang telah memasuki tahun kelima ini berfokus pada edukasi periksa payudara sendiri dengan mengusung slogan “Ayo Sadari Setelah Menstruasi”.

    Selama Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia pada Oktober 2025, edukasi ini diberikan secara bertahap kepada total lebih dari 1.000 mahasiswi dari beberapa universitas di Jakarta.

    Pentingnya SADARI Sejak Usia Muda

    Kegiatan edukasi ini, yang salah satunya diadakan di STIKes RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada 21 Oktober 2025, secara khusus menyasar mahasiswi yang merupakan Gen Z dan Gen Alpha.

    Kanker payudara merupakan kasus kanker nomor satu terbanyak pada wanita dan tidak hanya menyerang usia lanjut, tetapi juga usia muda.

    Pentingnya deteksi dini ditekankan melalui praktik rutin SADARI (perikSA payuDAra sendiRI) yang harus dilakukan secara teratur dan disiplin, serta SADANIS (perikSA payuDAra kliNIS) dengan tenaga medis.

    Dr.dr. Agus Sutarman SpB. Subsp Onk (K). SH. MH. MARS, salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut, menegaskan bahwa kanker payudara dapat disembuhkan apabila ditemukan secara dini dan ditangani secara tepat dan cepat.

    Harapan sembuh dan hidup akan tinggi jika deteksi dilakukan pada stadium awal. Oleh karena itu, ia mengimbau para peserta untuk melakukan SADARI 7–10 hari setelah hari pertama menstruasi.

    Dengan memberikan edukasi kepada para mahasiswi ini, harapannya adalah mereka dapat menjadi agen edukasi yang menyebarkan kebiasaan SADARI ke banyak perempuan di sekitar mereka agar dapat saling menjaga kesehatan.

    Mengintegrasikan Pesan Kesehatan dengan Kebiasaan Harian

    Direktur Unicharm, Sri Haryani, menyatakan bahwa kunci deteksi dini kanker payudara adalah SADARI. Karena SADARI direkomendasikan untuk dilakukan 7 hingga 10 hari setelah hari pertama menstruasi, pihaknya meyakini adanya keterkaitan yang erat antara menstruasi dan pencegahan kanker payudara.

    Ia menambahkan bahwa Charm ingin seluruh perempuan dapat mengekspresikan diri tanpa henti, setiap saat.

    Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan ini, Charm juga mengadakan sesi penjelasan seputar tips dalam memilih pembalut yang sesuai dengan berbagai kebutuhan perempuan.

    Pihak Unicharm memiliki strategi unik untuk memastikan pesan kesehatan ini terus diingat. Melalui pemanfaatan produk, Unicharm akan kembali memasang logo “Ayo Sadari Setelah Menstruasi” di kemasan produk-produk Charm.

    Logo tersebut akan dicantumkan pada Charm Daun Sirih, Charm Cooling Fresh, Charm Safe Night, hingga Charm Pantyliner dan Charm Panties yang terdistribusi di semua gerai retail dan online.

    Perusahaan berharap setiap kali konsumen melihat kemasan produk saat mengganti pembalut, mereka akan selalu ingat dan terbiasa untuk melakukan SADARI.

    Unicharm memiliki corporate brand essence yaitu “Love Your Possibilities,” di mana perusahaan percaya setiap orang memiliki potensi yang tak terbatas.

    Ke depannya, Unicharm akan terus melakukan berbagai kegiatan perusahaan agar seluruh masyarakat, khususnya perempuan, dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki.

    Komitmen Charm dan YKPI untuk memberikan edukasi berkelanjutan ke belasan ribu perempuan di seluruh Indonesia sejak tahun 2021 merupakan wujud nyata kontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan perempuan Indonesia.

    SF-Admin

    Share.
    Leave A Reply