WIR Group (PT WIR Asia Tbk) perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) melalui anak usahanya, mesin pintar DAV (Digital Avatar Visual), turut meramaikan acara akbar XTRA XPO 2023 yang diselenggarakan serentak oleh CIMB Niaga di 3 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta (Senayan City), Surabaya (Pakuwon Mall), dan Medan (DeliPark).

Acara ini merupakan kegiatan apresiasi untuk nasabah loyal dari PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dengan memberikan penawaran menarik bagi nasabah serta masyarakat umum melalui diskon dan program lainnya.

XTRA XPO tahun ini menghadirkan pengalaman berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, antara lain dengan mengadopsi teknologi berbasis digital di mana masyarakat harus melakukan point redemption secara digital pada mesin pintar DAV di lokasi dan hari yang telah dipilih oleh nasabah.

Mesin pintar DAV dalam hal ini dirancang untuk memberikan diskon melalui penukaran Poin Xtra yang telah terkumpul selama ini oleh nasabah melalui transaksi perbankan.

Mesin pintar DAV sebagai Internet of Things (IoT) menggunakan teknologi dan algoritma canggih untuk memfasilitasi nasabah  dalam proses penebusan poin secara efektif dan efisien. Kemampuan mesin ini  antara lain memberi informasi  jumlah poin, manajemen poin, serta validasi poin untuk  diskon 50%  yang berhak diterima nasabah.

Gupta Sitorus, Chief of Marketing and Sales WIR Group, mengatakan “Semua proses yang dilaksanakan oleh mesin pintar dalam program ini dapat mempersingkat proses bagi nasabah dalam menukarkan Poin Xtra secara real time.”

“Informasi yang diberikan juga akurat terkait dengan Poin Xtra yang dipergunakan dan disesuaikan dengan reward program CIMB Niaga. Hal ini sangat mempermudah CIMB Niaga sebagai mitra kami dalam memberikan pengalaman yang menarik bagi nasabahnya dan masyarakat umum untuk tetap mengoptimalkan program loyalitas mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut, kemampuan mesin pintar DAV dalam hal ini didukung oleh penerapan teknologi canggih IoT pada Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning. Solusi teknologi ini telah berhasil mengoptimasi pengalaman nasabah pada nasabah CIMB Niaga dalam mengotomatisasi penggunaan poin.

Solusi teknologi ini juga memungkinkan untuk meningkatkan potensi bisnis di berbagai industri dalam memberikan pengalaman yang menarik bagi konsumen serta menyediakan data dan informasi yang berguna bagi berjalannya operasional bisnis.

“Mesin pintar DAV dapat mengumpulkan dan menganalisis sejumlah data dari berbagai sumber, termasuk transaksi penjualan, media sosial, dan faktor pasar eksternal. Dengan menerapkan teknik programming di dalam mesin, pemilik bisnis dapat memperoleh informasi tentang perilaku konsumen, pola demand, dan tren pasar. Informasi ini juga membantu bisnis dalam membuat strategi pasar untuk menargetkan konsumen yang lebih tepat,” tambah Gupta.

Consumer Banking & Affluent Marketing Communication Head CIMB Niaga, Deffy Lisa Hardjono, menyatakan “Kami berharap dengan penawaran menarik dan adopsi teknologi tersebut, XTRA XPO 2023 dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan berbeda kepada nasabah setia dan seluruh pengunjung, sehingga animo untuk XTRA XPO berikutnya akan terus meningkat.”

“Lebih dari itu,  nasabah pun akan terus termotivasi untuk memperbanyak transaksi dan mengumpulkan Poin Xtra. Demikian juga masyarakat yang belum menjadi nasabah akan lebih tertarik menggunakan produk-produk CIMB Niaga dan mengumpulkan Poin Xtra untuk dapat dinikmati pada XTRA XPO selanjutnya serta program promosi lainnya dari CIMB Niaga,” tutup Deffy.

SF-Admin