CTO LINE Euivin Park Beberkan Teknologi LINE dalam LINE Developer Day 2020

[DEVDAY 2020] CTO LINE Euivin Park

CTO LINE, Euivin Park resmi membuka LINE Developer Day 2020. Dalam konferensi teknologi tahunan dari LINE ini disampaikan berbagai perkembangan dan tantangan teknologi dari LINE melalui Keynote Speech dari Euvin Park. Meskipun diselenggarakan secara online, konferensi ini membuka kesempatan untuk para penonton dari berbagai belahan dunia untuk menonton secara bersama-sama.

DI saat dunia sedang berjuang melawan pandemi COVID 19, LINE terus berupaya untuk menyajikan berbagai teknologi yang dapat mendukung kehidupan sehari-hari pengguna. Selain itu, LINE juga mengalami peningkatan pada beberapa bidang teknologi yang digunakan untuk mendukung kebutuhan teknologi para pengguna. Seperti penggunaan LINE Video Call yang meningkat sebanyak 235% pada Mei 2020 lalu jika dibandingkan dengan periode Februari 2020.

Di samping penggunaan LINE Video Call, LINE juga mendukung komunikasi pengguna agar berjalan lebih menarik dan beragam dengan meluncurkan sejumlah layanan baru tahun ini, yakni Watch Together dan LINE Meeting.

Melalui fitur Watch Together dalam LINE Meeting ini, pengguna bisa video dengan mudah bersama teman-teman mereka di LINE. Sementara LINE Meeting merupakan fitur panggilan video gratis di dalam aplikasi LINE yang memungkinkan pengguna untuk melakukan rapat secara virtual, baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi, tanpa harus membuat grup terlebih dahulu hingga 500 partisipan.

Perkembangan teknologi LINE yang bisa dilihat tahun ini juga peluncuran layanan perbankan sosial, LINE BK di Thailand. Melalui slogan “Banking in Your Hand,” LINE BK memungkinkan nasabah untuk mentransfer uang, membuka rekening tabungan, mengajukan pinjaman, dan melakukan pembayaran secara mudah serta nyaman dari dalam aplikasi LINE.

LINE BK dioperasikan oleh KASIKORN LINE, perusahaan patungan antara anak perusahaan LINE, LINE Financial Asia dan KASIKORN Vision Company Ltd., anak perusahaan KASIKORNBANK di Thailand. LINE berencana untuk memperluas layanan perbankannya ke negara lain, termasuk Jepang, Taiwan, dan Indonesia.

Selain itu, LINE juga akan terus mengembangkan sayapnya ke berbagai bidang teknologi lainm termasuk perkembangan AI melalui produknya, LINE CLOVA. LINE CLOVA merupakan asisten AI yang fungsional bagi pengguna. LINE kemudian mengembangkan “LINE BRAIN” yang menyediakan teknologi AI kelas dunia yang diterapkan pada sejumlah layanan.

[DEVDAY 2020] Screenshot of Local Business
Menghadapi pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum berakhir, LINE juga mengembangkan teknologi yang dapat memangkas komunikasi tatap muka dan mempermudah berbagai aktivitas online, seperti Akun Resmi LINE Shibuya Ward di mana pengguna bisa mendapatkan sertifikat tempat tinggal dan pajak secara online, peta masker dengan menggunakan data terbuka dari Nat’l Health Insurance Taiwan, dan pemeriksaan kesehatan berbasis Chatbot di Jepang dan Taiwan.

Di sisi lain, LINE mengembangkan layanan Blockchain karena memiliki sejumlah keunggulan, seperti tingkat keamanan yang tinggi dan terpercaya. Pun demikian, LINE melihat belum adanya penggunaan yang maksimal sehingga mendesain layanan Blockchain untuk pengguna yang mudah digunakan dan memberikan manfaat untuk mereka.

Pada April 2018 lalu, LINE membangun “LINE Blockchain Lab” guna mengembangkan dApps yang mengaplikasikan teknologi blockchain. Tak hanya itu, LINE Blockchain Lab juga melakukan penelitian terkait teknologi enkripsi dan sistem distribusi berbasis jaringan P2P.

Dengan tujuan ini, tim telah mengembangkan ragam proyek blockchain untuk LINE Group, seperti mengembangkan “LINE Blockchain” (sebelumnya LINK Chain) yang menerbitkan aset mata uang kripto “LINK”, mengoperasikan layanan pertukaran aset kripto “BITMAX” dan “BITFRONT”, serta membangun ekosistem berbasis LINE Blockchain, bertujuan untuk membangun hubungan kreasi bersama antara penyedia layanan dan pengguna di bawah konsep “Ekonomi Token LINE”.

Melalui visinya, Life on LINE, LINE berupaya untuk menciptakan teknologi WOW untuk para penggunanya. Pada kesempatan ini, CTO Yahoo, c, juga tampil berbagi inisiatif dari Yahoo yang berkaitan dengan COVID-19, seperti situs informasi COVID dari Yahoo Jepang, radai keramaian di Yahoo! MAP, dan Go To Travel.

 

SF-Admin