DAMRI Gandeng BP2MI Guna Dukung PMI

(ki-ka) Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Benny Rhamdani dan Direktur Utama DAMRI, Setia N Milatia Moemin menandatangani kerja sama tentang Pemberangkatan dan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia. Kerja sama ini antara lain memfasilitasi embarkasi ke bandara, debarkasi ke daerah asal, debarkasi ke shelter UPT/BP2MI, dan berbagai tempat lain di wilayah Indonesia.

DAMRI bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) turut serta memberikan perlindungan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Bentuk dukungan tersebut disinergikan melalui Penandatanganan Kerja Sama antara DAMRI dan BP2MI tentang Pemberangkatan dan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia.

Dalam kerja sama tersebut, terdapat ruang lingkup dalam memberikan perlindungan bagi pekerja migran. Hal ini antara lain termasuk memfasilitasi embarkasi ke bandara, debarkasi ke daerah asal, debarkasi ke shelter UPT/BP2MI, dan berbagai tempat lain di wilayah Indonesia.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama DAMRI, Setia N Milatia Moemin dan Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Benny Rhamdani serta disaksikan oleh Ketua Lembaga Perlindungan Saksi Korban Hasto Atmojo Suroyo, Direktur Jenderal Binapenta, Kementerian Ketenagakerjaan Suhartono, Direktur Rehabilitasi Tuna Sosial Korban Perdagangan Orang, Kementerian Sosial Waskito Budi Kusumo, Direktur Angkutan Jalan, Kementerian Perhubungan Ahmad Yani, Para Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama lingkungan BP2MI serta jajaran Direksi DAMRI.

Dalam operasionalnya, semua bus DAMRI di Indonesia telah menerapkan standar operasional prosedur (SOP) dengan mengedepankan 4K yaitu Keselamatan, Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan Penumpang & Pramudi.

DAMRI memperketat pelaksanaan protokol Covid-19 di lapangan dengan memastikan pengaturan jaga jarak penumpang di dalam armada (physical distancing), wajib penggunaan masker bagi penumpang dan pramudi, mengukur suhu tubuh, mencuci tangan sebelum masuk armada.

Keberadaan Pekerja Migran Indonesia selain menjadi diaspora di luar negeri, juga berkontribusi bagi negara sehingga DAMRI siap hadir untuk melindungi dan memberikan dukungan. DAMRI berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan baik dan diperluas di kemudian hari untuk membantu para pekerja migran, baik ketika merantau maupun kembali ke Tanah Air.

 

SF-Admin