Dat Bike Raih Pendanaan Pra-Seri A yang Dipimpin Jungle Ventures

Dat Bike Weaver

Saat ini pasar kendaran berpenggerak tenaga listrik makin menemukan pasarnya. Makin tingginya animo pengguna kendaraan pribadi, makin banyak pula produsen yang berlomba membuat kendaraan sejenis. Tak terkecuali Dat Bike, startup teknologi sepeda motor listrik berbasis di Vietnam.

Berkat kegigihannya dalam inovasi sepeda motor listrik, Dat Bike meraup pendanaan sebesar US$2,6 Juta (sekitar Rp 37 miliar) dalam pendanaan pra-seri A yang dipimpin oleh Jungle Ventures. Wavemaker Partners, Hustle Fund, dan iSeed Ventures juga berpartisipasi dalam pendanaan bagi Dat Bike yang bertujuan untuk mendorong adopsi massal transportasi yang ramah lingkungan tersebut.

Sepeda motor listrik dianggap inferior dibanding sepeda motor bensin karena kecepatan dan daya jelajah yang kalah dari sepeda motor biasa. Namun Dat Bike mendobrak stigma tersebut dengan memasarkan Dat Bike Weaver, sepeda motor listrik pertama dan satu-satunya di pasar Vietnam yang dapat menyaingi sepeda motor bensin dari segi kecepatan dan daya jelajah sehingga konsumen tidak perlu ragu untuk untuk beralih ke motor listrik.

Perusahaan tersebut menawarkan salah satu sepeda motor listrik terkuat di Vietnam dengan motor 5.000W yang dapat berakselerasi dari 0 hingga 50 km/jam dalam 3 detik; tidak hanya tiga kali lebih kuat daripada sepeda motor elektrik lainnya, tetapi juga melampaui performa kebanyakan sepeda motor tradisional.

Waktu pengisian baterai motor tersebut juga adalah yang tercepat di industri, hanya kurang dari 3 jam dan mekanisme pengereman yang telah disesuaikan dengan situasi lalu lintas di negara berkembang Asia Tenggara seperti Vietnam

CEO dan Founder Dat Bike Son Nguyen mengatakan visi perusahaannya adalah untuk mengonversi 250 juta sepeda motor bensin di Asia Tenggara menjadi kendaraan listrik. “Kami percaya bahwa jika diberi pilihan, konsumen akan memilih kendaraan listrik daripada bensin. Hanya saja, saat ini sepeda motor listrik yang tersedia di pasar tertinggal dalam segi daya dan jangkauan, sehingga menyulitkan pengendara untuk beralih. Pendanaan yang baru kami terima akan memungkinkan kami untuk terus berinovasi dan menciptakan sepeda motor elektrik yang paling menarik untuk Asia Tenggara dan seluruh dunia,” katanya.

Son yang lahir di Vietnam, meninggalkan pekerjaannya di Silicon Valley, Amerika Serikat pada tahun 2018 dalam rangka menciptakan sesuatu yang berdampak besar bagi komunitas tanah airnya – yang akhirnya menjadi Dat Bike.

Son memulai Dat Bike dengan belajar untuk membuat sepeda motor dari onderdil bekas di garasinya. Son kemudian kembali ke Vietnam dan membangun sebuah tim yang beranggotakan engineer muda, yang kemudian mengembangkan produksi dari satu sepeda motor per pekan hingga sekarang menghasilkan ratusan sepeda motor per bulan. Dat Bike juga membuka toko pertama mereka di kota Ho Chi Minh Desember lalu, dan tumbuh 35 persen setiap bulannya.

Founding Partner Jungle Ventures Amit Anand mengatakan investasi pada Dat Bike kali ini menandai investasi pertama Jungle Ventures di sektor mobilitas yang sedang bertransformasi dengan pesat oleh teknologi. “Industri kendaraan roda dua senilai US$25 miliar (Rp360 Miliar) khususnya di Asia Tenggara telah siap untuk menerima manfaat perkembangan baru dalam bidang kendaraan elektrik dan otomasi. Kami yakin Dat Bike akan memimpin proses perubahan tersebut dan menetapkan standar baru, tidak hanya di kawasan tersebut tetapi kemungkinan juga secara global, dalam segi tampilan dan performa kendaraan listrik roda dua generasi berikutnya,” kata Amit.

Son menambahkan, “Terdapat tiga pasar sepeda motor besar di dunia: Cina, India, dan Asia Tenggara. Cina dan India sudah memiliki produsen sepeda motor lokal yang dominan, sedangkan Asia Tenggara tidak memiliki merek sepeda motor lokal dan pasar ini didominasi oleh pemain Jepang. Kami ingin mengubah hal tersebut, dan menjadi produsen sepeda motor utama di Asia Tenggara. Dan energi listrik adalah pilihan kami.”

Weaver, varian sepeda motor andalan Dat Bike, tersedia untuk pembelian melalui situs web atau toko mereka di Ho Chi Minh seharga 39.900.000 dong Vietnam (Sekitar Rp25 juta). Sebagai moda transportasi ramah lingkungan – produk Dat Bike berkontribusi dalam mengurangi polusi, asap knalpot, dan polusi suara dibandingkan sepeda motor tradisional.

Para pelanggan juga dapat membeli aksesoris tambahan seperti tas penyimpanan berbahan kulit, helm, dan pelindung lumpur di situs web Dat Bike. Dari sepeda motor hingga perlengkapan, semua dirancang dan diproduksi di Vietnam – oleh masyarakat Vietnam untuk Vietnam dan seluruh dunia.

 

SF-Admin