Destinasi Travel Paling Diminati di Desember 2020

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang gugusan pulaunya terhampar dari Sabang-Merauke. Menjadikan negara ini kaya akan tempat wisata yang tersebar di seluruh pulaunya. Provinsi-provinsi yang ada di Indonesia memiliki ciri khas atau karakter masing-masing yang akan menjadikan liburan Anda sekeluarga lebih berkesan dan jauh lebih menarik.

Peningkatan tren destinasi traveling di Indonesia, bisa diketahui salah satunya dengan melihat jumlah pencarian kata-kata kunci terkait traveling di mesin pencarian. Mengulik data dari “Google Trends”, pada bulan November-Desember ini Bali menjadi provinsi yang paling favorit dan diminati untuk traveling termasuk sebagai destinasi staycation dan road trip bersama partner traveling-Anda.

Berdasarkan data internal Traveloka juga turut menyebutkan Bali sebagai salah satu destinasi paling diminati di bulan Desember 2020. Selain Bali, destinasi domestik yang populer di bulan ini yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Puncak/Bogor, Yogyakarta, dan Malang.

Simak uraian lengkap tren destinasi paling dicari bulan ini berdasarkan data “Google Trends” yang telah dirangkum oleh Traveloka sebagai berikut:

 

Destinasi Travel di Indonesia Paling Diminati Bulan Ini

  1. Bali (83%)

Sudah bukan rahasia jika Bali yang terkenal dengan julukan pulau Dewata terkenal sebagai destinasi travel paling populer di Indonesia. Tak hanya bagi wisatawan domestik, keindahan pariwisata Bali sendiri telah tersohor hingga kalangan wisatawan mancanegara. Hal ini, bisa dilihat dengan persentase rata-rata pencarian topik seputar travel mengenai Bali yang mencapai 83% di bulan September ini.

Sejak pariwisata Bali dibuka secara resmi akhir Juli lalu, Bali terus mendominasi tren pencarian destinasi travel. Berikut data lebih mendetail mengenai tren pencarian topik seputar traveling yang ada di kabupaten-kabupaten yang ada di Provinsi Bali:

 

  • Gianyar

Dikenal sebagai pusat kesenian dan budaya ukiran di pulau Bali, Kabupaten Gianyar menempati posisi pertama dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 42%. Tak hanya sebagai surga bagi para seniman, keindahan alam yang ditawarkan oleh kabupaten Gianyar sendiri menjadi daya tarik tersendiri yang mengundang para wisatawan untuk menjelajahi sisi dari Pulau Dewata satu ini. Sebut saja kawasan Ubud yang dikenal akan asrinya persawahan Tegalalang, salah satu objek wisata populer yang ada di Bali.

Wisata & Rekreasi: Hot Air Balloon Experience with Meals di Tanah Gajah, Mason Elephant Park, Bali Safari Park, Taman Nusa Bali

Wisata Kuliner: Abiansila Restaurant And Sunset Pool Bar, Bebek Bengil, Kober Mie Setan

Akomodasi Penginapan: Aksari Resort Ubud, Padma Resort Ubud, Natya Resorts Ubud, The Kayon Jungle Resort by Pramana, Swarapadi Villa dan Element by Westin Bali Ubud

 

  • Tabanan

Salah satu ikon pariwisata Bali yang populer lainnya adalah Tanah Lot yang berada di Tabanan. Kabupaten Tabanan yang berada di sisi selatan dari Bali ini sendiri menempati posisi kedua destinasi paling dicari bulan ini dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 35%. Memiliki luas mencapai 839.33 km² yang melingkupi 14.90% dari luas pulau Bali, ada banyak sekali pesona wisata yang bisa dijelajahi saat berkunjung ke Tabanan.

Wisata & Rekreasi: Pura Taman Ayun, Air Terjun Blahmantung, Pemandian Air Panas Angseri, Alas Kedaton

Wisata Kuliner: Paon Mak Mo, Restoran Ulun Danu Beratan, Bali Strawberry Farm & Restaurant

Akomodasi Penginapan: Ulaman Eco Retreat, Nirjhara, Desa Atas Awan Eco-Boutique Hotel, Handara Golf & Resort Bali

 

  • Karangasem

Kabupaten tertinggi di Pulau Dewata ini terkenal akan Gunung berapi aktif di kawasannya tersebut, Gunung Agung. Dengan rata-rata persentase pencapaian hingga 32%, Karangasem menempati urutan ketiga sebagai destinasi paling dicari di bulan ini. Dengan ketinggian yang bervariasi dari 0 – 3.142 mdpl menjadikan sebagian wilayah Karangasem memiliki ketinggian antara 100-500 mdpl dan 500-1000 mdpl. Menjadikan kawasan ini hanya dikelilingi perbukitan sampai pegunungan dengan menampakan fenomena dan pemandangan berkualitas dari atas Bali.

Wisata & Rekreasi:Telaga Waja River Rafting oleh BTR, Tukad Cepung Waterfall, Pura Besakih, PADI Discover Scuba Diving

Wisata Kuliner: Oasis Restaurant, Seasalt at Alila Manggis, Warung Biker

Akomodasi Penginapan: Nirwana Beach & Resort, Candi Beach Resort and Spa, Amed Dream Hotel & Ibus Beach Club, Mathis Lodge Amed

 

  • Badung

Kabupaten yang memiliki monumen terkenal dan sangat fenomenal di Bali ini yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK), menjadikan wilayah ini memiliki rata-rata persentase sekitar 27% menempati urutan keempat sebagai destinasi yang dicari di bulan ini. Daerah ini juga meliputi dua objek wisata terkenal yaitu Kuta dan Nusa Dua.

Wisata & Rekreasi: GWK, Waterbom Bali, Devdan Theater Bali

Wisata Kuliner: The Cuisine, Koral Bali, Lopodo Café & Catering Canggu, Café del Mar Bali

Akomodasi Penginapan: The Apurva Kempinski Bali, Lv8 Resort Hotel, The Anvaya Beach Resort Bali, The Royal Bali Villas Canggu

 

  • Buleleng

Bergeser ke wilayah Utara Pulau Dewata, kita akan dimanjakan dengan panorama indah dari dataran tinggi di dalamnya, Buleleng. Persentase sekitar 21% membuat kabupaten ini menduduki posisi kelima sebagai destinasi paling dicari di bulan ini. Kabupaten ini memiliki Topografi yang sangat beragam, terdiri dari dataran rendah, perbukitan, hingga pegunungan. Menjadikan Buleleng sering disebut Nyegara Gunung.

Wisata & Rekreasi: Air Sanih, Gedong Kirtya, air terjun Gitgit, Pantai Lovina

Wisata Kuliner: Ngiring Ngewedang Restaurant & Bar, Beatrix Patisserie and Gourmet, La Costa Beach Lounge, Lovinalife room & cafe

Akomodasi Penginapan: Plataran Menjangan Resort and Spa, Menjangan Dynasty Resort, Brits Resort Lovina, The Lovina Bali

 

  1. Jakarta (30%)

“J-Town” atau yang biasa disebut Jakarta merupakan tempat unsur-unsur tradisional dan modern serta beragam budaya dari seluruh penjuru Indonesia berpadu. Tak hanya terkenal sebagai salah satu kota terpadat, Jakarta juga memiliki pesona tersendiri yang menjadikannya salah satu ibu kota yang paling menarik di Asia Tenggara. Tak heran jika Jakarta menempati posisi kedua sebagai destinasi travel di Indonesia paling dicari dengan rata-rata persentase pencarian di bulan September mencapai 39%.

Tak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta yang menjadi pusat dari aktivitas bisnis dan perekonomian di Indonesia menjadikannya juga destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan bisnis dari dalam maupun luar negeri.

Berkunjung ke Jakarta, Anda bisa menikmati sensasi cita rasa internasional di restoran berkelas atau jajanan lezat dan murah dari pedagang kaki lima. Pengalaman menjelajahi ke Jakarta juga tak terasa lengkap tanpa berbelanja di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan mewah. Saat malam tiba, saksikan penampilan dari musisi atau DJ papan atas sambil menikmati pemandangan gemerlap lampu ibu kota dari sebuah rooftop bar.

Untuk suasana yang lebih tenang, kunjungi saja Kepulauan Seribu di sisi utara kota dan nikmati pantai berpasir putih serta pemandangan laut memesona. Alternatif lain adalah terbang dari Bandara Internasional Soekarno–Hatta ke berbagai destinasi lain di Indonesia, maupun road trip ke jalur lintas Jawa atau Sumatra.

Wisata & Rekreasi: Jakarta Aquarium, Ragunan, Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, Hutan Mangrove

Wisata Kuliner: Kerak Telor, Soto Betawi, Kue Cucur, Asinan Betawi, Nasi Uduk Betawi, Roti Buaya

Akomodasi Penginapan: Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place Hotel, AYANA Midplaza Jakarta, Aloft Jakarta Wahid Hasyim dan Gold Coast PIK Sea View Apartments by LongeStay

 

  1. Lampung (8%)

Pindah ke pulau Sumatera, Lampung. Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia, yang beribu kota di Bandar Lampung. Sebagai destinasi Provinsi yang paling dicari, Lampung memiliki rata rata persentase pencarian sekitar 10% di bulan September. Provinsi ini memiliki dua kota yaitu Kota Bandar Lampung dan Kota Metro serta 13 kabupaten. Posisi Lampung secara geografis berada di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah timur dengan Laut Jawa membuatnya terkenal akan keberadaan pantai-pantai menawan.

Wisata & Rekreasi: Taman Nasional Way Kambas, Pesawaran, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat. Danau Ranau

Wisata Kuliner: Macarena Foodcourt Way Halim, Bakso Sony Lampung, Little Europe Citra Garden, Nasi Uduk Jengkol, Ikan Bakar Gembul

Akomodasi Penginapan: Golden Tulip Springhill Lampung, Radisson Lampung Kedaton, Novotel Lampung, Sheraton Lampung Hotel

 

  1. Yogyakarta (7%)

Dengan rata-rata persentase pencarian 32%, Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y) menempati posisi ketiga destinasi paling dicari di mesin pencari bulan September ini. Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan kota wisata populer yang ada di Indonesia. Seperti kata penyair “akan selalu ada sesuatu di Jogja”, daya tarik wisata di Yogyakarta sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis.

Wisata & Rekreasi: Malioboro, Taman Sari, Pule Payung, Pantai Drini

Wisata Kuliner: Gudeg Rawon, Angkringan Lik Man,  Kafe Layar Sentuh,  Tempo del Gelato

Akomodasi Penginapan: Hotel Tentrem Yogyakarta, The Alana Hotel & Conference Center Malioboro Yogyakarta, Hyatt Regency Yogyakarta, Yogyakarta Marriott Hotel

 

  1. Jawa Barat (3%)

Terdapat banyak sekali tempat wisata di Jawa Barat yang menjadikan Provinsi ini mempunyai persentase pencarian rata-rata sekitar 7% sebagai destinasi yang paling dicari di bulan September. Berbatasan langsung dengan ibu kota negara, Jakarta. Provinsi ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi bersama partner traveling Anda mulai dari Lembang, Sukabumi, Cirebon, hingga ibu kotanya Bandung.

Wisata & Rekreasi: Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten BandungTaman Safari Indonesia, Cisarua, Kabupaten Bogor, Cipanas, Kabupaten Garut, Museum Zoologi Bogor, Bogor Tengah, Kota Bogor, Kebun Raya Bogor

Wisata Kuliner: Surabi Bakar Bandung,  Mie Kocok Bandung, Karedok,  Asinan Bogor, Roti Unyil, Tahu Gejrot

Akomodasi Penginapan: Le Eminence Puncak Hotel Convention & Resort, Aston Pasteur, Swiss-Belresort Dago Heritage Bandung, Pullman Ciawi Vimala Hills Resort

 

Menyusul destinasi travel di Indonesia paling dicari di atas, destinasi-destinasi di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan hingga Papua menyusul dengan rata-rata persentase pencarian di bulan ini sebanyak 2% jika dibandingkan dengan destinasi travel di Indonesia lainnya.

Dengan popularitas sebagai destinasi travel favorit di dunia, sudah saatnya Anda juga jelajah lebih banyak pesona keindahan #DiIndonesiaAja dengan disiplin 3M (Menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan).

Lebih mudah untuk smart traveling, karena kini Traveloka sudah dilengkapi berbagai fitur yang akan membantumu untuk menjadi smart and responsible traveler, salah satunya adalah Traveloka CleanAccommodation.

Fitur ini memberikanmu kurasi akomodasi yang telah berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dan kebersihan yang direkomendasikan oleh Kemenparekraf, WHO, dan asosiasi hotel sehingga kenyamanan perjalananmu lebih maksimal.

Untuk kemudahan menginap dan meminimalisir kontak saat check-in di resepsionis, Traveloka juga baru meluncurkan fitur Hotel Online Check-in yang bisa dilakukan paling lambat satu hari sebelum tanggal menginap di beberapa hotel pilihan.

Itulah rangkuman berbagai tren pencarian destinasi travel di Indonesia bulan ini. Apakah destinasi favoritmu masuk dalam daftar paling dicari bulan ini? Temukan 10 destinasi paling dicari di halaman Tren Destinasi Traveling di Indonesia.

SF-Admin