Ibnu Haykal (palling kiri) Peraih Penghargaan Senior PR Practitioner of The Year 2023

Pendiri dan Direktur Magpie Public Relations (Magpie), Ibnu Haykal, mendapatkan penghargaan “Senior Public Relations Practitioner of The Year 2023” Dalam Ajang Indonesia PR of The Year 2023. Ajang penghargaan ini digelar oleh MIX Marcomm Magazine (bagian SWA Media Group) yang berlangsung di Auditorium & Performance Hall LSPR Institute of Communication & Business, Jakarta.

Pada ajang penghargaan yang sama, Magpie bersama klien setianya barenbliss juga berhasil memenangkan 2 penghargaan lainnya yaitu PR Program of The Year 2023 dan The Best Outtakes PR Program.

Penghargaan tersebut, diraih dari hasil penilaian yang telah melalui proses call for entries, riset and pooling kepada para jurnalis, serta pengecekan kinerja dengan digital listening tools and social media monitoring oleh Mix Marcomm Magazine bersama Ivosights.

Selain itu, proses penilaian penghargaan ini juga melibatkan dewan juri yang merupakan pakar di bidang public relations dan komunikasi.

Ibnu Haykal lahir di Jakarta pada 6 November 1992. Ia memulai karirnya sebagai jurnalis Berita Satu TV pada 2016, setelah ia lulus dari jurusan ilmu jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Haykal kemudian berkarir di berbagai agensi public relations (PR) nasional dan global mulai dari Inke Maris & Associates, FlieshmanHillard, hingga Redhill.

Sepanjang karirnya di agensi PR, ia telah mensukseskan berbagai peran menantang mulai dari memperkenalkan teknologi kriptokurensi, cloud computing, hingga 5G pada saat teknologi tersebut belum dikenal di Indonesia.

Ia juga pernah menangani krisis komunikasi pada saat klien farmasi menghadapi isu resistensi antibiotik dan memulihkan kepercayaan publik pada brand kesehatan yang menghadapi isu kandungan bahan haram pada produknya.

Pada 27 Juli 2021 Haykal mendirikan Magpie Public Relations, agensi aktivitas kehumasan dan komunikasi yang melayani strategic communications, reputation management, community engagement, digital communication, dan personal branding.

Kantor Magpie berada di The Plaza Offrice Tower lantai 41, di Bundaran Hotel Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat. Di umurnya yang baru berusia 2 tahun, Magpie telah berkembang pesat menjadi partner public relations bagi berbagai brand baru yang tumbuh dengan pesat.

barenbliss (BNB), sebuah brand kosmetik Korea, merupakan salah satu klien retainer yang telah bersama Magpie sejak tahun pertama kehadirannya di Indonesia.

Setelah 2 tahun bersama Magpie, BNB berhasil meraih penghargaan sebagai “Best Growth Brand” karena perkembangan yang pesat selama setahun, dari Top 100 Brand pada tahun pertama, kemudian naik pesat menjadi Top 10 Brand penjualan di Sociolla pada tahun keduanya. BNB pada tahun ini juga berhasil menguasai 0.5% pangsa pasar industri kosmetik di Indonesia.

“Kami bertekad menjadi “the friendliest partner” untuk new comer brand mengembangkan bisnisnya. Beberapa klien kami diantaranya ada Ravenry, the award-winning startup at Telkomsel NextDev Summit. Kemudian ada SOLOS, Valliance, Première Beauté, dan UnitAry,” ujar Haykal.

Empat Keunggulan

Haykal memiliki empat keunggulan yang menjadikannya partner pilihan berbagai brand baru memperkenalkan produk mereka.  

High Technology

Kami adalah yang pertama memperkenalkan 5G, komputasi awan (cloud computing), dan mata uang kripto ketika masyarakat Indonesia masih belum mengenalnya. Magpie mempunyai keahlian dalam menerjemahkan bahasa teknis yang rumit ke dalam bahasa sederhana yang dapat dipahami oleh masyarakat luas.

Health Expert

Haykal memiliki portfolio panjang di industry farmasi dan kesehatan. Ia juga aktif menjadi relawan di Aliansi Penyakit Tidak Menular (NCDs) Indonesia. Pada bulan Mei 2018, Aliansi Penyakit Tidak Menular Global mengundangnya ke Jenewa, Swiss untuk mengembangkan rencana aksi mendorong Agenda Advokasi Orang yang Hidup dengan NCDs dan menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi PBB tentang NCDs. Pada bulan Oktober 2018, ia menyampaikan key note speech pada upacara inagurasi The 49th Union World Conference on Lung Health di Den Haag, Belanda.

Global to Local

Kami memiliki sejarah panjang dalam memperkenalkan merek-merek dari Singapura, Thailand, Filipina, India, Jepang, dan Amerika ke pasar Indonesia. Keahlian kami adalah menjadikan produk yang belum pernah ada di pasar Indonesia menjadi relevan dengan kebutuhan masyarakat kami.

PR Incubator

Komitmen kami adalah menjadi inkubator pengembangan departemen hubungan masyarakat di perusahaan klien kami. Kami menyediakan layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan klien dan membantu mereka memahami proses kerja kami. Klien retainer kami memiliki hubungan yang kuat dan berkelanjutan dengan media nasional dan stakeholder penting di industrinya.

“Bekerja dengan Haykal sungguh menyenangkan. Dengan jaringannya yang luas dan keahliannya yang mendalam di industri PR, ia berhasil menghasilkan publisitas berkualitas tinggi untuk SOLOS dalam kurun waktu yang singkat. Haykal tidak segan-segan meluangkan waktu untuk memahami kebutuhan bisnis kami guna memberikan solusi yang benar-benar disesuaikan dengan prioritas kami,” ujar Ricky Willianto, CEO of SOLOS.

“Dia telah menjadi mitra strategis bagi bisnis kami sejak hari pertama. Salah satu elemen terbaik dalam kerjasama kami dengan Haykal adalah tingkat detail yang ia berikan. Kami merasa terhormat mendapat kesempatan bekerja sama dengan Haykal, dan sangat berharap hubungan kami terus berlanjut,” lanjutnya.

Kultur Unik Magpie

Dalam membangun Magpie, Haykal menerapkan kultur kerja modern yang berorientasi pada hasil. Berikut beberapa kultur dan prinsip ethos kerja yang berlaku di kantor Magpie:

  1. Kita Bukan Keluarga. Magpie mengedepankan nilai individualitas, artinya setiap anggota bisa bekarya dengan gaya kerjanya sendiri dan tidak didorong untuk menjadi sama, tidak perlu akrab dengan rekan kerja, dan tidak perlu menjadi teman dekat di luar jam kerja. Haykal menekankan anggotanya untuk datang tepat waktu dan pulang tepat waktu. Kantor hanya tempat untuk berkarir dan mencari uang, setiap anggota harus memiliki kehidupan di luar jam kerja.
  2. 4 Hari Kerja Per Minggu. Hari operasional Magpie berlangsung dari Senin hingga Kamis dengan jam operasional dimulai pukul 10.00-17.00 WIB. Magpie juga memberlakukan fleksibel working hour bagi karyawannya, artinya bisa mulai bekerja kapan saja selama pekerjaan bisa selesai tepat waktu.
  3. Work from Everywhere. Konsultan Magpie bisa kerja darimana saja lho, karena perusahaan tidak mewajibkan karyawannya untuk datang ke kantor. Hanya perlu datang ke kantor ketika diperlukan atau bertemu di lokasi event.
  4. Rapat Hanya 15 Menit. Waktu rapat maksimal di Magpie hanya 15 menit. Magpie berkomitmen pada komunikasi efektif dan kerja yang efisien. Ketika akan menyelenggarakan rapat, materi rapat sudah harus dikirim ke peserta rapat 2 hari sebelumnya dan semua peserta sudah harus menganalisisnya sebelum rapat. Sehingga ketika rapat berlangsung, peserta tidak perlu lagi mempresentasikan materi rapat, cukup meminta feedback dari peserta rapat dan diskusi produktif.
  5. Virtus Veritas. Magpie menerapkan pendekatan komunikasi provokatif yang bertujuan untuk menantang status quo melalui idea yang mengungkap asumsi dan merangsang diskusi. Kami sengaja memicu dilema pribadi sebagai pendekatan desain baru yang dapat menjadi sarana untuk memungkinkan refleksi diri. Mudahnya, Magpie berkomitmen membuat pesan kliennya menjadi diskusi publik.
  6. Ancora Imparo. Komitmen untuk Belajar: Perhatian, Keterlibatan, dan Kolaborasi. Magpie berkomitmen untuk menjadi learning institution yang terus mencari dan mengadopsi praktik terbaik di pasar untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah kompleks, bekerja secara kolaboratif, berkomunikasi secara efektif, dan melakukan pembelajaran mandiri atau metakognisi.
  7. Pro Publica. Menanamkan pemikiran berkelanjutan dalam segala hal yang kami lakukan. Kami menghormati dunia tempat kami beroperasi dan menyadari bahwa kami mempunyai peran dalam masyarakat, kewajiban terhadap negara dan komunitas tempat kami berbisnis, dan kewajiban untuk bertindak sebagai penjaga lingkungan yang bertanggung jawab. Magpie tidak melayani klien yang produknya memberi dampak merusak secara langsung pada manusia dan lingkungan.

“Kami telah bekerja sama dalam event Grand Launching & Konferensi Pers perusahaan saya, dan Haykal adalah salah satu orang terbaik yang saya temui sebagai mitra kerja. Ia teliti, proaktif, namun sangat tenang ketika berada di tengah ketidakpastian. Saya sangat merekomendasikan keahliannya kepada siapa pun yang mencari pakar/konsultan PR. Dia adalah salah satu orang paling detail yang pernah saya temui. Perpaduan sempurna antara keahlian PR dan bisnis, kemampuan pemecahan masalah yang baik, manajemen proyek & acara yang luar biasa, dan kepribadian yang hangat,” ujar Harumi Nimas Koentono, Head of Marketing Valliance.

3 Rekomendasi Magpie untuk Komunikasi Korporasi

Keberhasilan Magpie dalam memposisikan kliennya menjadi top of mind di bidangnya, didorong oleh kapabilitas Magpie sebagai learning institution yang mampu membaca new behavior dan tren konsumsi yang berkembang di masyarakat.

Menurut Haykal, kini kita memasuki era ketika pasar berpikir dan bertindak dengan gaya millennial. Pada tahun 2025, generasi milenial akan mewakili 75% angkatan kerja global. Komposisi penduduk di Indonesia didominasi oleh Generasi Z dan Milenial masing-masing sebesar 27,94% dan 25,87%.

“83% generasi milenial menginginkan brand yang lebih ethical. Mereka akan lebih loyal kepada perusahaan yang membantu mereka berkontribusi terhadap permasalahan sosial dan lingkungan,” ujar Haykal.

Magpie melakukan focus group discussion dengan karyawan, pemimpin perusahaan, pengusaha, akademisi, jurnalis, dan pekerja lepas untuk memahami perubahan perilaku komunikasi mereka sejak pandemi. Magpie mengidentifikasi variabel-variabel penting untuk komunikasi interpersonal dan korporasi yang efektif di masa pascapandemi.

Authenticity Only

Brand yang dipercaya millennial adalah brand yang dipercaya oleh karyawannya. Bersikap proaktif dengan membangun diskusi yang autentik adalah salah satu cara terbaik untuk menciptakan lingkungan tempat kerja yang membuat karyawan merasa dihormati dan dihargai.

Pemimpin harus mampu mengkomunikasikan tantangan dan kesulitan yang dihadapi perusahaan agar karyawan merasa menjadi bagian utuh.

Diversity, Equity, and Inclusion

Sebanyak 70% konsumen ingin brand mengambil sikap dalam isu-isu sosial dan politik, termasuk menghargai nilai keberagaman, kesetaraan, dan inklusi (DEI). Seluruh aktivitas komunikasi brand harus sejalan dengan semangat DEI dan tidak boleh menciderainya. Tantangannya, penterjemahan nilai DEI tersebut terus berkembang, semakin luas, dan semakin sensitif.

Listening is the New Talking

Secara tradisional, selama ini perusahaan berfokus pada komunikasi ‘kepada’ karyawan daripada komunikasi ‘dengan’ mereka. Meningkatkan kemampuan mendengar dapat membantu memastikan dialog dua arah yang mendorong keterlibatan, koneksi, kreasi bersama, inovasi, dan kolaborasi lintas fungsi. Hal yang sama juga berlaku dalam komunikasi brand dengan konsumen.

Haykal melanjutkan, memposisikan jurnalis sebagai partner yang setara adalah kunci penting dalam mencapai kesuksesan komunikasi korporasi. Perusahaan yang berhasil memperlakukan jurnalis sebagai subjek daripada objek. Humanisme dan kultur terus belajar merupakan spirit yang perlu dijaga bila ingin bertahan di pasar Indonesia yang sangat emosional.

SF-Admin