Dukung UMKM, Lion Parcel Targetkan Pertumbuhan Transaksi Naik 100%

Talkshow Peluncuran Brand Ambassador Lion Parcel (kiri ke kanan: MC, Joe Taslim, CMO Lion Parcel Kenny Kwanto).

UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia, terutama pada saat melemahnya pertumbuhan ekonomi. Berbagai dukungan diperlukan agar UMKM Indonesia dapat terus tumbuh dan berkembang.

Bukti nyata dukungan Lion Parcel (PT. Lion Express) terhadap UMKM diwujudkan melalui kerja sama dengan beberapa instansi seperti UKM Mendunia Foundation, Kopira, Kadin Indonesia, APEDI, Kemenko Perekonomian, Desa Sejahtera ASTRA dan masih banyak lagi.

Berkat makin tingginya aktivitas dan dukungan terhadap UMKM Indonesia, Lion Parcel berhasil mencatatkan pertumbuhan transaksi yang cukup signifikan selama kuartal I 2021 dibandingkan dengan kuartal I pada tahun sebelumnya.

Chief Marketing Officer (CMO) Lion Parcel, Kenny Kwanto mengatakan, catatan transaksi tersebut relatif baik di tengah-tengah melemahnya pertumbuhan ekonomi nasional selama masa pandemi COVID-19.

“Di tengah melemahnya perekonomian nasional, kami berhasil mencatatkan kenaikan transaksi sekitar 30 persen di kuartal I 2021. Pertumbuhan ini meningkat jika dibandingkan dengan kuartal I 2020 kemarin,” kata Kenny Kwanto dalam acara peluncuran brand ambassador Lion Parcel di DOME Senayan Park.

Kenny melanjutkan, kenaikan angka ini utamanya didukung oleh transaksi dari para mitra agen Lion Parcel. Hal tersebut dibuktikan oleh inovasi produk-produk Lion Parcel yang selalu mengedepankan kebutuhan masyarakat. Seperti program SIKAT (Setengah Kilo Hemat) dan BIGPACK pengiriman khusus diatas 10 kilogram yang keduanya diluncurkan pada awal Ramadan dan dibuat atas dasar kebutuhan masyarakat.

Selain itu, transaksi dari aplikasi Lion Parcel yang terus mengalami peningkatan juga ikut memberikan peran terhadap kenaikan pada kuartal I ini. Hingga kuartal satu tahun 2021 transaksi Lion Parcel melalui aplikasi meningkat hingga 155 persen dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Lion Parcel, jelas Kenny, akan terus berfokus dan mengembangkan aplikasi untuk memberikan kemudahan dan memenuhi kebutuhan para pelanggan.

“Seperti adanya fitur free pick up, kurir kami akan tetap memprioritaskan menjemput walaupun hanya kirim satu paket. Sehingga pelanggan dapat memastikan paket yang dikirimkan akan sampai ke rumahnya masing-masing,” katanya.

Oleh karenanya, Lion Parcel kembali memberikan gratis ongkos kirim untuk pengguna baru aplikasi. Mulai tanggal 3 Mei, bagi pengguna yang baru mendaftarkan diri di aplikasi Lion Parcel bisa mendapatkan saldo senilai Rp 10.000 dengan memasukkan kode referral “BERANIDIANDELIN”. Saldo tersebut dapat digunakan untuk transaksi pengiriman.

Lebih lanjut Kenny menggarisbawahi, salah satu misi Lion Parcel adalah untuk menjembatani perekonomian Indonesia dengan membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh negeri.

“Jika pelaku usaha mikro dapat tumbuh dan berkembang, maka perekonomian Indonesia juga dapat terdorong untuk mengalami pertumbuhan. Kami berupaya menjadi mitra yang aman dan terpercaya bagi masyarakat,” kata Kenny.

Oleh karena itu, Lion Parcel menggandeng Joe Taslim sebagai brand ambassador sekaligus mengajak masyarakat untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia. Menurut Kenny, kehadiran Joe Taslim sebagai Brand Ambassador Lion Parcel diharapkan menjadi gambaran bagi masyarakat Indonesia bahwa Lion Parcel ingin menjadi solusi logistik yang aman dan terpercaya.

Kenny menjelaskan, Joe Taslim merupakan salah satu figur publik Indonesia yang dipercaya masyarakat karena telah mengharumkan nama Indonesia di ranah internasional. Hal tersebut sejalan dengan salah satu misi Lion Parcel yaitu menjembatani perekonomian Indonesia dengan mendukung para pelaku UMKM untuk go-global.

“Kami ingin membawa UMKM Indonesia untuk bisa go-global, unjuk gigi di tingkat dunia. Joe Taslim merupakan salah satu tokoh publik yang dipercaya dan bisa memberikan contoh. Joe berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia,” ungkap Kenny.

Kenny mengatakan pelaku usaha mikro dan menengah merupakan salah satu penopang ekonomi Indonesia. Lantas, Lion Parcel hadir dengan menyediakan layanan pengiriman yang tidak hanya menjangkau wilayah domestik, tetapi juga layanan pengiriman hingga ke luar negeri seperti layanan Interpack. Layanan itu sudah menjangkau tujuh kota, yakni Singapura, Malaysia, Hanoi, Hong Kong, Bangkok, Manila, dan Taipei.

Senada dengan Kenny, Brand Ambassador Lion Parcel, Joe Taslim, memiliki pandangan yang sama. Menurutnya pada masa melemahnya pertumbuhan ekonomi pada masa pandemi seperti saat ini maka yang pertama kali mesti digalakkan yaitu membeli produk-produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku UMKM.

“Lion Parcel juga bisa melakukan pengiriman ke luar negeri dan tidak hanya domestik. Ini solusi logistik untuk UMKM. Artinya, dengan membeli produk UMKM dan menggunakan jasa pengiriman Lion Parcel maka kita juga bisa membantu mereka untuk go global,” kata Joe.

Selain itu, mulai tanggal 3 Mei ini, Lion Parcel mengadakan promo khusus untuk harga pengiriman antar kota, seperti dari Jabodetabek ke Jabodetabek, Bandung ke Bandung, Malang ke Malang, atau Surabaya ke Surabaya. Program ini ditujukan sebagai salah satu bukti guna mendukung pelaku bisnis UMKM.

“Kami juga ada promo harga pengiriman dengan biaya yang sangat murah senilai 4,500 untuk antar kota. Nantinya, masyarakat bisa merasakan promo ini dengan mengirim paket mereka via agen Lion Parcel. Kami berharap inovasi ini bisa memberikan manfaat lebih bagi masyarakat Indonesia,” tutup Kenny.

 

SF-Admin