Fitur “Real-Time Translation” Hadir Pada Perangkat Google Assistant Headphone

Salah satu mesin penerjemah terbaik di dunia adalah Google Translate, di mana layanan penerjemah bahasa ini menggunakan mesin pembelajaran yang membantu untuk lebih memahami lebih dalam hal-hal seperti bahasa dan konteks alami.

Kemampuan tersebut juga membuat Google dengan bangga memperkenalkan Google Pixel Buds tahun lalu yang menawarkan kemampuan menerjemahkan secara real-time atau secara langsung.

Tentu saja kita harus menggunakan Google Pixel Buds jika ingin menikmati fitur tersebut, namun kabar baiknya bahwa Google kini membawa kemampuan terjemahan real-time ke semua headphone yang didukung Google Assistant. Hal ini diketahui berkat laporan Droid-Life yang menemukan keterangan di halaman dukungan Google untuk Pixel Buds, yakni “Google Translate tersedia di semua headphone Assistant yang dioptimalkan dan ponsel Android.”

Pengujian lebih lanjut oleh Droid-Life menemukan bahwa perubahan yang dilakukan pada halaman dukungan adalah akurat (bukan karena kesalahan) karena mereka menemukan bahwa terjemahan real-time bekerja pada perangkat non-Pixel seperti Essential Phone. Ini berarti bahwa jika Anda memiliki headphone yang didukung Google Assistant seperti Bose QC35 II, Anda seharusnya tidak mengalami masalah saat menggunakan terjemahan real-time dengannya.

Meskipun aplikasi Terjemahan atau Translate sudah melakukan terjemahan real-time melalui fitur “Percakapan”, menggunakannya di headphone Anda mungkin lebih praktis karena kita bisa berbicara seperti biasa tanpa harus menggunakan ponsel.