Forbes Nobatkan Bank DBS Indonesia sebagai #1 World’s Best Banks di Indonesia

Bank DBS Indonesia telah diakui sebagai World’s Best Banks, hal ini menggarisbawahi prestasi dan inovasi Bank DBS Indonesia di negeri ini. Penghargaan terbaru ini datang dari majalah bergengsi yang memberikan penghargaan kepada individu maupun institusi terbaik dari seluruh dunia, Forbes Magazine, yang menobatkan Bank DBS Indonesia sebagai pemenang peringkat pertama dari 20 bank terkemuka di Indonesia.

Forbes bekerjasama dengan perusahaan riset pemasaran Statista untuk memberikan penghargaan kepada 500 institusi perbankan di dunia melalui survei kepada 43.000 nasabah di 28 negara terkait bank yang digunakan responden.

Kriteria penilaian dari penghargaan ini dibagi menjadi tiga, yakni rekomendasi, tingkat kepuasaan dan lima kriteria lain termasuk kepercayaan (trust), syarat & ketentuan (terms & condition), pelayanan konsumen (customer service), layanan digital (digital services), dan nasihat keuangan (financial advice).

Menariknya, Forbes dan Statista menemukan fakta bahwa kepercayaan dan layanan digital menjadi dua alasan terbesar masyarakat Indonesia dalam memilih bank terbaik andalan mereka.

Penghargaan ini diperoleh berdasarkan testimoni para nasabah yang sudah merasakan layanan dan produk Bank DBS Indonesia, di mana nasabah dapat mendapatkan pengalaman new way of banking tanpa dirumitkan dengan urusan perbankan atau yang Bank DBS Indonesia sebut dengan Live more, Bank less. Hal inilah yang menjadikan Bank DBS Indonesia berhasil meraih peringkat pertama World’s Best Banks di Indonesia.

Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan Banking Analyst Statista, Sukyung Kim, “Dibandingkan dengan tahun lalu, Bank DBS Indonesia berhasil meningkatkan skornya pada hampir setiap dimensi penilaian, yang mencakup kepuasan secara umum dan rekomendasi. Hal ini yang membuat Bank DBS Indonesia menduduki posisi teratas pada World’s Best Banks tahun ini di Indonesia.”

Penghargaan ini membuktikan komitmen Bank DBS Indonesia dalam bertransformasi secara inovatif. Hal ini ditunjukkan di mana sebelumnya Bank DBS Indonesia juga dinobatkan sebagai The World’s Best Banks 2020 di peringkat kedua oleh Forbes.

Transformasi digital Bank DBS Indonesia telah dimulai sejak 2017 sejak meluncurkan layanan perbankan digital digibank by DBS sebagai full-fledged digital banking yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan mulai dari membuka rekening, menabung, deposito, transfer valas, hingga investasi obligasi baik di Pasar Perdana maupun Pasar Sekunder hanya melalui genggaman tanpa harus ke cabang (branchless), tanpa perlu mengisi dokumen fisik (paperless), dan tanpa memerlukan tanda tangan basah (signatureless).

Tidak hanya itu, untuk nasabah korporasi Bank DBS Indonesia menyediakan layanan DBS IDEAL RAPID yang mengintegrasikan pemrosesan secara real time pembayaran, piutang, dan pencarian informasi tentang alur kerja bisnis nasabah, serta memfasilitasi transaksi bisnis di jaringan (ekosistem) mereka.

Paulus Sutisna, Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia mengatakan, “Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk mendapatkan kepercayaan untuk berada pada peringkat pertama World’s Best Banks di Indonesia oleh Forbes. Pencapaian yang kami peroleh merupakan pengakuan atas hasil kerja keras dari tim Bank DBS Indonesia yang senantiasa menciptakan inovasi dan menyediakan solusi serta pengalaman perbankan terbaik yang dapat diandalkan nasabah. Kami percaya bahwa ada peluang yang dapat diambil dari kondisi saat ini, terutama untuk mengakselerasi layanan digital Bank DBS Indonesia sehingga nasabah dapat semakin dimudahkan dalam melakukan transaksi perbankan untuk mewujudkan komitmen kami sebagai bank terpercaya pilihan nasabah dan menjadi pemimpin inovasi digital.”

Komitmen transformasi digital Bank DBS Indonesia juga diimplementasikan dalam internal perusahaan dengan menerapkan rangkaian prakarsa perubahan dalam rangka mewujudkan kaidah bekerja baru di masa depan seperti pola kerja hybrid, pengaturan jam kerja fleksibel, memberikan karyawan pelatihan pada bidang-bidang yang kini sedang bertumbuh seperti design thinking, artificial intelligence, machine learning, dan prinsip-prinsip agile, serta bekerja berdasarkan data-driven.

Secara terpisah, Bank DBS Indonesia juga meraih penghargaan internasional lain dengan dinobatkan sebagai Indonesia’s Best Trade Finance Provider Award 2021 oleh Global Finance dan Best Risk Management Project (Risk Culture Project) pada Digital Awards 2021 oleh The Asset Triple A Awards.

 

Indonesia’s Best Trade Finance Provider Award 2021 oleh Global Finance

Bank DBS Indonesia kembali dinobatkan sebagai Best Trade Finance Provider 2021 kategori Indonesia oleh majalah finansial terkemuka di dunia, Global Finance, setelah sebelumnya berhasil menyabet penghargaan serupa, yakni Best Trade Finance Solution pada 2020, dan Best Service Provider – Trade Finance pada 2018.

Konsistensi Bank DBS Indonesia yang telah kali ketiga meraih penghargaan Best Trade dari Global Finance ini mencerminkan komitmen Bank DBS Indonesia dalam menyediakan layanan terbaik bagi para nasabah.

Penghargaan tahun ini diberikan atas kepiawaian Bank DBS Indonesia dalam merespon ketidakpastian situasi pandemi pada 2020 lalu dengan memanfaatkan teknologi dan meningkatkan kapabilitas sehingga nasabah tetap mendapatkan pelayanan memuaskan untuk mencapai tujuan finansial.

Secara spesifik, penilaian diberikan berdasarkan pendapat para ahli industri, jajaran pimpinan korporasi, dan pakar teknologi dengan mempertimbangkan volume transaksi, jangkauan global, customer service, harga kompetitif, dan inovasi teknologi.

Prestasi tinggi Bank DBS Indonesia sebagai penyedia trade financing terbaik ini mengukuhkan komitmen dan kemampuan Bank DBS Indonesia untuk senantiasa menjadi mitra perbankan korporasi di tengah keterbatasan interaksi tatap muka selama pandemi Covid-19 ini.

 

Best Risk Management Project (Risk Culture Project) pada Digital Awards 2021 oleh The Asset Triple A Awards

The Asset Triple A Digital Awards 2021 merupakan penghargaan tahunan bagi lembaga keuangan dan perusahaan teknologi yang dinilai unggul dalam inovasi pengembangan digital experience bagi nasabah atau konsumen.

Pada tahun ini, Bank DBS Indonesia dinobatkan sebagai Best Risk Management Project (Risk Culture Project) melalui “Be Right Project” dari tim Technology & Operations. Penilaian dilakukan oleh para dewan redaksi yang mewawancarai beberapa institusi keuangan di Asia selama beberapa bulan terakhir dan mendengarkan kisah mereka terkait bagaimana institusi keuangan bertahan di masa pandemi melalui inovasi-inovasi yang diciptakan.

“Be Right Project” merupakan strategi efektif untuk mengelola risiko dengan menggunakan pendekatan people-oriented. Proyek ini dilakukan dengan membangun kesadaran mengenai risiko dan memberikan feedback positif bagi karyawan untuk menciptakan perilaku positif yang diharapkan.

“Be Right Project” menanamkan pola pikir “be right at the first time” pada karyawan dan sebagai hasilnya, jumlah kesalahan operasional dan kejadian risiko menurun 72% pada tahun 2020 dibandingkan pada tahun 2019.

Kesuksesan Bank DBS Indonesia dalam menurunkan persentase risiko secara signifikan inilah yang menjadi kunci dari keberhasilan Bank DBS Indonesia meraih penghargaan dari The Asset Triple A Awards pada tahun ini.

Penghargaan ini menjadi bukti atas komitmen Bank DBS Indonesia untuk memberikan layanan yang menyenangkan bagi nasabah, dimulai dari meningkatkan kualitas karyawan yang siap secara digital, tanggap, berorientasi pada data, dan mampu bekerja secara cepat.

Berbagai pencapaian ini menjadi semangat baru bagi Bank DBS Indonesia untuk terus menciptakan inovasi bagi kebutuhan nasabah yang relevan seiring dengan perkembangan zaman dan di tengah kondisi apapun.

Transformasi digital yang diterapkan Bank DBS Indonesia juga diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi masa depan perbankan di Indonesia untuk menciptakan layanan perbankan yang praktis, solutif, dan aman.

 

SF-Admin