Dendang Riang Kemerdekaan oleh Opera Stamboel dan Garin Nugroho

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekan Republik Indonesia yang ke-78, Galeri Indonesia Kaya turut merayakannya dengan menghadirkan beragam sajian seni yang kental dengan perayaan Kemerdekaan sepanjang Agustus 2023.

Penikmat seni di Auditorium Galeri Indonesia Kaya dihibur dengan sebuah pertunjukan bertajuk Dendang Riang Kemerdekaan yang dibawakan oleh Opera Stamboel dan juga Garin Nugroho.

Opera Stamboel merupakan kelompok asal Yogyakarta yang terbentuk sejak tahun 2022 lalu atas inisiasi Garin Nugroho dan Ong Hari Wahyu, seniman asal Yogyakarta yang banyak terlibat sebagai pengarah artistik seni pertunjukan. Opera Stamboel memiliki karakter yang unik dalam musik, sastra maupun teater yang digabungkan dengan keunggulan vokal dalam bentuk nyanyian dan obrolan komedi.

Garin Nugroho mengungkapkan, ”Pertunjukan sore hari ini terinspirasi dari komedie stamboel, sebuah sandiwara komedi keliling yang penuh dengan alunan musik dan tari yang sudah ada sejak era 1900an. Melalui lagu dan narasi, kami ingin mengisahkan sejarah berbangsa dari dulu hingga sekarang dalam berbagai aspek dari kehidupan, agar para penikmat seni yang sore hari ini didominasi oleh generasi muda dapat semakin mencintai dan mengenal sejarah Indonesia lebih dalam. Selain menghibur, kami harap pertunjukan ini dapat menambah wawasan para penikmat seni”

Selama kurang lebih 60 menit, penikmat seni dihibur dengan narasi yang membawa pesan civic education, keragaman budaya masyarakat Indonesia yang dituturkan oleh Garin Nugroho dan juga  tarian serta lagu-lagu berjudul Serumpun Padi, Marilah Kemari, Rasa Sayange, Nyiur Hijau, dan Bersuka Ria yang dibawakan langsung oleh Opera Stamboel.

Pertunjukan semakin indah dengan iringan dari berbagai alat musik seperti accordion, biola, contrabass, dan drum akustik yang mengalun merdu sepanjang pertunjukan berlangsung.

Melalui dendang lagu, pertunjukan ini menggambarkan perkembangan era dulu hingga sekarang, dari sisi romantisme, patriotisme, maupun saut-sautan dalam bentuk pantun hingga rayuan dari jenis musik yang familiar di periode masa tertentu.

Auditorium Galeri Indonesia Kaya pun semakin meriah dengan suara-suara dari para penikmat seni yang hadir juga ikut bernyanyi bersama mengikuti lagu-lagu yang dibawakan.

“Untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan jatuh pada 17 Agustus mendatang, Galeri Indonesia Kaya bersama Opera Stamboel dan juga Garin Nugroho, ingin menambah wawasan para penikmat seni tentang sejarah bangsa ini dengan kemasan yang tak hanya menarik namun juga kaya akan nilai-nilai budaya. Melalui pertunjukan ini kami ingin mengingatkan para penikmat seni bahwa Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini merupakan hasil perjuangan dari para pahlawan yang telah berjuang dalam melawan penjajah. Semoga pesan-pesan yang diberikan dalam pertunjukan ini dapat meningkatkan semangat patriotisme para penikmat seni, terutama generasi muda,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Galeri Indonesia Kaya.

SF-Admin