Hadirkan PaaS Kubernetes, Nutanix Bantu Penerapan Aplikasi Berbasis Microservices

Sumber daya TI adalah mesin yang menggerakkan perusahaan-perusahaan digital. Namun ketika perusahaan berkembang, mengadopsi hybrid cloud, dan mengelola aplkasi yang jumlahnya semakin bertambah, kebutuhan teknis pendukung dapat menjadi tantangan bagi TI.

Sebagai penyedia cloud computing kelas enterprise, Nutanix mengumumkan kehadiran Karbon Platform Services, sebuah Platform-as-a-Service (PaaS) multicloud berbasis Kubernetes dengan keamanan otomatis yang dikelola sistem (automated system-managed security). Dimana, dengan hadirnya platform ini, dapat mempercepat pengembangan dan penerapan aplikasi berbasis microservices di cloud mana saja.

Bagi para pengembang software, tawaran ini memberikan mereka pengalaman menggunakan layanan terkelola yang siap pakai, baik itu on premise, di public cloud, dan di edge, sehingga mereka dapat membangun dan menjalankan aplikasi cloud native dengan kemampuan untuk memisahkan aplikasi dari infrastruktur yang mendasarinya.

Bagi tim operasional TI, platform ini menyajikan pengelolaan lifecycle aplikasi dan framework keamanan yang disederhanakan dan konsisten. Pengumuman ini adalah sebuah tonggak sejarah penting bagi Nutanix yang memperluas penawarannya untuk mengakselerasi perjalanan cloud native berbagai perusahaan.

Banyak perusahaan yang ingin meraih manfaat dari inisiatif digital sering kali kesulitan untuk memaksimalkan kemampuan para pengembang software mereka dan membutuhkan proses DevOps yang gesit. Di sisi lain, Kubernetes dan ekosistem teknologi cloud native-nya terus berkembang pesat, sehingga semakin sulit untuk diterapkan tanpa sumber daya teknis yang memadai.

Selain itu, berbagai organisasi/perusahaan harus dapat memanfaatkan penerapan Kubernetes secara on premise dan di public cloud tanpa mengorbankan kemampuan mereka untuk mengelola data, aplikasi, dan sumber daya TI secara sederhana dan efektif.

Rajiv Mirani, Chief Technology Officer, Nutanix

“Dengan Karbon Platform Services, kami ingin menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi serta menyederhanakan hubungan antara TI dan tim pengembangan untuk mendukung strategi DevOps pelanggan kami,” kata Rajiv Mirani, CTO di Nutanix.

PaaS cloud native baru ini akan membantu para perancang software dalam menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi, tanpa perlu mengelola infrastruktur yang mendasarinya. Karbon Platform Services dibangun dengan kemampuan manajemen lifecycle Kubernetes inti yang awalnya diperkenalkan sebagai Karbon, yaitu komponen terintegrasi dalam software Nutanix HCI.

Penawaran baru ini menghadirkan keamanan otomatis yang dikelola sistem dan multi-tenancy untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis microservices di berbagai infrastruktur cloud.

“Kami mencari platform PaaS tunggal yang dapat menjadi host bagi Reflex dan Vision Insights kami, baik di edge maupun di private cloud, untuk memanfaatkan arsitektur terdistribusi serta mendukung pengembangan software dan machine learning di public cloud,” kata Damien Pasquinelli, CTO di Hardis Group.

“Karbon Platform Services memberikan kelengkapan layanan yang kami butuhkan dari sebuah solusi PaaS, serta kesederhanaan dan kemudahan manajemen ala Nutanix – di berbagai lingkungan cloud. Dengan penerapan Karbon Platform Services kami dapat mengembangkan Vision Insights dan waktu yang dibutuhkan tim DevOps kami untuk mengembangkan dari nol sampai menjadi prototipe hanya dalam waktu kurang dari seperempat dari waktu yang dibutuhkan sebelumnya. Software yang berjalan di Karbon Platform Services ini sudah diproduksi untuk pelanggan seperti Schneider Electric, spesialis global terkemuka dalam manajemen energi dan otomatisasi,” tambahnya.

Berbagai manfaat utama Karbon Platform Services meliputi:

  • Rich Managed Services: Penawaran PaaS ini memungkinkan pengembangan dan penerapan aplikasi yang cepat, mulai dari containerized applications yang simpel hingga ke aplikasi skala web yang kompleks, dengan memanfaatkan open abstraction yang simpel dari layanan yang beragam. Secara khusus, Karbon Platform Services meliputi: managed Kubernetes (K8s-aaS), Containers-as-a-Service (CaaS), serverless Function, AI, message bus, ingress, service mesh, observability, dan layanan keamanan.
  • SaaS-based Multicloud Operations: Tim operasional mendapatkan keuntungan dari kegiatan operasional yang disederhanakan dan aplikasi yang seragam, data, dan manajemen lifecycle keamanan, apa pun cloud yang mendasarinya, dengan memanfaatkan manager lifecycle infrastruktur berbasis SaaS. Pengembang mendapatkan keuntungan dari layanan platform yang lengkap sehingga cukup sekali menulis aplikasi lalu menjalankannya di cloud melalui manajer lifecycle aplikasi berbasis SaaS.
  • Extensible Hybrid PaaS: Karbon Platform Services menyediakan mobilitas data lintas cloud dan manajemen aplikasi hybrid melalui pipeline data yang transparan, WAN-optimized, dan antarmuka data yang dapat diperluas. Fitur ini menghadirkan fleksibilitas bagi perusahaan-perusahaan untuk menghadirkan layanan mereka sendiri dan memanfaatkan ekosistem Kubernetes yang lebih luas.
  • Enhanced Security Posture: Dengan Karbon Platform Services, tim operasional TI dapat memanfaatkan model keamanan dan API yang konsisten dengan observasi data dan aplikasi yang terpadu di seluruh cloud. Ia menyediakan keamanan otomatis yang dikelola sistem dengan multi-tenancy dan role-based access control (RBAC) yang sudah built-in, untuk layanan yang lebih lengkap.

“Kompleksitas Kubernetes dan pengelolaan infrastruktur multicloud tidak hanya membebani tim operasi TI, tetapi juga membatasi sumber daya dan tool yang tersedia bagi para pengembang software aplikasi modern. Dengan Karbon Platform Services, Nutanix meringkaskan berbagai kompleksitas infrastruktur dan memberikan Kubernetes yang sudah terkelola, container, dan sejumlah layanan penting bagi developer, dalam lingkungan PaaS yang mudah dan siap dikonsumsi,” kata Bob Laliberte, Practice Director & Senior Analyst di ESG Research.

“Dan mengingat 70% pelanggan yang baru-baru ini kami survei lebih memilih kombinasi public cloud dan pusat data privat untuk aplikasi dalam container, maka Karbon Platform Services dapat memenuhi keinginan tersebut berkat fleksibilitasnya, adanya control pane global dan manajemen multicloud-nya yang sederhana,” tutupnya.

 

SF-Admin