Zuo Meng, President Metro Router Domain, Huawei’s Data Communication Product Line memperkenalkan produk-produk unggulan

Huawei Network Summit 2023 Jakarta menghadirkan para tamu dan rekan dari industri penyedia layanan internet (ISPs), transportasi, energi, dan berbagai industri lainnya di kawasan Asia Pasifik untuk membahas pengembangan jaringan masa depan dan inovasi teknologi dalam tema “Intelligent IP Network, Innovations Never Stop.”

Dalam presentasinya, Zuo Meng, President Metro Router Domain, Huawei’s Data Communication Product Line, memperkenalkan dua produk unggulan Wide Area Network (WAN): NetEngine 8000 F8 dan NetEngine 8000 M14.

Kedua produk itu didesain untuk meningkatkan pengalamanan layanan dan sebagai bukti Huawei untuk peningkatan berkelanjutan dari kemampuan produk.

NetEngine 8000 F8 adalah router agregasi layanan universal dengan kepadatan tinggi. Dengan besar 13U, router ini memberikan kinerja 2 Tbps (dapat ditingkatkan menjadi 6,4 Tbps) dan hingga 64 port 100GE atau 576 port 10GE.

Dengan arsitektur yang andal, kepadatan port yang sangat tinggi, kemampuan pemotongan port FlexE 10GE/100GE, dan konsumsi daya yang sangat rendah (40% lebih rendah dari rata-rata), router ini adalah pilihan ideal untuk WAN dengan banyak perangkat dan koneksi berskala besar. Produk berikutnya, NetEngine 8000 M14, adalah router agregasi layanan universal all-in-one.

Dengan ukuran 5U, router ini dapat memberikan kinerja cepat 2 Tbps (dapat ditingkatkan hingga 3,6 Tbps). Ini adalah router konfigurasi tetap pertama di industri yang dapat mendukung port 400GE dan menyediakan hingga 32 port 100GE.

Selain itu, dengan meninggalkan jejak yang kecil dan berkapasitas besar, router ini dapat digunakan secara fleksibel untuk berbagai layanan.

Dalam presentasinya dalam sesi WAN, Zuo Meng, menunjukkan bahwa infrastruktur ICT menjadi dasar bagi ekonomi digital dan IP WAN, seperti layaknya penghubung antara kampus dan pusat data, menjadi fondasi bagi transformasi digital untuk industri di kawasan Asia-Pasifik.

Herry Kurniawan, Data Communication CTO, Enterprise Business Department, Indonesia Office, Huawei menjelaskan konsep pembangunan jaringan terbaru dari solusi CloudWAN 3.0 berdasarkan sudut pandang peningkatan dalam tiga aspek utama, yakni: jaringan terkonvergensi, perangkat terkonvergensi, dan manajemen yang terkonvergensi.

Herry menggali lebih dalam mengenai kebutuhan industri di kawasan Asia Pasifik, yang meliputi pembangunan jaringan pribadi oleh instansi pemerintahan untuk sistem perkantoran, efisiensi penyediaan layanan dan kualitas layanan ISP, serta perencanaan layanan, penerapan, dan persepsi O&M di industri transportasi dan energi. Ia juga menjelaskan bagaimana solusi CloudWAN 3.0 secara sempurna mampu memenuhi kebutuhan industri yang telah disebutkan sebelumnya.

Solusi CloudWAN 3.0 terbaru dari Huawei menyediakan transmisi data yang efisien dan bertenaga, arsitektur yang fleksibel dan mudah dikelola, transportasi layanan yang terkonvergensi, serta kemampuan O&M yang otomatis dan cerdas melalui peningkatan konvergensi, sehingga dapat membantu membangun WAN dengan pengalaman terbaik.

  • Dalam hal jaringan konvergen, jaringan pusat tunggal digunakan untuk menyediakan akses terpadu untuk pengelolaan di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten. Teknologi slicing memungkinkan jaringan untuk membawa berbagai jenis layanan, memungkinkan konvergensi multi-jaringan. Hal ini tidak hanya memenuhi persyaratan SLA dari berbagai jenis layanan, tetapi juga meningkatkan pemanfaatan jaringan dan memangkas biaya konstruksi jaringan.
  • Dalam hal perangkat yang terkonvergensi, arsitektur perangkat keras diperkenalkan untuk menyediakan fungsi CGN, IPsec, dan SA melalui subkartu yang berbeda, yang menyederhanakan proses jaringan. Arsitektur ini memungkinkan satu router untuk menyediakan fungsi dari beberapa perangkat khusus, meningkatkan keandalan jaringan dan pengalaman pengguna, serta mengurangi konsumsi ruang.  
  • Dalam hal pengelolaan yang terkonvergensi, iMaster NCE-IP Network Digital Map digunakan untuk menyederhanakan O&M siklus penuh, mengintegrasikan tampilan manajemen dan O&M, mendeteksi perubahan jaringan secara real time, dengan cepat mengurangi hambatan jaringan, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Dengan kemampuan inovasi IPv6 Enhanced dan pemahaman mendalam tentang tren industri, Huawei Data Communication telah membantu pelanggan dari berbagai sektor seperti pemerintah, ISP, transportasi, dan energi di lebih dari 170 negara dan wilayah untuk membangun jaringan yang adaptif, andal, dan cerdas, menghadirkan kekuatan digital yang berkesinambungan untuk peningkatan industri perusahaan.

SF-Admin