Perjalanan membangun bisnis pastinya bukan hal yang mudah, ada pasang surut yang dirasakan hingga mampu dikenal luas dan menjadi pionir di industri tertentu. Selain membuat bisnis dapat terus bertahan, berbagai adaptasi dan inovasi juga dilakukan agar bisnis mampu memenangkan kompetisi di pasar.

Perjalanan tersebut juga turut dialami oleh bisnis Mie Celor H. M. Syafei Z Palembang, restoran mie celor otentik dan legendaris di Kota Palembang, yang kini sudah berkembang hingga 7 cabang.

Didirikan sejak tahun 1953 silam, Mie Celor H. M. Syafei Z merupakan usaha keluarga yang diwariskan secara turun temurun. Hidangan utama mie celor yakni mie yang dicelup dan diberi kuah dari santan dan kaldu udang serta tambahan lain seperti telur, kecambah, kucai, ebi dan bawang goreng.

Walaupun banyak restoran mie celor lainnya di Kota Palembang, namun Mie Celor H. M. Syafei Z adalah salah satu pionir restoran mie celor dengan resep otentik yang kaya akan cita rasa gurih dan kuah kental.

Tempat makan yang sudah berusia sekitar 68 tahun lebih ini pun selalu ramai setiap harinya, khususnya saat liburan atau akhir pekan. Pengunjungnya tidak hanya didominasi masyarakat Palembang dan wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumatera Selatan.

Walaupun mulai banyak usaha mie celor di kota ini, namun Mie Celor H. M. Syafei tetap menjadi yang nomor 1 dan paling dicari berkat komitmennya untuk mempertahankan cita rasa, harga yang terjangkau dan kualitas dari berbagai hidangan yang dihadirkan.

Namun, tak hanya persaingan di industri kuliner kota Palembang, pandemi lalu pun sempat membawa dampak pada bisnis otentik mie celor Palembang ini.

Imelda Ciptadi, Manajer Mie Celor H. M. Syafei Z dan yang juga merupakan cucu dari H. M. Syafei mengatakan, “Pandemi pastinya membawa dampak pada banyak pelaku usaha, namun kami bersyukur usaha kami tetap bisa bertahan dan berkembang selama masa tersebut. Selain karena sistem dan strategi bisnis yang matang, kami juga dengan cepat beradaptasi keadaan. Di awal tahun 2020, kami semakin gencar mengadopsi berbagai ekosistem digital seperti masuk ke dalam layanan pemesanan makanan online dan pembayaran digital. ShopeePay menjadi contoh layanan yang cukup berkontribusi secara signifikan pada bisnis kami selama pandemi.”

Bergabung sebagai merchant ShopeePay sejak tahun 2021, Mie Celor H. M. Syafei merasakan berbagai manfaat dari program dan promo yang dihadirkan. Selain menstimulasi transaksi yang cashless pada masyarakat dan membantu dalam pencatatan keuangan yang lebih rapi, ShopeePay juga membantu menambah visibilitas usaha keluarga ini kepada konsumen yang lebih luas lagi.

“Jika kita amati situasi pandemi ini, semakin banyak masyarakat yang beralih ke hal-hal yang serba online, termasuk dalam penggunaan dompet digital seperti ShopeePay untuk bertransaksi,” ujar Imelda. “Selain praktis dan lebih aman karena mengurangi kontak langsung, konsumen juga mencari keuntungan lebih dari program cashback yang ditawarkan,” sambungnya.

Melalui berbagai strategi tersebut, Mie Celor H. M. Syafei berhasil terus mengembangkan usahanya. Di tahun 2019 hingga tahun 2021, bahkan ada penambahan 3 gerai restoran baru yang menandakan bahwa dengan strategi yang tepat, bisnis dapat terus berekspansi walaupun di tengah masa pandemi.

Imelda dan keluarga percaya bahwa pencapaian saat ini harus tetap dipertahankan dengan terus berani berinovasi dan beradaptasi pada layanan agar dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Imelda dan keluarga juga akan terus melakukan ekspansi bisnis ke luar Sumatera Selatan hingga luar pulau Sumatera untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Sebagai salah satu merchant ShopeePay, masyarakat Indonesia dapat menikmati hidangan Mie Celor H. M. Syafei dengan keuntungan lebih menggunakan promo yang didisediakan ShopeePay. Selain promo ShopeePay, para pecinta mie celor juga dapat menikmati promo cashback dan gratis ongkos kirim dari ShopeeFood untuk menikmati Mie Celor H.M. Syafei dari rumah bersama orang tercinta.

Jangan lewatkan kesempatan menikmati lezatnya hidangan dari Mie Celor H.M Syafei sembari berkontribusi mendorong pertumbuhan dan pemulihan ekonomi UMKM lokal di Palembang.

SF-Admin