KoinWorks Dorong Inklusi Keuangan di Indonesia

Adanya sentimen positif dalam perkembangan ekonomi global dan tren pemulihan ekonomi Indonesia dapat menjadi angin segar bagi pelaku UKM terutama di sektor ekspor dan impor untuk kembali bangkit

Sejak didirikan pada 2016 lalu, KoinWorks terus percaya bahwa digitalisasi sektor keuangan dapat memberikan pengaruh positif dalam mendorong inklusi keuangan yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Pencatatan kinerja positif yang dibukukan hingga pertengahan tahun 2020 ini, pun sekali lagi membuktikan bagaimana sektor fintech di Indonesia dapat berkontribusi secara aktif dalam mendekatkan layanan keuangan yang mudah, terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

​Sejalan dengan diselenggarakannya Bulan Inklusi Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan sepanjang Oktober 2020 ini, salah satu poin utama yang digalakkan pemerintah maupun industri sektor keuangan adalah mengenai literasi keuangan digital untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan di Indonesia.

KoinWorks sebagai salah satu pelaku di sektor keuangan digital Indonesia berjalan beriringan dengan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan inklusi dan literasi keuangan khususnya melalui pemanfaatan teknologi digital.

Komitmen KoinWorks tersebut salah satunya terlihat dari bagaimana KoinWorks telah membuka akses layanan keuangan baik untuk personal maupun kebutuhan bisnis ke lebih dari 550.000 pengguna di seluruh Indonesia dan menggalakan program edukasi finansial guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia di berbagai daerah.

Hingga kuartal III tahun 2020 ini KoinWorks melalui KoinBisnis juga telah menyalurkan hampir Rp2.5 Triliun sepanjang tahun 2020 ke berbagai sektor UKM khususnya sektor UKM Digital Indonesia.

“KoinWorks fokus untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi produk termasuk untuk memberikan solusi kemudahan transaksi digital bagi sektor UKM di Indonesia.” ujar Benedicto Haryono, selaku CEO & Co founder KoinWorks.

Sebagai Super Financial App yang menghadirkan ragam produk finansial sesuai kebutuhan masyarakat baik untuk personal maupun bisnis, hingga kuartal III 2020 ini KoinWorks juga mencatat pertumbuhan yang signifikan pada produk diversifikasi aset melalui produk penjualan surat utang dan obligasi negara melalui KoinBond juga layanan jual-beli emas di KoinGold.

KoinGold yang KoinWorks luncurkan pada bulan Juni lalu mengalami pertumbuhan transaksi hingga lebih dari 300% dengan total transaksi hingga Rp2 Miliar setiap bulannya. Pencatatan tersebut juga dapat diartikan bahwa ragam layanan finansial yang KoinWorks hadirkan telah sesuai dengan kebutuhan pengguna khususnya di tengah kondisi pandemi yang secara umum telah membuat masyarakat lebih tertarik untuk memilih produk diversifikasi aset yang bersifat ​safe-haven ​seperti emas.

Selain itu, meningkatnya kebutuhan tak terduga di masa pandemi ini juga telah mendorong banyak perusahaan di Indonesia untuk memberikan fasilitas finansial kepada karyawannya, terlihat dari semakin bertambahnya mitra perusahaan yang bergabung di KoinGaji.

Layanan KoinGaji dari KoinWorks yang memungkinkan karyawan mitra pelaku usaha untuk mencairkan gajinya lebih awal atau yang lebih dikenal dengan ​salary advance, ​hingga kuartal III 2020 ini telah memberikan kemudahan solusi finansial dengan total salary advance setiap bulannya hingga Rp150 juta, dan rata-rata pencairan gaji dari karyawan mitra mulai dari Rp3 juta – Rp10 juta.

“Seluruh pencatatan positif yang KoinWorks bukukan tersebut tentunya tak terlepas dari dukungan seluruh pengguna, baik peminjam maupun ribuan pendana ritel dan institusi. KoinWorks pun akan terus pada misinya untuk mengembangkan dan melengkapi produk finansial yang dapat menjawab kebutuhan pasar serta memperluas akses finansial demi inklusi keuangan di Indonesia,” jelas Benedicto.

“Kami juga terus fokus untuk menjaga kepercayaan pengguna melalui penerapan berbagai strategi pengembangan produk dan mitigasi risiko untuk menjaga kualitas layanan termasuk kualitas pinjaman serta rasio gagal bayar. Melalui penyesuaian strategi bisnis dengan kondisi ekonomi terkini, KoinWorks optimis dapat terus menjaga kinerja bisnis hingga akhir tahun 2020 ini” tutupnya.

 

SF-Admin