Saat ini, hampir 75 persen bisnis yang disurvei dalam laporan yang didukung IBM (NYSE: IBM) menyatakan sedang menjajaki atau menerapkan AI. Namun, 37 persennya menyebutkan keterbatasan keahlian AI dan 31 persen menyebutkan peningkatan kompleksitas dan silo data sebagai penghalang keberhasilan penerapan.

Untuk membantu mengatasi tantangan ini, IBM dan Palantir Technologies (NYSE: PLTR) mengumumkan kemitraan baru yang terdiri dari platform data hybrid cloud IBM yang dirancang untuk menghadirkan AI bagi kepentingan bisnis, dengan platform operasi Palantir generasi terkini untuk membangun aplikasi.

Produk ini diharapkan dapat menyederhanakan cara perusahaan-perusahaan bisnis dalam membangun dan menyebarkan aplikasi yang mengandung AI dengan IBM Watson dan membantu penggunanya dalam mengakses, menganalisis, dan mengambil tindakan pada sejumlah besar data yang tersebar di lingkungan hybrid cloud – tanpa memerlukan keterampilan teknis yang mendalam.

Produk baru, Palantir untuk IBM Cloud Pak for Data, direncanakan akan tersedia untuk umum di bulan Maret 2021 mendatang.

Sebagai bagian dari informasi ini, Palantir kini menerapkan Red Hat OpenShift, memungkinkannya untuk dapat dijalankan di mana saja di hybrid cloud.

Produk tersebut akan memanfaatkan Palantir Foundry dan akan berintegrasi dengan layanan IBM Cloud Pak for Data, seperti Watson, dengan menyediakan arsitektur informasi yang mencakup data dan AI dengan tata kelola bawaan.

Produk ini dirancang untuk menyediakan lingkungan “tanpa kode/berkode rendah” yang mudah digunakan untuk membangun aplikasi yang menggunakan AI untuk menginformasikan pengambilan keputusan berdasarkan data dan mengotomatisasi tugas dan proses.

Dibuat di Red Hat OpenShift, Palantir untuk IBM Cloud Pak for Data dimaksudkan untuk membantu pelaku bisnis mengurangi silo data, mengintegrasikan sumber data di seluruh lingkungan hybrid cloud, dan mengatur data di sepanjang umur siklus AI.

Produk ini dirancang untuk membantu penggunanya agar dapat dengan aman membangun dan menerapkan aplikasi AI dengan data tersebut secara cepat, untuk segera melengkapi dan memperluas sistem perusahaan yang ada serta mempercepat transformasi digital mereka.

Selain menyediakan teknologi yang dibutuhkan klien, IBM dan Palantir bersama-sama memiliki perpaduan keahlian dan keterampilan ilmu data untuk membantu pelaku bisnis meningkatkan AI. Dengan bekerja bersama IBM Data Science dan AI Elite Team, organisasi-organisasi di seluruh industri dapat menangani kasus-kasus penggunaan ilmu data dan mengatasi tantangan dalam menerapkan AI.

“Fiserv beroperasi di lingkungan global yang semakin kompleks – dengan mendukung lembaga keuangan dan pelaku bisnis di dunia yang tidak pernah melambat ini. Tujuan kami adalah memampukan para klien kami untuk memanfaatkan data secara aman dan menciptakan kecerdasan melalui model canggih dan pengambilan keputusan otomatis berkat keunggulan kompetitif melalui kemampuan kami,” tutur Guy Chiarello, CAO dan Kepala Teknologi dan Inovasi di Fiserv.

Ia menambahkan, “Kemitraan antara dua pemimpin teknologi dunia ini akan membantu perusahaan-perusahaan di industri layanan keuangan menyediakan data bisnis siap pakai dan meningkatkan AI dengan percaya diri.”

Penawaran ini direncanakan untuk para pelaku bisnis dalam industri yang mengelola data dalam jumlah besar di mana aplikasi yang mengandung AI dapat mendorong keputusan bisnis yang lebih tepat dan mengotomatisasi hasil-hasilnya. Industri tersebut mencakup bisnis retail, layanan keuangan, manufaktur, perawatan kesehatan, dan telekomunikasi. Contohnya:

– Retail: Perusahaan retail seringkali menghadapi tantangan rumit dalam mengirimkan barang di waktu, tempat, dan dengan cara yang diinginkan pelanggan saat menghadapi fluktuasi pasokan dan permintaan. Palantir untuk IBM Cloud Pak for Data sedang dirancang untuk memberi perusahaan retail peningkatan tingkat visibilitas dan transparansi dengan mengintegrasikan data di seluruh silo operasional mereka dan menggunakan data tersebut untuk membangun model dan aplikasi AI baru dengan cepat. Ini dapat membantu perusahaan retail untuk melakukan simulasi dan memprediksi perilaku pelanggan dan terus memantau kesehatan rantai pasokan mereka untuk secara proaktif mengatasi masalah kritis dan beradaptasi lebih cepat terhadap perubahan dalam permintaan dan pasokan.

– Layanan Keuangan: Banyak lembaga jasa keuangan telah bertumbuh melalui merjer dan akuisisi, yang seringkali menghasilkan lingkungan dengan data dan aplikasi yang terfragmentasi. Ketika ‘mengenal pelanggan Anda’ menjadi prioritas di seluruh entitas yang telah dimerjer, memiliki tampilan klien tunggal yang lengkap dan akurat menjadi upaya pengembangan aplikasi dan integrasi data yang signifikan. Palantir untuk IBM Cloud Pak for Data direncanakan untuk membantu integrasi, pembersihan, deduplikasi, dan pemetaan data dengan cepat ke model data umum (atau “ontologi”) yang dapat segera diperluas untuk kasus-kasus penggunaan tambahan seperti layanan pelanggan, pemasaran, kepatuhan, dan manajemen krisis.

– Layanan Kesehatan: Silo data telah lama merongrong industri layanan kesehatan – dengan potensinya dalam mencegah analisis data yang dapat meningkatkan proses bisnis dan layanan kesehatan secara keseluruhan. Palantir untuk IBM Cloud Pak for Data dimaksudkan untuk membantu menyatukan data di seluruh silo dan beragam sistem, untuk menyediakan kumpulan data yang konsisten untuk dianalisis oleh penyedia layanan, peneliti, dan lembaga kesehatan untuk memberikan hasil bagi bisnis dan pasien mereka.

– Telekomunikasi: Selain manajemen rantai pasokan dan manajemen kecurangan (fraud), meningkatkan kualitas layanan dan mengoptimalkan kampanye pemasaran dan penjualan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan merupakan tujuan yang lazim. Palantir untuk IBM Cloud Pak for Data dirancang untuk membantu menggabungkan data dari para pemasok, aplikasi CRM, pesanan penjualan, dan data produksi dengan model-model untuk optimisasi kampanye, optimisasi pusat panggilan, serta prediksi/pencegahan berkurangnya pelanggan untuk memperbaiki layanan bagi mereka dan meningkatkan nilai dalam beragam tujuan bisnis.

“Klien kami menyediakan produk dan layanan seraya beroperasi di beberapa industri yang paling kompleks dan cepat berubah di dunia ini,” kata Rob Thomas, Senior Vice President, Cloud dan Platform Data, IBM. “Bersama-sama, IBM dan Palantir bertujuan untuk memberi kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk menerapkan AI dan menjadi berbasis data di seluruh operasi mereka.”

“Palantir didirikan untuk membangun perangkat lunak bagi lembaga-lembaga yang terpenting di dunia,” ujarAlex Karp, Chief Executive Officer Palantir.

“Kemitraan bersama IBM menggabungkan kekuatan kami untuk memberikan solusi bersama bagi lembaga-lembaga dan orang-orang yang paling membutuhkannya dan akan mendorong lembaga-lembaga terpenting di dunia ke dalam era digital baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami memiliki komitmen yang serupa dengan IBM untuk menerapkan AI yang bertanggung jawab dan beretika,” tutup Alex.

 

SF-Admin