Kolaborasi JSD dan Tokopedia Catat Penjualan Signifikan

Bersama Tokopedia, JSD Future Format Volume 2 dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia di tengah adaptasi kebiasaan baru sekaligus mendorong industri fesyen yang saat ini terdampak pandemi. Pemanfaatan Tokopedia Play juga menjadi salah satu langkah untuk menginspirasi lebih banyak pegiat usaha dalam mendukung kemajuan industri fesyen dan skena pop-culture di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.

Kolaborasi ke-dua antara Tokopedia dan JSD (Jakarta Sneaker Day) kembali mendapatkan antusiasme sangat tinggi dari masyarakat.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan, “Pegiat usaha yang memanfaatkan kanal daring diharapkan dapat lebih tangguh mempertahankan bisnis di tengah pandemi. JSD adalah contoh pegiat usaha yang mengakselerasi adopsi platform digital Tokopedia untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, serta berkontribusi memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi.”

Sebelumnya, JSD yang sebelumnya diselenggarakan sepenuhnya offline, mulai meng-online-kan eventnya untuk pertama kali pada 28-29 Maret 2020 silam melalui Tokopedia dan menuai kesuksesan luar biasa. Kolaborasi ke-dua ini ternyata juga menyita perhatian. Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa nilai transaksinya meningkat lebih dari 2x lipat dibandingkan dengan yang pertama kali.

Kesuksesan ini salah satunya didorong oleh pemanfaatan Tokopedia Play, kanal video streaming yang diluncurkan Tokopedia pada 2019. “Pemanfaatan Tokopedia Play bertujuan membantu pegiat usaha, seperti JSD, menjangkau masyarakat dengan cara yang lebih interaktif dan atraktif, mengingat saat ini kita di tengah era social commerce, dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil berbelanja,” jelas Nuraini.

Project Director JSD, Vito Wira Evendye, mengungkapkan, “Bersama Tokopedia, JSD Future Format Volume 2 dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia di tengah adaptasi kebiasaan baru sekaligus mendorong industri fesyen yang saat ini terdampak pandemi. Pemanfaatan Tokopedia Play juga menjadi salah satu langkah kami untuk menginspirasi lebih banyak pegiat usaha dalam mendukung kemajuan industri fesyen dan skena pop-culture di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi.”

Selain menampilkan berbagai produk fesyen dari kreator lokal dan internasional, Tokopedia Play juga telah menyajikan hiburan berupa talkshow JSD Buzz dan konser musik online yang memungkinkan masyarakat merasakan pengalaman live shopping yang menghibur.

Acara yang menjembatani kegiatan yang sebelumnya diselenggarakan offline dengan audiens lebih luas melalui kanal online tersebut telah ditonton lebih dari 200.000 kali sepanjang periode kampanye.

Pemanfaatan platform Tokopedia secara umum di sisi lain telah membantu para kreator lokal dan internasional, dalam hal ini di kampanye JSD, untuk menjangkau lebih banyak masyarakat, termasuk yang ada di NTT, Maluku dan Papua. Selain itu, produk hasil kreator lokal, seperti sepatu, tas ransel dan masker kain bermotif, menjadi yang paling populer.

“Sebagai perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia akan terus memberikan panggung seluas-luasnya untuk membantu para pegiat usaha di Indonesia bisa terus berkolaborasi dan berinovasi untuk beradaptasi di tengah pandemi,” tutup Nuraini.

SF-Admin