Kolaborasi UMKM Lokal dan Pegiat Mode dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dalam NUFF 2020

Sejalan dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia, Kementerian BUMN melalui Bank BRI selaku lembaga perbankan terbesar milik negara mempersembahkan program Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020; sebuah perhelatan mode virtual terbesar pertama di Indonesia dan berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode.

Hal ini dtujukan sebagai bentuk dukungan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang merasakan efek domino yang terjadi karena pandemi Covid-19, termasuk industri mode, sinergi semua pihak sangat dibutuhkan. Hal ini sangat berguna untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

NUFF 2020 hadir pada tanggal 1 – 31 Agustus 2020, menghadirkan karya 75 karya perancang, label dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show, lebih dari 50 pembicara dalam Fashion Talks dan produk kolaborasi spesial desainer dan brand lokal yang akan dihadirkan dalam Charity Auction.

“BRI mendukung penuh kegiatan ini, salah satu tujuannya adalah membantu UMKM berjuang ditengah pandemi Covid-19. Keterlibatan UMKM dalam kegiatan ini dengan harapan dapat menjadi sarana promosi sekaligus membantu penjualan produk lokal buatan Indonesia,” ungkap Handayani, Direktur Konsumer Bank BRI.

Handayani menambahkan bahwa salah satu sektor industri padat karya dengan ekosistem luas yang terkena dampak pandemi adalah mode. UMKM mode saat ini telah bertransformasi dan sangat beragam mulai dari pengrajin kain tradisional sampai dengan label lokal modern. “Kondisi saat ini menuntut adanya inovasi-inovasi untuk membantu industri mode terus bertahan,” jelasnya.

Menggandeng lebih dari 300 kolaborator dan mengusung konsep virtual, festival ini menghadirkan pengalaman mode yang dikemas secara digital bagi pecinta mode. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik untuk pengalaman menyaksikan kreasi mode yang tak terlupakan. Selama penyelenggaraan acara NUFF 2020 juga berbagi edukasi dan berdiskusi terkait industri mode bersama tokoh – tokoh ternama.

Gelaran NUFF 2020 bertujuan untuk memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode serta kualitas produk UMKM Indonesia. Selain itu juga sebagai bukti bahwa ekosistem digital dapat menjadi media untuk berkolaborasi dan mempresentasikan karya mode.

“NUFF 2020 sebagai festival mode virtual terbesar pertama Indonesia akan mempersembahkan inovasi digital terbaru. Kami menghadirkan konsep ekosistem online yang terintegrasi, mulai dari live streaming sampai e-commerce, yang dapat dimanfaatkan sebagai platform bagi UMKM serta pelaku industri mode untuk bertemu, berkolaborasi, dan bertumbuh,” ungkap Ben Soebiakto, CEO Samara Media & Entertainment.

“Kami ingin festival mode virtual ini dapat memberikan inspirasi kepada pegiat industri mode dan menyambut ide-ide kreatif yang dapat memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Untuk itu berbagai persiapan telah kami lakukan dengan menampilkan program inspiratif, profil, dan produk yang menjadi Bangga Buatan Indonesia,” lanjut Ben.

Leonard Theosabrata, Direktur SMESCO Indonesia (Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM) menambahkan “Industri mode memiliki rantai ekosistem yang sangat luas. Menghadapi masa pandemi saat ini UMKM dihadapkan dengan tekanan yang besar. Hadirnya NUFF 2020 dapat menjadi angin segar bagi pelaku UMKM yang saat ini membutuhkan dukungan untuk memperlihatkan eksistensi diri dan juga mempresentasikan karyanya.”

Ia menambahkan, “Untuk mendorong kebangkitan ekonomi dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, tidak hanya pemerintah namun juga masyarakat berkontribusi dalam gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan menggunakan produk dalam negeri.”

Bersamaan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia, NUFF 2020 akan diadakan selama bulan Agustus. Menghadirkan beberapa kegiatan, mulai dari Fashion Talks bersama ikon mode, pemerintah, pelaku bisnis, komunitas, dan figur publik untuk berbagai perspektif dan kisah inspiratif terkait mode pada 1 – 30 Agustus 2020.

Pengalaman Virtual Fashion Show menyaksikan karya 75 maestro dan label mode tanah air secara virtual. Panggung mode virtual ini akan berlangsung selama dua hari menghadirkan karya mode anak bangsa dan didukung oleh Wardah sebagai official make-up partner.

Mengusung konsep virtual fashion show yang bekerja sama dengan Jay Subiyakto (creative director) dan Anton Wirjono (music director), festival ini menghadirkan pengalaman panggung mode digital yang interaktif. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik.

Virtual Fashion Show dan Virtual Gala Show pada 16 dan 17 Agustus 2020 akan mempresentasikan karya dari 75 desainer dan label mode dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke-75. NUFF 2020 juga akan menggelar Charity Auction sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku industri mode yang terkena dampak dari pandemi.

Program ini akan melelang produk mode hasil kolaborasi spesial antara seniman dan label lokal. Hasil lelang akan diberikan bagi sektor industri mode Indonesia yang membutuhkan. Berbagai produk UMKM terbaik yang terlibat dalam rangkaian NUFF 2020 juga akan bisa didapatkan di Tokopedia dan Bukalapak sebagai official e-commerce partner NUFF 2020.

“Suatu kebanggaan bagi BRI dapat menghadirkan NUFF 2020 sebagai ruang bagi pelaku industri mode dan kreatif serta UMKM untuk memperlihatkan kualitasnya. Kami harap program ini dapat menjadi langkah awal yang positif bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menciptakan peluang dan optimis dalam berkarya serta untuk mempersuasi masyarakat untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” tutup Handayani.

 

SF-Admin