Komitmen Bank DBS Indonesia Dukung Wirausaha Sosial Hadapi Pandemi COVID-19

Bank DBS Indonesia terus berupaya untuk menjaga dan memajukan industri wirausaha sosial di Indonesia di tengah pandemi Covid-19 melalui BTI Grant DBS Foundation. Menyadari peran penting wirausaha sosial (social enterprises/SE) dalam menciptakan dampak positif, baik dengan mempekerjakan anggota masyarakat kurang beruntung maupun dalam mengatasi permasalahan di masyarakat, DBS mengambil langkah proaktif untuk meningkatkan dukungan kepada sektor ini.

Dukungan ini termasuk menyediakan akses memperoleh dana hibah, meningkatkan mentoring atau pelatihan untuk membantu pengembangan bisnis seperti pelatihan transformasi digital serta panduan pengembangan sumber daya bisnis untuk wirausaha sosial.

Selain itu, Bank DBS Indonesia mendukung wirausaha sosial melalui program khusus ‘Dana Peningkatan dan Transformasi Bisnis’ (Business Transformation and Improvement/BTI Grant).

“Kami menyadari wirausaha sosial di Indonesia banyak yang terdampak akibat pandemi Covid-19 sehingga sulit untuk menjalankan bisnis dan misi sosial mereka. Menjadi bank yang digerakkan oleh tujuan berkesinambungan, kami terus berinovasi untuk menjadi bank yang mengedepankan ekonomi, sosial serta lingkungan yang berkelanjutan. Kami berharap berbagai inisiatif yang kami lakukan dapat menginspirasi berbagai pihak untuk mengembangkan wirausaha sosial yang sekaligus memberi dampak sosial termasuk lingkungan,” kata Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, Paulus Sutisna.

Komitmen DBS Foundation untuk berjuang bersama wirausaha sosial dilakukan melalui akses pendanaan melalui program dana hibah khusus senilai total SGD500.000 kepada pelaku wirausaha sosial yang mampu melakukan pengembangan dan transformasi bisnis di kawasan Asia Tenggara yang bernama program BTI Grant DBS Foundation.

Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan pendanaan kepada wirausaha sosial sehingga mereka dapat mempertahankan dan menciptakan lapangan pekerjaan serta bertransformasi secara digital dalam mencari sumber pendapatan baru untuk mengubah operasional bisnis mereka, yang pada akhirnya memberdayakan mereka untuk terus melayani para penerima manfaat dan masyarakat luas.

“Kami percaya bahwa wirausaha sosial merupakan masa depan bisnis. Oleh karena itu, DBS Foundation fokus dalam mendukung serta mengembangkan wirausaha sosial melalui berbagai program edukasi, pelatihan bisnis, pendampingan hingga pendayagunaan wirausaha sosial di Indonesia,” jelas Head of Group Strategic Marketing & Communications, PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika.

Program pembiayaan ini terbuka untuk 60 wirausaha sosial, yang didukung oleh DBS Foundation, di seluruh Asia, dan merupakan tambahan dana di luar dana hibah tahunan wirausaha sosial (Social Enterprise Grant/SE Grant). DBS Foundation telah membagikan lebih dari SGD5 juta bagi lebih dari 100 wirausaha sosial dalam lima tahun terakhir.

“Tidak hanya memberikan dana hibah, Bank DBS membantu kami dengan jaringan dan keahlian mereka untuk mendukung kami menciptakan sistem dalam bisnis melalui bimbingan dan banyak program hebat yang dapat kami hadiri untuk meningkatkan kapasitas kami, sebagai organisasi dan individu,” ujar Co-founder Mycotech, Ronaldiaz Hartantyo.

Selain pendanaan, wirausaha sosial juga berkesempatan untuk mengikuti program lainnya dari DBS Foundation diantaranya adalah akses untuk mengikuti webinar gratis yang diselenggarakan bersama atas hasil kerja sama platform usaha sosial Indonesia (PLUS) dengan mengundang para pakar dalam bidang bisnis sosial.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi serta meningkatkan keterampilan para wirausaha sosial dalam tajuk “Social Enterprise Meet Up Online”. Selain itu DBS juga berkomitmen untuk memberikan pendampingan dan pelatihan intensif (skill-based volunteering) kepada wirausaha sosial melalui program mentoring bersama karyawan senior DBS yang ahli dibidangnya.

Program ini merupakan komitmen Bank DBS untuk memberikan dukungan kepada wirausaha sosial terutama di tengah pandemi yang terjadi, yang akan berlangsung selama lima bulan. Sejak 2015 hingga saat ini sudah lebih dari 600 Wirausaha Sosial di Indonesia yang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh DBS Foundation.

 

SF-Admin