Komitmen Pegipegi dalam Menggarap Pasar Milenial

Lahir di era ‘melek teknologi’ membuat generasi milenial terbiasa hidup serba mudah. Selain itu, generasi ini juga senang melakukan traveling dan selalu memanfaatkan teknologi untuk  merencanakan perjalanan.

Praktis dan simpel menjadi alasan utama para millennial traveler ini memilih menggunakan digital platform seperti Pegipegi untuk memenuhi kebutuhan pemesanan tiket pesawat, hotel, kereta, dan segala kebutuhan traveling lainnya.

Pendapat ini semakin diperkuat dengan hasil riset IDN Research Institute bersama Alvara Research Center di awal tahun 2019, yang menyatakan bahwa kelompok milenial Indonesia merupakan digital natives karena 98,2% telah memakai smartphone untuk mengakses internet. Mereka memiliki intensitas penggunaan smartphone yang tinggi hingga 6 jam per hari untuk menjalankan aktivitas chatting atau messaging, jejaring sosial, hingga pembelian layanan jasa dan barang secara online.

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, pengguna aplikasi Pegipegi juga terus bertambah. Menilik data internal, pada semester pertama 2019 ini, pengguna Pegipegi meningkat hingga 3 (tiga) kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Temuan lainnya, yaitu sekitar 40—50% pengguna aplikasi Pegipegi merupakan generasi milenial.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Pegipegi sebagai Online Travel Agent (OTA) yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta dalam satu platform berkomitmen untuk membidik pasar milenial pada kuartal III dan IV tahun 2019 ini.

Strategi yang dihadirkan antara lain harga yang kompetitif sekaligus fitur yang semakin memanjakan pelanggan, seperti;

Fitur PayLater yang merupakan fitur metode pembayaran dengan menyediakan program cicilan hingga 12 bulan.
Fitur Travel Insurance yang merupakan fitur yangbberikan perlindungan maksimal dengan proses klaim yang mudah untuk keterlambatan hingga kecelakaan diri.
Fitur Online Refund yang merupakan fitur proses pengembalian dana.
Fitur Online Check-In yang merupakan fitur untuk kemudahan bagi pelanggan untuk menghindari keterlambatan saat check-in di bandara.

Serlina Wijaya selaku Chief Marketing Officer Pegipegi mengatakan, “Sebagai salah satu online travel agent terdepan di Indonesia, Pegipegi berkomitmen targetkan pasar milenial. Generasi milenial dikenal sebagai generasi penyuka hal yang praktis dan serba cepat. Maka dari itu, kami terus berinovasi memberikan produk dan layanan yang benar-benar memahami kebutuhan milenial dengan fitur yang memanjakan, mulai dari saat proses pemesanan hingga selesai.”

“Di samping itu, penting sekali untuk memahami intensi atau perilaku generasi milenial saat traveling. Kami membaginya menjadi dua, yakni mereka yang suka traveling demi mencari konten foto yang indah (Instagrammable) dan mereka yang suka traveling demi mencari pengalaman baru. Maka dari itu, kami terus memberikan inspirasi perjalanan dengan beragam konten yang menarik di media sosial maupun blog kami,” tutup Serlina.

SF-Admin