Langkah Tepat Rawat Berbagai Jenis Luka Akut Bersama Hansaplast

Selama ini masih banyak yang kurang mengetahui pentingnya pertolongan pertama dan perawatan luka, terutama untuk luka akut ukuran besar. Meskipun saat ini kita semua dianjurkan untuk tetap berada di rumah, hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya luka. Dan kini, Hansaplast mengajak keluarga Indonesia untuk menjadi Keluarga Hansaplast, yang selalu siaga dan siap sedia merawat berbagai macam luka akut dengan tepat. Keluarga Hansaplast yang siaga selalu siap sedia kotak Pertolongan Pertama guna bisa segera menangani luka akut dengan tepat saat diperlukan.

Dalam rangka Hari Pertolongan Pertama Sedunia yang diperingati pada tanggal 12 September 2020, Hansaplast mengadakan rangkaian kegiatan edukasi seputar pentingnya pertolongan pertama berbagai jenis luka akut dengan tepat, dampak jika luka tidak dirawat dengan tepat, dan perawatan luka akut dengan tepat.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan tersebut, pada hari ini Hansaplast mengadakan acara virtual bertema “Pertolongan Pertama dan Perawatan Luka Akut Kecil dan Besar dari Hansaplast” yang membahas mengenai pentingnya pengetahuan seputar Pertolongan Pertama, pentingnya sedia rangkaian produk Pertolongan Pertama yang tepat di rumah, serta langkah-langkah yang tepat untuk merawat berbagai jenis luka akut.

Dalam acara tersebut juga Hansaplast meluncurkan produk terbarunya yaitu rangkaian produk Hansaplast untuk luka akut berukuran besar yang terdiri dari Plester Aqua Protect XL & XXL, Plester Sensitive XL & XXL, Kasa Steril, Kasa Rol, dan Cohesive Rol.

Ada pun acara virtual tersebut dihadiri oleh Christopher Vierhaus, Marketing Director Hansaplast; Dr. Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician; dan Putri Titian, Ibu dari Theodore Iori Liem (3 tahun) dan Mykah Iago Liem (1 tahun).

Dalam kata sambutannya, Christopher Vierhaus, Marketing Director Hansaplast mengatakan, “Hansaplast, ingin kembali mengingatkan masyarakat Indonesia untuk selalu menjadi Keluarga Siaga. Melalui peluncuran produk baru ini, Hansaplast mengedukasi tentang luka akut ukuran besar dan mengajak masyarakat Indonesia untuk selalu siaga untuk memberi pertolongan pertama dan perawatan berbagai jenis luka akut. Pertolongan pertama dan perawatan yang tepat sangat penting agar dapat mencegah resiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan luka akut.”

Dalam acara virtual “Keluarga Hansaplast, Merawat Luka Akut Besar dengan Tepat”, dr. Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician menjelaskan mengenai berbagai macam luka akut, ukuran kecil dan besar, dan cara merawatnya dengan tepat.

“Berdasarkan onset terjadinya luka, kita dapat menggolongkan luka menjadi luka akut dan luka kronis. Luka akut adalah jenis luka yang sering kita jumpai sehari-hari dan biasanya terjadi pada individu yang sehat. Luka kronis adalah luka yang terjadi pada individu yang sudah memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, gangguan aliran darah, atau pada individu yang harus terbaring untuk jangka waktu yang lama karena penyakit,” ujar dr. Adisaputra Ramadhinara.

Ia menambahkan, “Sebagian besar luka akut yang sering kita jumpai sehari-hari seperti luka bakar, luka akibat terjatuh atau tersayat umumnya bisa dirawat sendiri di rumah. Akan tetapi, luka akut yang lebih serius seperti luka bakar derajat 3, luka bakar yang berukuran lebih luas dari satu telapak tangan, atau luka bakar yang mengenai wajah dan persendian harus segera mendapatkan pertolongan di rumah sakit. Sementara untuk luka kronis, sangat disarankan untuk segera diperiksakan di rumah sakit karena penanganan luka kronis itu membutuhkan perhatian khusus yang hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis profesional.”

“Langkah pertama untuk merawat luka akut di rumah adalah membersihkan luka dengan cairan antiseptik yang aman untuk jaringan luka. Gunakan Hansaplast Spray Antiseptik karena selain aman untuk proses penyembuhan luka, kandungan PHMB-nya juga efektif dan nyaman untuk digunakan karena tidak menyebabkan rasa perih, tidak berwarna, dan tidak berbau. Jangan lupa untuk selalu menutup luka setelah dibersihkan menggunakan plester yang sesuai dengan ukuran luka. Untuk luka yang berukuran besar, tentu perlu menggunakan plester ukuran besar agar dapat menutup luka dengan lebih baik dan mencegah resiko infeksi dari paparan kotoran dan bakteri,” lanjutnya.

Apabila jaringan luka cenderung kering, aplikasikan Hansaplast Salep Luka sebelum luka ditutup dengan plester untuk menjaga kelembaban di jaringan luka. Untuk luka akut yang lebih serius dan luka kronis, disarankan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit. Namun, penanganan luka tetap dapat dilakukan terlebih dahulu dengan membersihkan luka menggunakan Hansaplast Spray Antiseptik dan menutup luka dengan plester sebelum pasien dibawa ke rumah sakit,” papar dr. Adisaputra Ramadhinara.

Untuk merawat luka akut dengan tepat dan tanpa perih, Hansaplast telah menyediakan rangkaian produk perawatan luka yang terdiri dari Hansaplast Spray Antiseptik, Hansaplast Plester dan Hansaplast Salep Luka. Saat terjadi luka, gunakan Hansaplast Spray Antiseptik untuk membersihkan luka.

Hansaplast Spray Antiseptik adalah cairan pembersih luka yang mengandung Polyhexanide (PHMB), yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak terasa perih saat digunakan untuk membersihkan luka. Setelah luka dibersihkan, tutup luka menggunakan Hansaplast Plester agar luka terlindungi dari kotoran dan kondisi luka tetap lembab.

Tidak hanya memiliki produk untuk luka akut ukuran kecil, Hansaplast kini telah meluncurkan rangkaian produk baru untuk luka akut berukuran besar yang sangat penting untuk melindungi luka berukuran besar dari resiko infeksi kotoran dan bakteri. Setelahnya, jika luka mulai mengering, oleskan Hansaplast Salep Luka untuk menjaga kelembaban luka, karena luka akan lebih cepat sembuh dalam kondisi lembab dan jika dirawat dengan tepat.

“Sebagai seorang ibu, aku mau anak-anak bebas bermain dan ekplorasi dunia sekitar mereka, tapi aku gak tega kalau harus melihat mereka luka dan nangis pas lukanya dibersihkan. Iago kan sekarang lagi belajar jalan dan terkadang suka jatuh juga, dan kalau Iori lagi suka banget naik sepeda dan belum lama ini sempat jatuh dan lututnya terluka. Selama ini sih aku selalu bilang ke anak-anak untuk tahan aja, kan mereka cowok dan harus kuat,” ujar Putri Titian, Mom Influencer, ibu dari Theodore Iori Liem (3 tahun) dan Mykah Iago Liem (1 tahun).

Putri menambahkan, “Tapi, aku bersyukur sih menjadi ibu di masa sekarang ini di mana sudah banyak inovasi baru, termasuk inovasi produk perawatan luka dari Hansaplast. Sekarang sudah ada rangkaian produk perawatan luka dari Hansaplast yang #GakPakePerih saat digunakan. Aku jadi bisa bersihkan luka pakai Hansaplast Spray Antiseptik lalu menutup luka pakai plester Hansaplast. Awalnya sih memang belum yakin karena dari dulu diajarin pakai iodin.”

“Namun, setelah aku coba, ternyata sangat nyaman efektif. Aku juga suka pakaikan Hansaplast Salep Luka kalau lukanya mulai kering dan gatal. Karena sangat nyaman dan #GakPakePerih saat digunakan pada luka, anak-anak jadi gak takut lagi kalau lukanya mau dibersihkan. Selain itu, Hansaplast juga sudah ada rangkaian produk untuk luka besar, yang selama ini agak sulit dicari. Pas banget kalau Iori lututnya luka dilindungi dengan produk baru dari Hansaplast,” papar Putri Titian.

Peluncuran inovasi rangkaian produk baru untuk luka akut ukuran besar ini merupakan bentuk komitmen Hansaplast untuk menjadi Merek Pertolongan Pertama No. 1 di Indonesia. Dengan rangkaian produk terbaru yang terdiri dari Plester Aqua Protect XL & XXL, Plester Sensitive XL & XXL, Kasa Steril, Kasa Rol, dan Cohesive Rol, Hansaplast memperluas rangkaian produknya dari produk untuk perawatan luka akut berukuran kecil hingga yang berukuran besar.

Kini, Hansaplast telah menyediakan produk untuk luka akut dengan ukuran yang beragam, tidak hanya menyediakan produk untuk luka akut ukuran kecil, Hansaplast juga memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan pertolongan pertama dan perawatan luka akut ukuran besar.

Menurut dr. Adisaputra Ramadhinara, “Rangkaian produk Hansaplast untuk luka akut berukuran besar memiliki standar medis yang baik dan bisa digunakan oleh siapa saja di rumah. Rangkaian produk ini sangat memudahkan kita untuk merawat sendiri luka-luka akut yang tidak perlu perawatan khusus di rumah sakit, terutama untuk luka berukuran cukup besar dan tidak dapat ditutup dengan baik menggunakan plester berukuran standar. Sangat penting untuk menggunakan plester dengan standar medis yang baik guna mencegah bakteri masuk ke dalam luka dan untuk menjaga agar kelembaban di jaringan luka tetap optimal agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan baik.”

“Dengan diluncurkannya rangkaian produk terbaru dari Hansaplast, kini semua orang bisa merawat luka akut sendiri di rumah dan menyesuaikan ukuran plester untuk menutup luka dengan ukuran luka yang dialami. Sekarang sudah tidak ada alasan untuk tidak menutup luka karena dengan menutup luka, sudah terbukti bahwa proses penyembuhan akan berjalan jauh lebih cepat,” jelas dr. Adisaputra Ramadhinara.

Christopher menambahkan, “Kini dengan peluncuran rangkaian produk baru untuk luka akut ukuran besar, Hansaplast memiliki produk tepat untuk berbagai situasi Pertolongan Pertama baik untuk luka akut berukuran kecil, maupun untuk luka akut ukuran besar.”

“Tentu saja diiringi dengan penggunaan Hansaplast Spray Antiseptik sebagai perawatan luka tanpa rasa perih, dan Hansaplast Salep Luka untuk mempercepat proses penyembuhan. Produk-produk ini sudah dapat Anda temukan di gerai-gerai terkemuka di sekitar Anda. Mari kita selalu siaga dalam situasi Pertolongan Pertama dan siap merawat luka akut, baik ukuran kecil maupun ukuran besar, dengan tepat,” tutupnya.

 

SF-Admin