Lewat ACT, Grundfos Foundation Salurkan Donasi untuk Tenaga Kesehatan Indonesia

Perwakilan Grundfos Indonesia dan RSUD Tarakan saat prosesi penyerahan donasi.

Wabah COVID-19 menyebabkan krisis kemanusiaan secara global. Sudah semestinya kami turut merasa bertanggung jawab terhadap keselamatan dan keamanan para pekerja garis terdepan, yang senantiasa menghadapi situasi ini untuk melindungi seluruh lapisan masyarakat.

Melihat semakin tingginya kasus COVID-19 Indonesia, kepedulian terhadap keselamatan dan keamanan para tenaga kesehatan menjadi hal utama. Ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) merupakan salah satu aspek terpenting untuk mendukung mereka yang berada di garis terdepan melawan pandemi ini.

Grundfos Foundation, melalui pendanaan komunitasnya menyalurkan bantuan ke sebuah Lembaga Kemanusiaan lokal bernama Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan menyediakan perlengkapan APD ke dua Rumah Sakit Rujukan COVID-19 di Jakarta.

Donasi tersebut menyediakan pakaian-pakaian hazmat berkualitas tinggi, pelindung wajah (face shield), dan masker medis sekali pakai. Bantuan APD ini didistribusikan ke dua Rumah Sakit Rujukan, yakni RS Persahabatan dan RS Tarakan di Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.

“Grundfos Foundation akan bekerjasama dengan tim Grundfos Indonesia dan ACT untuk melaksanakan pendistribusian bantuan APD tersebut di Jakarta,” kata Kim Nøhr Skibsted, Executive Director, Grundfos Foundation.

Beberapa perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI, Grundfos Indonesia, dan ACT terlibat dalam kegiatan pendistribusian paket APD ini, sekaligus memastikan penerapan protokol kesehatan dan social distancing.

“Kami mengerti bahwa para tenaga kesehatanlah yang setiap hari mempertaruhkan nyawa demi merawat pasien dan kami ingin membantu serta menjaga mereka agar tetap aman. Di Grundfos Indonesia, kami menyadari betapa pentingnya kolaborasi untuk bisa bersama-sama melewati masa sulit ini. Kami berharap donasi dari Grundfos Foundation, kerjasama dengan ACT, dan keterlibatan Kementerian Kesehatan serta karyawan-karyawan kami dapat membantu menjaga keamanan para tenaga kesehatan di garis terdepan,” ungkap Radinal Rachman Latuconsina, General Manager, Grundfos Indonesia.

“Peralatan medis yang memadai dibutuhkan untuk melindungi para tenaga kesehatan yang memiliki risiko paling tinggi terpapar COVID-19. APD yang memenuhi syarat dapat membantu menghindari penularan antar manusia dan mengurangi infeksi sekunder akibat kontak dekat dengan tenaga kesehatan, dan dengan demikian membantu mencegah penyebaran lebih lanjut. Kami berterima kasih kepada Grundfos Foundation yang telah mendonasikan perlengkapan APD ini,” kata Ibnu Hajar, Presiden Aksi Cepat Tanggap.

SF-Admin