Starbucks® Coffeemezation tahun ini hadirkan konsep berbeda yang mengajak pelanggan untuk wujudkan minuman impiannya

Tahun lalu Starbucks® memperkenalkan kampanyenya yang mengangkat personalisasi minuman para pelanggan, Coffeemezation, dan mendapatkan sambutan positif khususnya dari generasi millennial dan Gen-Z.

Tahun ini, Coffeemezation kembali hadir dengan konsep yang sedikit berbeda dan mengajak pelanggan untuk mewujudkan minuman impiannya, juga memenangkan sejumlah hadiah menarik di akhir kampanye.

Tahun Kedua Coffeemezation di Indonesia

“Ini adalah tahun kedua Coffeemezation diadakan kembali di Indonesia dengan sedikit twist yang membuat kampanye semakin menarik dari tahun sebelumnya.

Jika tahun lalu kami memperkenalkan konsep personalisasi minuman melalui kampanye, tahun ini dengan tema ‘Make Your Drinks Come True’ kami mengajak pelanggan untuk menuangkan ide-ide kreatifnya dalam mewujudkan minuman impian, sekaligus memenangkan beberapa hadiah menarik,” ungkap Liryawati, Chief Marketing Officer untuk PT Sari Coffee Indonesia pemegang merek Starbucks® di Indonesia.

Craft sebagai salah satu brand pillar Starbucks® sangat kami tekankan dalam kampanye ini karena bukan hanya kami ingin mengajak pelanggan untuk berpikir kreatif dan mewujudkan minuman impian mereka yang bisa dinikmati di seluruh gerai di Indonesia, tetapi juga menunjukkan keahlian para barista kami untuk menterjemahkan ide-ide para pelanggan tersebut,” tambahnya.

Menu customization untuk minuman di Starbucks® sendiri sebenarnya sudah menjadi perbincangan sejak awal tahun 200oan dan makin berkembang lewat hashtag #StarbucksSecretMenu atau #StarbucksSecretRecipe di social media.

Pelanggan ataupun barista bisa berkreasi dengan menambahkan sirup, saus karamel, shot kopi, pilihan less sweet, mengganti jenis susu ke susu nabati, non-fat, hingga opsi kopi decaf. “Kebebasan untuk mengkreasikan minuman sesuai keinginanmembuat kampanye ini jadi lebih personal, khususnya bagi Gen-Z,” tambah Lirya.

Ajak Pelanggan untuk Berkreasi dan Berkesempatan Memenangkan Hadiah

Penyelenggaraan kampanye Coffeemezation tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Kampanye dimulai dari 24 April dengan mengajak pelanggan untuk membagikan ide-ide kreatifnya akan minuman Starbucks® impian mereka di website https://www.Starbucks.co.id/coffeemezation.

Tahap ini berlangsung hingga 14 Mei dan tim telah memilih 4 finalis dengan ide minuman yang sangat menarik: Iced Salted Caramel Green Tea Latte dari Suci Rahmadhani, Sweet Brown Sugar & Vanilla Macchiato dari Fiqi Hermaarif, Iced Tiramisu Latte dari Rayi Cita dan White & Dark Royal Cream Frappuccino® dari Mirna Morina.

“Dari tanggal 24 April hingga 14 Mei, ada lebih dari 11ribu submission terkumpul dengan berbagai idenya yang luar biasa hingga akhirnya kami bisa memilih empat finalis. Sesuai dengan tema tahun ini, ‘Make Your Drinks Come True’, Starbucks® pun akan mewujudkan mimpi finalis dengan menampilkan empat minuman kreasi mereka untuk dapat dinikmati di seluruh gerai Starbucks® di Indonesia mulai dari tanggal 12 Juni hingga 9 Juli 2023,” jelas Astrid Tanggara, Senior General Manager, Portfolio Marketing & Communication untuk PT Sari Coffee Indonesia.

Di akhir periode, tepatnya tanggal 12 Juli 2023, finalis yang memiliki minuman dengan performa penjualan terbaik akan memenangkan hadiah menarik, mulai dari satu unit Vespa, logam mulia, iPhone hingga MAP Gift Voucher.

Tak hanya itu, bagi pelanggan yang belum berkesempatan menjadi finalis masih berkesempatan mendapatkan hadiah total jutaan rupiah dengan cara membeli salah satu minuman dari 4 finalis lalu membuat konten mengenai minuman Coffeemezation 2023 untuk menunjukan dukungannya di social media.

SF-Admin