Mahasiswa Unika Atma Jaya Kembangkan Search and Rescue Hybrid Robot

Begitu banyak bencana yang terjadi di Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 2.564 kejadian bencana alam di Indonesia sepanjang tahun  2018. Badai, tanah longsor, gempa bumi dan serangan teror kerap meninggalkan kerusakan yang meluas, mulai dari kerusakan pada lingkungan hidup hingga menimbulkan korban jiwa.

Para korban tersebut  seringkali sangat sulit dijangkau oleh tim pencari dan penyelamat karena lokasinya. Selain itu, informasi mengenai medan yang ditempuh juga mempengaruhi jalannya misi pencarian. Seringkali minimnya kendaraan bantu dalam kegiatan pencarian menjadi keterbatasan dalam melakukan misi penyelamatan.

Berkaitan dengan masalah ini sekelompok mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin Unika Atma Jaya, yaitu Yosua Kurniawan, selaku Ketua Tim, Ferdinand Edlim, selaku Anggota 1, Febrian Andika, Anggota 2, dan Christiand, S.T., M.Eng, selaku Dosen Pembimbing Prodi Teknik Mesin Unika Atma Jaya, yang mengembangkan Search and Rescue Hybrid Robot (SRHR).

SRHR tersebut dilengkapi dengan mekanisme gerak hybrid berupa roda dan kaki bermiripan dengan hewan laba-laba. Robot dengan mekanisme gerak hybrid ini berguna untuk membantu kegiatan pencarian dan penyelamatan korban bencana.  Robot dengan mekanisme tersebut juga dimungkinkan untuk digunakan dalam lingkungan industri maupun lingkungan alam seperti gua, tanah, dan jalan berbatu.

Yosua juga memaparkan bahwa selama ini mereka hanya mengandalkan teknologi 3D printing sehingga masih banyak yang harus dilakukan untuk menyempurnakannya. Robot SRHR ini baru dilakukan uji coba fungsi modul dan pergerakannya saja. Robot ini didesain sesederhana mungkin sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut oleh pengembang lain. Diharapkan nantinya robot ini akan berguna untuk membantu misi pencarian dan penyelamatan pada bencana di Indonesia.

Pembuatan prototype robot ini merupakan bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan dan di biayai oleh Dirjen Belmawa Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Hasil prototype robot ini telah ditampilkan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 di Universitas Negeri Yogyakarta 2018.

Pengembangan SRHR ini dilakukan di bawah Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Mesin, Unika Atma Jaya. SF-Admin