Proses transformasi bisnis yang dimulai HOKI, produsen beras merek ‘Topi Koki’, dengan diversifikasi produk Perseroan ke sektor FMCG (fast-moving consumer goods) melalui HDN semakin menunjukkan perkembangan yang positif dalam setahun terakhir. Penjualan Daily Meal sebagai produk FMCG Perseroan pada Semester 1 tahun ini mencapai Rp 2,2 miliar, tumbuh 5.846% dibandingkan pada semester 2 2022 yang sebesar Rp 37 juta.

Terbaru upaya HOKI untuk masuk ke bisnis consumer goods berbasis beras atau makanan sehat terlihat semakin agresif. Melalui PT Hoki Distribusi Niaga (HDN), anak usaha HOKI untuk produk-produk beras dan turunannya serta consumer goods lainnya, melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) pembentukan usaha bersama (joint venture/JV).

Bersama PT Gita, HOKI membangun pabrik beras sehat yang rencananya akan mulai beroperasi di awal 2025. Penandantanganan MoU ini masih tahap awal dan akan dilanjutkan dengan pembentukan usaha patungan secara formal.

Adi Wijaya, Direktur Utama PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) menyampaikan,”Kami melihat bahwa prospek beras sehat dengan brand ‘DailyMeal’ antara lain beras yang saat ini tersedia di dalam dua varian, nasi jagung dan nasi singkong mulai banyak diminati masyarakat.”

Untuk itu, lanjutnya, “Kami ingin menjamin serta memastikan ketersediaan dan keberlanjutan pasokan aneka beras sehat agar dapat memenuhi kebutuhan pasar dan mendukung tercapainya proyeksi pertumbuhan volume yang dicanangkan HDN ke depan. Selain itu, JV ini juga akan meningkatkan laju inovasi produk-produk beras sehat dari HDN di masa mendatang.”

DailyMeal terbagi menjadi “Daily Meal Rice” berupa beras sehat alternatif yaitu dari beras jagung dan beras singkong, dan “Daily Meal Eats” berupa beras berbumbu instan seperti nasi kebuli, nasi goreng, dan nasi uduk, serta akan meluncurkan varian baru pada semester dua tahun ini.

Beras sehat yang diproduksi HOKI yaitu beras singkong dan beras jagung memiliki serat pangan yang tinggi dengan index glikemik rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dan dapat digunakan untuk program diet. Beras singkong dan jagung ini sangat diterima baik di berbagai modern market karena sesuai dengan gaya hidup sehat masyarakat perkotaan yang semakin mementingkan kesehatan.

“Rencana pembangunan pabrik baru khusus untuk beras sehat ini nantinya juga diharapkan akan menunjang target HOKI yang akan terus tumbuh dengan ditunjang empat sektor bisnis grup HOKI, yaitu Bisnis beras Topi Koki, Bisnis FMCG Daily Meal melalui HDN, Bisnis investasi melalui PT Hoki Investasi Sejati (HIS) serta Bisnis Energi Terbarukan melalui PT Buyung Poetra Energi (BPE),” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo.

SF-Admin