markettrack.id – ManageEngine, divisi dari Zoho Corporation, meluncurkan pembaruan Generative AI (GenAI) terbesarnya pada versi cloud dari ServiceDesk Plus, platform manajemen layanan terpadu mereka, untuk mentransformasi pengalaman layanan dan meningkatkan produktivitas tim TI.

    Peluncuran ini memungkinkan fleksibilitas bagi pelanggan, karena mereka dapat memilih penyedia AI yang sesuai, seperti memanfaatkan Zia LLM secara gratis berbasis penggunaan (pay-per-use) atau memilih penyedia AI publik, termasuk ChatGPT dan Azure OpenAI.

    Pendekatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan efisiensi operasional dan biaya, serta memastikan teknologi AI terintegrasi secara mulus ke dalam ekosistem TI perusahaan.

    Pembaruan terbaru ServiceDesk Plus menghadirkan sejumlah fitur ITSM berbasis AI canggih tanpa memerlukan kompleksitas lisensi tambahan.

    Fitur unggulan adalah Ask Zia, sebuah virtual agent berbasis GenAI dengan antarmuka bergaya Large Language Model (LLM) yang juga mendukung input multimodal, seperti teks atau gambar.

    Ask Zia kini dapat memberikan jawaban instan, merangkum artikel knowledge base (KB), dan melakukan berbagai tindakan pada tiket melalui percakapan yang alami.

    Selain itu, terdapat Ask Zia Workflow Assist yang berfungsi sebagai “pakar workflow pribadi” dengan kemampuan mengubah konsep menjadi alur kerja lengkap secara otomatis, termasuk membuat visualisasi workflow dan perbaikan bagian yang

    Kemampuan GenAI lain yang ditambahkan memungkinkan pengguna untuk membuat solusi otomatis berdasarkan riwayat dan percakapan tiket, menghasilkan checklist, membuat cuplikan JavaScript untuk kustomisasi template, dan merekomendasikan solusi saat membuat atau memperbarui tiket.

    Di samping peluncuran ini, ManageEngine juga mengumumkan bahwa mereka diakui sebagai Niche Player dalam laporan 2025 Gartner® Magic Quadrant™ for Artificial Intelligence Applications in ITSM, yang mengevaluasi 10 penyedia AI di pasar ITSM.

    Pengakuan ini dinilai mencerminkan kehadiran global perusahaan dan kemampuannya dalam menyediakan solusi ITSM berbasis AI yang mudah diterapkan tanpa biaya tambahan.

    SF-Admin

    Share.
    Leave A Reply