Konsumen Matahari sedang Berbelanja di Salah Satu Gerai Matahari

Matahari (“Perseroan”) mengumumkan kinerja keuangannya untuk paruh pertama tahun 2023, menunjukkan ketahanan dan pertumbuhan di tengah tekanan inflasi dan tantangan ekonomi.

Komitmen Perseroan terhadap strategi yang berorientasi pada pelanggan dan solusi-solusi inovatif menjadi kunci dalam mencapai pertumbuhan yang positif dan mengarahkan Perseroan ke pertumbuhan yang lebih baik di masa depan.

Pada 1H23, Penjualan Kotor Matahari mencapai 7,4 triliun rupiah, dengan pertumbuhan sebesar 3,2%. Komitmen Perseroan untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan dan keberhasilan mengatasi risiko yang terkait dengan persediaan, menghasilkan Margin Kotor sebesar 35,3%, sedikit mengalami penurunan dibandingkan pada 1H22 yang tercatat sebesar 36,0%.

Transformasi produk akan semakin meningkat melihat pertumbuhan yang positif, dengan potensi signifikan di depan.

Merek-merek eksklusif Matahari sedang dalam peninjauan untuk dikembangkan lebih lanjut dalam hal jumlah produk, penguatan branding, serta perluasan cakupan produk yang mencerminkan gaya hidup modern.

Merek SUKO yang baru saja diluncurkan di 20 gerai telah menunjukkan performa awal yang kuat, sehingga manajemen memutuskan untuk membuka 12 gerai tambahan di tahun ini. Selain itu, peluncuran Anyday sebagai merek entry-level juga diharapkan dapat mengatasi tantangan inflasi dan meningkatkan daya beli pelanggan.

Selain ekspansi produk, Matahari juga menggabungkan semua kemitraan lisensi di bawah “House of Characters,” menawarkan koleksi pakaian anak-anak dan dewasa muda yang memikat.

Perseroan juga berencana untuk memperkuat konsep shop-in-shop di lebih banyak gerai dengan menggandakan konsep Denim Shop dan melihat adanya peluang besar untuk berekspansi di Kategori Kecantikan dan Kategori Pakaian Aktif melalui Nevada Sport dan Royal Sporting House, yang tengah diluncurkan ke seluruh Indonesia.

Matahari tetap berkomitmen untuk mengembangkan kanal penjualan dan menambah gerainya di seluruh Indonesia. Setidaknya minimal 12 gerai baru di lokasi-lokasi strategis telah ada dalam rencana dalam rangka melayani basis pelanggan yang lebih luas. Jumlah performa dari gerai-gerai yang baru dibuka telah melebihi target yang diharapkan.

Matahari juga berencana untuk mengembangkan gerai baru berkonsep multi-brand untuk segmen kelas menengah atas bernama MU&KU yang dijadwalkan akan diluncurkan pada awal 2024.

Selain itu, Perseroan juga aktif menjelajahi peluang di daerah-daerah tier-3 serta pasar yang sensitif terhadap harga, dengan tujuan untuk merambah segmen pasar yang menawarkan produk dengan harga lebih terjangkau kepada konsumen. Matahari akan memanjakan pelanggannya dengan tren gaya hidup terkini kepada pelanggannya.

Semua inisiatif ini, dikombinasikan dengan upaya Perseroan menghadirkan pengalaman belanja yang lebih personal dan kemampuan operasional yang semakin ditingkatkan di berbagai kanal penjualan, menghasilkan respons yang positif dari pelanggan, yang tercermin dalam Nilai NPS sebesar 74 pada bulan Juni 2023.

Saat ini, Matahari memiliki basis pelanggan mencapai 8,2 juta anggota aktif yang berkontribusi pada 78% dari total penjualan, melampaui tingkat pra-pandemi.

Terry O’Connor, CEO Matahari mengatakan, “Kami mengalami musim perdagangan Lebaran yang secara struktural lebih singkat, ditambah dengan situasi inflasi yang menantang, sehingga membawa hasil jauh di bawah ekspektasi Manajemen. Meskipun kami berhasil meningkatkan penjualan di tengah lingkungan yang sulit, kami belum merealisasikan potensi penuh kami, terutama dalam produk dan pengembangan gerai dengan lebih banyak inisiatif untuk kami eksekusi.”

Ia menambahkan, “Kami akan terus berkomitmen untuk dapat memberikan hasil yang positif untuk para pelanggan dan pemegang saham. Kami bertekad mengakselerasi implementasi langkah strategis untuk mendorong transformasi dan menjaga laju pertumbuhan.”

“Strategi rebranding, transformasi gerai, ekspansi strategis gerai dan pembaharuan produk akan mendorong terciptanya pengalaman berbelanja yang khas Matahari. Tidak hanya itu, upaya digitalisasi kami akan menawarkan pengalaman belanja yang seamless di semua touch points, baik gerai fisik maupun platform online” lanjutnya.

SF-Admin