Aprilia GP San Marino - Maverick Vinales

Maverick Vinales mengambil tempat ketiga dalam balapan Kejuaraan Dunia MotoGP di Sirkuit Misano. Maverick melesat dari grid awal bersama dengan gerombolan pembalap yang memimpin sebagian besar balapan, naik ke posisi kedua untuk beberapa putaran selama pertengahan balapan, tampil dengan potensi untuk podium kedua.

Performa yang menurun di putaran final menempatkannya di posisi ketiga tetapi dengan jarak yang baik dengan pembalap di belakangnya, ia menyelesaikan balapannya dengan finis di podium – yang ketiga dalam empat balapan terakhir – hasil yang membuktikan kemajuannya dalam mengendarai Aprilia RS-GP dan menempatkannya di urutan kedelapan dalam klasemen kejuaraan keseluruhan.

Sementara itu, Aleix Espargaró menjalani balapan secara defensif di trek yang kurang bersahabat untuknya, mengingat gaya berkendara Aleix. Setelah awal yang baik, dia bertahan dan berjuang keras untuk tidak kehilangan kontak dengan para pemimpin balapan, dengan mempertahankan posisinya. Di penghujung balapan, ia finish di urutan keenam, hanya satu posisi di belakang pembalap Fabio Quartararo, mengurangi dampak dalam hal poin dibandingkan dengan pemimpin kejuaraan balap saat ini.

Aleix Espargaró, pebalap Tim Aprilia mengatakan, “Saya puas dengan hasilnya walaupun saya tidak bisa menjadi sangat cepat sepanjang balap akhir pekan ini. Bahkan dibandingkan dengan Maverick, saya tidak memiliki kecepatan yang sama di trek ini. Saya katakan di awal musim bahwa GP Austria dan GP Misano akan menjadi balapan yang rumit bagi saya.”

Di penghujung balapan, lanjut Aleix, “Saya berhasil melewatinya, mempertahankan jarak yang sama dengan yang saya miliki atas Fabio (Quartararo) sebelum GP Assen. Memulai lebih jauh di depan mungkin akan memberi kami kesempatan untuk melakukan yang lebih baik, tetapi di bagian awal balapan saya masih berhasil melakukan beberapa catatan waktu balap (lap time) yang bagus. Akan ada balap akhir pekan yang lebih menguntungkan di depan dan di situlah gelar kejuaraan akan diputuskan.”

Rekan Aleix, Maverick Vinales menuturkan, “Kami telah berkembang, tetapi kami tidak bisa berhenti di sini. Kami ingin menang! Saya memiliki kecepatan yang sangat baik hari ini tetapi saya tidak dapat menemukan ruang yang tepat untuk menyalip (Francesco) Bagnaia.”

“Dia mengendarai balapan yang sempurna tanpa membuat kesalahan, sedangkan saya mulai berjuang sedikit lebih banyak pada titik tertentu. Daripada menabrak, membawa pulang poin dan terus belajar adalah penting mengingat balapan yang (menantang) akan datang. Kami akan memiliki kesempatan untuk menebusnya. Aprilia bekerja dengan cemerlang dan saya senang memiliki dua hari tes di sini,” tutupnya.

SF-Admin