MediaTek Genio 1200

MediaTek selalu memudahkan pelanggan untuk mengakses perangkat keras dan perangkat lunak sistem mitranya, serta memanfaatkan jaringan dan saluran penjualan mitra. Kini, MediaTek meluncurkan platform Genio baru untuk perangkat AIoT dan memperkenalkan cip pertama dalam keluarga Genio, Genio 1200 yang didesain untuk produk AIoT premium.

MediaTek Genio merupakan platform stack lengkap untuk AIoT dengan rangkaian cip tangguh dan sangat efisien, alat pengembangan perangkat lunak (SDK) platform terbuka, dan portal pengembang dengan sumber daya dan alat yang komprehensif. P

latform all-in-one ini memudahkan para produsen untuk mengembangkan aplikasi cerdas konsumen, perusahaan, dan industri yang inovatif di level premium, menengah, dan pemula serta menghadirkan perangkat tersebut ke pasar lebih cepat.

Dengan MediaTek Genio, pelanggan memiliki akses ke semua perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya yang dibutuhkan mulai konsep hingga desain dan manufaktur. Pelanggan dapat memilih dari berbagai cip Genio sesuai dengan kebutuhan produknya, lalu memakai sumber daya pengembang MediaTek dan SDK platform terbuka, Yocto Linux, untuk mengkostumisasi desain mereka.

Dengan menawarkan platform terintegrasi yang mudah dipakai, MediaTek Genio mengurangi biaya pengembangan dan mempercepat waktu untuk dihadirkan ke pasar, sambil tetap memberi dukungan jangka panjang dalam pembaruan sistem operasi dan patch keamanan sehingga produk memiliki siklus hidup lebih panjang.

“MediaTek mendukung perangkat AIoT terpopuler di pasar. Saat industri memasuki era inovasi selanjutnya, platform Genio MediaTek menghadirkan fleksibilitas, skalabilitas, dan dukungan pengembangan yang dibutuhkan merek untuk memenuhi permintaan pasar terbaru,” kata Jerry Yu, MediaTek Corporate Senior Vice President and General Manager of MediaTek’s Computing, Connectivity and Metaverse Business Group.

“Kami berharap dapat melihat pengalaman baru pengguna yang dihadirkan merek dengan cip Genio 1200 kami yang memiliki kemampuan AI kuat, mendukung tampilan 4K, dan fitur pencitraan yang canggih,” lanjutnya.

Platform AIoT SDK Terbuka

Platform AIoT SDK terbuka Genio ini memungkinkan para perancang untuk mengkostumisasi beberapa produk dengan paket perangkat lunak yang sama, serta mendukung Yocto Linux. Dengan penyederhanaan penulisan dan pengkodean di tiap-tiap lapisan aplikasi perangkat lunak, pelanggan dapat mengembangkan produknya dengan dukungan minimal—apa pun jenis aplikasinya.

Sumber Daya Pengembang dan Ekosistem Mitra

Portal pengembang MediaTek Genio memberi kemudahan pelanggan akses ke berbagai alat pengembang, sekaligus dengan akses ke perangkat keras dan perangkat lunak sistem milik mitra. Lebih jauh, para produsen juga dapat memakai portal untuk memanfaatkan jaringan mitra dan saluran penjualannya.

Alat pengembangan dan dukungan mitra ini memudahkan produsen dari segala ukuran untuk merampingkan desain produk AIoT dan mempercepat waktu untuk terjun ke pasar.

Chipset Berkinerja Tinggi

Chipset MediaTek Genio menawarkan kinerja multi inti yang cepat dengan efisiensi daya yang ekstrem, mengoptimalkan pengalaman pengguna, bahkan untuk aplikasi AI yang paling intensif komputasi.

CPU, GPU, dan AI Processing Unit (APU) di tiap-tiap chipset bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan otonom cerdas di edge dan mendukung tampilan kualitas tinggi, kamera, dan lainnya. Selain itu, setiap cip menawarkan dukungan untuk protokol Wi-Fi dan Bluetooth terbaru untuk memberikan konektivitas tanpa batas.

Seri Genio mencakup system-on-chip (SoC) premium, mid-tier dan entry-level untuk memenuhi kebutuhan pasar dan aplikasi yang berbeda seperti:

  • Genio 1200 untuk aplikasi AIoT premium yang membutuhkan kinerja terbaik di kelasnya, dukungan standar multimedia terbaru dan tampilan 4K, akselarator TOP AI 4.8, serta efisiensi daya yang luar biasa.
  • Genio 500 untuk aplikasi IoT ritel dan komersial yang membutuhkan pemrosesan edge berkinerja tinggi dan kemampuan multimedia canggih.
  • Genio 350 untuk hub di lingkungan rumah dan portabel yang memerlukan penglihatan yang lebih rendah dan pemrosesan voice edge.
  • Genio 130 untuk perangkat asisten suara yang didukung sistem operasi ringan dan cloud yang membutuhkan platform yang difokuskan pada audio dan mikrofon.

Dengan CPU octa-core yang berkemampuan tinggi, grafis five-core, prosesor AI dual-core, dan mesin multimedia yang canggih, Genio 1200 begitu ideal untuk peralatan rumah pintar, aplikasi IoT di skala industri, dan perangkat tertanam AI (AI-embedded) lainnya. Genio 1200 juga bisa menerima dan memproses tampilan ultra high-definition dan input kamera dari berbagai aplikasi computer vision (CV).

Genio 1200 baru ini menggabungkan kinerja terbaik di kelasnya, mendukung standar multimedia terbaru dan tampilan 4K, dan efisiensi daya yang luar biasa dalam cip kelas 6nm.

Platform yang sangat terintegrasi, kuat, dan dapat diperpanjang ini mendukung beberapa antarmuka berkecepatan tinggi, seperti PCI-Express, USB 3.1 dan GbE MAC, dan juga mendukung modul MediaTek Wi-Fi 6E dan sub-6 5G untuk memenuhi berbagai kebutuhan konektivitas.

SF-Admin