Akses internet broadband yang lebih cepat dan aplikasi yang lebih menuntut seperti streaming video beresolusi lebih tinggi dan game VR mendorong permintaan untuk Wi-Fi 6, Wi-Fi 6E, dan segera Wi-Fi 7.

Menjawa tantangan ini, MediaTek mengumumkan demo langsung pertama teknologi Wi-Fi 7 di dunia, menyoroti kemampuan portofolio konektivitas Wi-Fi 7 Filogic yang akan datang.

MediaTek saat ini menunjukkan dua demo Wi-Fi 7 kepada pelanggan utama dan kolaborator industri untuk mendemonstrasikan kecepatan supercepat teknologi dan transmisi latensi rendah.

“Peluncuran Wi-Fi 7 akan menandai pertama kalinya bahwa Wi-Fi dapat menjadi pengganti kabel/Ethernet sesungguhnya untuk aplikasi bandwidth super tinggi,” kata Alan Hsu, Corporate Vice President and General Manager of the Intelligent Connectivity Business at MediaTek.

“Teknologi Wi-Fi 7 MediaTek akan menjadi tulang punggung jaringan rumah, perkantoran, dan industri serta menyediakan konektivitas tanpa batas untuk semuanya, mulai aplikasi AR/VR multi-pemain, cloud gaming, panggilan 4K hingga streaming 8K dan sebagainya,” lanjut Alan. 

Demo MediaTek menghadirkan bagaimana teknologi Wi-Fi 7 Filogic dapat memberikan kecepatan maksimum yang ditentukan oleh IEEE 802.11be dan mendemonstrasikan teknologi multi-link operation (MLO).

Teknologi MLO menggabungkan beberapa saluran pita frekuensi berbeda pada saat yang sama untuk menonjolkan bagaimana trafik jaringan tetap dapat mengalir dengan lancar, bahkan jika terdapat gangguan atau kemacetan pada pita tersebut.

Teknologi MLO akan sangat penting untuk menghadirkan streaming video, game, dan apa pun yang lebih cepat dan andal yang membutuhkan permintaan throughput (ukuran bandwidth sebenarnya) yang konstan, berkelanjutan, dan waktu nyata.

Mario Morales, Group Vice President, Semiconductors at IDC mengatakan, “Kemajuan Wi-Fi 7 dalam lebar saluran, QAM, dan fitur baru seperti multi-link operation (MLO) akan membuat Wi-Fi 7 sangat menarik untuk perangkat termasuk smartphone unggulan, PC, perangkat konsumen dan industri vertikal, seperti ritel dan perindustrian; karena penyedia layanan mulai menyebarkan spektrum hotspot yang lebih luas di seluruh segmen pasar ini.”

MediaTek telah terlibat dalam pengembangan standar Wi-Fi 7 sejak awal dan perusahaan ini adalah salah satu pengadopsi pertama teknologi Wi-Fi 7.

“Konsumen saat ini menginginkan koneksi Wi-Fi yang selalu terhubung, andal, dan cepat untuk banyak aplikasi seperti panggilan video, hiburan TV 4K/8K, game waktu nyata, dan lainnya,” kata Moon Ho Lee, President Korea Mercury.

“Teknologi Wi-Fi 7 MediaTek dapat memenuhi kebutuhan saat ini untuk semua aplikasi yang dinikmati konsumen saat ini dan juga membuka pintu untuk aplikasi AR/VR masa depan yang bahkan tidak dapat kita bayangkan hari ini,” tutup Moon Ho Lee.

Wi-Fi 7 unik karena menawarkan kemampuan yang benar-benar baru di semua spektrum yang tersedia untuk penggunaan Wi-Fi, termasuk 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Wi-Fi 7 akan menghadirkan kecepatan 2,4X lebih cepat daripada Wi-Fi 6 – bahkan dengan jumlah antena yang sama – karena Wi-Fi 7 dapat memanfaatkan saluran 320Mhz dan mendukung teknologi modulasi amplitudo kuadratur (QAM) 4K.

Fitur penting lainnya dari Wi-Fi 7, termasuk MLO untuk mengurangi latensi dengan mentransmisikan Wi-Fi pada beberapa pita, di samping fitur unit sumber daya multi-pengguna (MRU) untuk menghindari dan mitigasi interferensi yang ditingkatkan.

Produk dengan Wi-Fi 7 diperkirakan akan memasuki pasar mulai tahun 2023.

SF-Admin