Seni ilustrasi adalah salah satu sub-sektor yang bertumbuh paling cepat di Ekonomi Kreatif. Hampir semua sektor, sub-sektor dan produk-produknya membutuhkan jasa ilustrator. Film, musik, produk, kuliner, fesyen, semua membutuhkan jasanya. Ilustrator adalah salah satu profesi enterprenurial yang akan semakin dibutuhkan saat Indonesia semakin maju.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia yang digelar Tehbotol Sosro dan gerakan #LocalsUnite di M Bloc pada Minggu (20/8).

Menparekraf ditemani putrinya menyempatkan diri menyapa pengunjung pameran yang sedang mengikuti kelas lokakarya bersama ilustrator Popomangun. Melalui gerakan #LocalsUnite dari Tehbotol Sosro diharapkan dapat membantu menyatukan kreatifitas bangsa.

Ia mengatakan, “Masyarakat kita dikenal senang bergotong royong. Meskipun kita berkompetisi, namun jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya adalah berkolaborasi. Begitu banyak peluang di depan mata dan kita harus bisa menciptakan kolaborasi-kolaborasi untuk meraih peluang ini.”

Gerakan #LocalsUnite juga dapat mendukung terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru berkualitas yang ditargetkan pemerintah.

“Kita harus meneruskan budaya kerja kolektif dan menciptakan karya yang mengangkat budaya dan jiwa Indonesia. Kita harus berwawasan global tapi kekuatan kita terletak pada kearifan lokal. Kita punya peluang yang besar dan kita bisa meraihnya bersama-sama,” ujar Sandiaga.

Kemenparekraf tengah menyiapkan program yang mendukung para kreator untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektualnya dan menjajaki kerjasama yang bisa membantu pembiayaan usaha di sub-sektor ini.

Sebelum meninjau karya-karya yang dipamerkan, Menparekraf mengajak peserta lokakarya untuk mengirimkan karya ilustrasinya untuk dinilai oleh Popomangun. Pemenang akan diundang ke acara mingguan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dihadiri Menparekraf untuk memperkenalkan dan mempromosikan karyanya.

Pameran Ilustrator Bangga Berbudaya Asli Indonesia yang digelar Tehbotol Sosro mulai dibuka pada 11/8 menyuguhkan lebih dari 1000 karya ilustrator peserta kompetisi desain Tehbotol Sosro dalam rangka kemerdekaan Indonesia ke-78 tahun. Pada acara pembukaan, Tehbotol Sosro juga meluncurkan 16 kemasan desain khusus karya Yessiow dan 15 pemenang kompetisi desain Tehbotol Sosro.

Selama pameran, Tehbotol Sosro mengundang masyarakat untuk mengikuti kelas-kelas lokakarya bersama Yessiow, WD Willy, dan Popomangun yang berbagi pengetahuan dan teknik menggambar ilustrasi.

Tahun ini adalah ketigakalinya Tehbotol Sosro meluncurkan kemasan khusus di tengah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Inisiatif ini adalah kesinambungan dan perwujudan gerakan #LocalsUnite.

“Tehbotol Sosro adalah merek yang lahir dan besar di Indonesia. Kami ingin ‘memberi kembali’kepada negeri yang kami cintai ini, di antaranya melalui kolaborasi dengan para kreator membuat karya yang mengangkat budaya asli Indonesia. Kami berharap kolaborasi ini menjadi semangat bagi kreator lainnya untuk terus mengasah kreativitas mengangkat budaya asli Indonesia,” tutup Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, Sabrina Kharisanti.

Di bawah gerakan #LocalsUnite, Tehbotol Sosro memfokuskan kolaborasi dengan para kreator Indonesia di tiga bidang – makanan dan minuman, fesyen dan aksesorisnya, serta seni. Kreator, inovator, dan pelaku usaha kreatif dapat mengajukan ide-ide kolaboratif bersama Tehbotol Sosro dan menciptakan produk yang setara atau lebih tinggi dengan standar global melalui gerakan #LocalsUnite.

SF-Admin