Melihat pertumbuhan kreator Spark AR muda yang positif di Indonesia, Meta berkomitmen untuk terus mendukung lahirnya kreator-kreator baru yang dapat memberikan sentuhan pengalaman metaverse bagi komunitas dan juga bisnis agar dapat saling berbagi dan terhubung.

Sebagai rangkaian dari inisiatif #Menujumetaverse Cafe, Meta dan Hacktiv8 mengumumkan pemenang dari program kolaborasi bootcamp Metavolution with Spark AR, sebuah program pelatihan dan kompetisi bagi para kreator Spark AR muda di Indonesia.

Dari 50 peserta program, terpilih 4 pemenang dari 4 kategori, yaitu Food, Travel, Gaming, dan Beauty. Empat pemenang ini merupakan kreator-kreator Spark AR muda yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Empat pemenang tersebut adalah:

  • Kategori food: Julian Pratama dari Jakarta, dengan nama filter Realfood Jelly Quest
  • Kategori travel: Firdaus Palau dari Baturaja, Sumatera Selatan, dengan nama filter Travel the Universe
  • Kategori gaming: Wildansyah dari Bandung, Jawa Barat, dengan nama filter Hunt The Ghost!
  • Kategori beauty: Imam Solihin dari Jakarta, dengan nama filter Princess and Frog

“Empat pemenang dari Metavolution Spark AR yang kami umumkan hari ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat bagi kreator lainnya untuk terus berkarya, mengembangkan keahlian baru untuk berkontribusi membangun metaverse, serta menciptakan lebih banyak lagi peluang dan dampak ekonomi di Indonesia,” ujar Trimikha Valentius, Manager Program AR/VR, APAC, Meta.

Program Metavolution with SparkAR berhasil mengumpulkan lebih dari 500 developer dan kreator dari seluruh Indonesia. Pada proses penyaringan, partisipan diwajibkan untuk mengikuti tes teori dan penilaian portofolio terhadap karya AR effect mereka.

Dari 500 peserta tersebut, Meta dan Hacktiv8 menyeleksi kembali 50 kreator terbaik yang akan mengikuti program bootcamp selama 4 minggu.

Pada akhir program, 50 kreator terpilih ini selanjutnya masuk ke tahap pitch fest yang berlangsung pada 22-23 Juli 2022, dimana mereka berkolaborasi dengan 10 konten kreator dan komunitas untuk membuat efek Augmented Reality (AR) yang bercerita mengenai kisah dan inspirasi dari para konten kreator dan komunitas tersebut.

Efek AR yang dibuat inilah yang kemudian dipamerkan pada #Menujumetaverse Cafe yang berlangsung pada 5 -7 Agustus di Titik Temu Coffee, M Bloc Space, Jakarta.

“Kami sangat bersemangat melihat bagaimana kreator Spark AR muda di Indonesia tumbuh dan berkembang tidak hanya dari hal teknikal saja tetapi juga soft-skill. Kami berharap Metavolution with Spark AR ini dapat menjadi bekal awal mereka untuk terhubung dengan industri sehingga dapat memberikan dampak ekonomi bagi mereka sendiri, komunitas, hingga Indonesia,” ujar Juventia Vicky Riana, President of Hacktiv8.

SF-Admin