Solusi pemotongan URSP berbasis aplikasi baru memperluas peluang bisnis jaringan 5G operator. Berkaitan dengan ini, Nokia dan Google mengumumkan keberhasilan uji coba fungsi pemilihan network slicing yang inovatif pada jaringan 4G/5G dengan menggunakan teknologi UE Route Selection Policy (URSP) dan ponsel Google Pixel 6 (Pro) yang menjalankan Android 13.

Setelah diterapkan, solusi tersebut memungkinkan operator menyediakan layanan network slicing 5G baru dan meningkatkan pengalaman aplikasi pelanggan perangkat dengan Android 13.

Secara khusus, kemampuan URSP memungkinkan smartphone untuk terhubung ke beberapa network slicing secara bersamaan melalui aplikasi perusahaan dan konsumen yang berbeda tergantung pada kebutuhan spesifik pelanggan.

Uji coba yang berlangsung di pusat pengembangan network slicing Nokia di Tampere, Finlandia, juga menyertakan fungsi LTE-5G New Radio slice interworking yang memungkinkan operator untuk memaksimalkan aset jaringan yang ada.

Kemampuan URSP memperluas network slicing ke jenis aplikasi dan kasus penggunaan baru, memungkinkan potongan jaringan disesuaikan berdasarkan kinerja jaringan, traffic routing, latensi, dan keamanan.

Misalnya, pelanggan perusahaan dapat mengirim informasi bisnis menggunakan network slicing saat berpartisipasi dalam panggilan video dan menggunakan network slicing lain pada saat yang sama.

Selain itu, konsumen dapat menerima layanan network slicing yang dipersonalisasi, misalnya untuk cloud gaming atau streaming video berkualitas tinggi.

Uji coba dilakukan menggunakan portofolio produk network slicing 4G/5G end-to-end Nokia di seluruh RAN-transport-core serta kontrol dan sistem manajemen terkait.Uji coba ini mencakup pemilihan network slicing 5G dan konektivitas berdasarkan kategori aplikasi perusahaan dan konsumen sebagai serta fungsi slice interworking 5G NR-LTE.

Nokia adalah pemimpin industri dalam network slicing 4G/5G dan merupakan yang pertama mendemonstrasikan network slicing 4G/5G di seluruh RAN-Transport-Core dengan manajemen dan jaminan.

Solusi network slicing Nokia mendukung semua perangkat LTE, 5G NSA, dan 5G SA, memungkinkan operator seluler untuk memanfaatkan ekosistem perangkat yang sangat besar dan memberikan kontinuitas slicing melalui 4G dan 5G.

Nokia telah melakukan beberapa penerapan dan uji coba jaringan langsung dengan basis pelanggan global Nokia termasuk penerapan kemampuan slicing baru seperti Edge Slicing di Virtual Private Networks, LTE-NSA-SA end-to-end network slicing, Fixed Wireless Access slicing, Sliced ​Private Wireless serta Slice Management Automation and Orchestration.

Ari Kynäslahti, Head of Strategy and Technology di Nokia Mobile Networks, mengatakan, ” Kami sangat antusias untuk mengembangkan dan menguji teknologi URSP berbasis standar baru dengan Android yang akan memastikan bahwa pelanggan dapat menyediakan layanan perusahaan dan konsumen terdepan menggunakan perangkat Android dan jaringan 4G/5G Nokia.”

SF-Admin