OPPO Reno4 jadi yang Pertama Rasakan ColorOS 7.2

Sebagai pelopor gaya hidup yang menyenangkan, ColorOS 7.2 telah dirancang secara khusus berdasarkan saran dan masukan yang telah diterima dari pengguna. Hal ini merupakan wujud komitmen Oppo Indonesia kepada lebih dari 20 juta penggunanya di Indonesia.

Dan OPPO Reno4 menjadi smartphone pertama yang merasakan ColorOS 7.2 terbaru ini. “ColorOS 7.2 menawarkan berbagai fitur canggih seperti AI-enhanced Smart Sensor, AI App Preloading, dan Super Power Saving Mode,” kata Aryo Meidianto A, PR Manager of OPPO Indonesia, ColorOS.

Solusi teknologi canggih

Dengan menggabungkan algoritma AI khusus dari ColorOS, Reno4 turut menghadirkan AI-enhanced Smart Sensor sehingga memungkinkannya untuk mengenali wajah, gestur, dan pose. Berdasarkan masukan dari para pengguna tentang semakin meningkatnya permintaan terhadap perlindungan privasi, inovasi ini menghadirkan fitur Smart Spying Prevention yang dapat menyembunyikan isi pesan notifikasi apabila ada orang yang mengintip ke ponsel Anda.

Fitur bermanfaat lainnya adalah Smart AirControl, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan ponsel mereka tanpa harus menyentuhnya. “Smart AirControl dapat menjadi solusi untuk menjaga kebersihan dan meminimalisir kontak fisik, terutama pada situasi sensitif seperti pandemi saat ini, sehingga pengguna dapat menghindari penyebaran kuman dan bakteri karena tidak perlu menyentuh ponsel untuk menggunakannya,” ujar Aryo Meidianto.

Fitur menarik lainnya yang dihadirkan oleh AI-enhanced Smart Sensor adalah Smart Rotation, yang memungkinkan kamera depan ponsel untuk mengenali orientasi wajah pengguna dan secara otomatis memutar layar ponsel ke arah yang sesuai; dan Adaptive Sleep yang memungkinkan layar tetap menyala selama wajah pengguna terdeteksi.

ColorOS 7.2 juga dapat mengurangi waktu tunggu ketika pengguna membuka sebuah aplikasi dengan adanya AI App Preloading. Peningkatan software ini mempelajari perilaku pengguna dan memprediksi aplikasi apa saja yang biasa digunakan dan kapan biasanya aplikasi-aplikasi tersebut dibuka.

Dengan demikian, semakin sering ponsel tersebut digunakan, semakin baik dan cepat pula fitur tersebut dapat memprediksi dan membuka aplikasi-aplikasinya, yang tentunya dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih mulus dan menyenangkan. Berdasarkan pengujian di OPPO Lab, AI APP Preloading memungkinkan aplikasi terbuka 23,63% lebih cepat dari sebelumnya tanpa mengonsumsi tambahan daya.

Saat ini, daya tahan baterai menjadi salah satu kebutuhan utama pengguna agar dapat bersenang-senang lebih lama dengan smartphone mereka. ColorOS 7.2 menjawab kebutuhan ini dengan menghadirkan Super Power Saving Mode, yang memperpanjang masa baterai ponsel, bahkan pada level baterai yang sangat rendah sekalipun.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan di lab OPPO, pengguna masih dapat melakukan chat di WhatsApp selama 90 menit, melakukan lebih dari 80 selfie, atau melakukan panggilan hingga 1 jam dengan hanya sisa baterai 5%.

Pengalaman pengguna yang lebih mudah dan menyenangkan

ColorOS 7.2 menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih mudah dan menyenangkan dengan Quick Return Bubble, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan lebih dari satu aktivitas dengan ponselnya sambil bermain game.

Fitur ini menampilkan informasi penting terkait game yang tengah dimainkan – misalnya, waktu respawn atau waktu tunggu – dalam bentuk floating bubble. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan chatting, menonton video, atau menggunakan aplikasi lain sambil menunggu waktu respawn, dan ketika tiba waktunya untuk kembali ke permainan, pengguna dapat dengan mudah beralih kembali ke game dengan satu ketukan pada floating bubble tersebut.

Untuk meningkatkan kesenangan para pengguna pada saat menggunakan smartphone, ColorOS 7.2 juga dilengkapi dengan Anti-Fragmentation Engine yang memastikan ponsel dapat berjalan dengan mulus.

Teknologi yang dikembangkan secara mandiri oleh OPPO ini memungkinkan memori fisik ponsel mengurangi frekuensi fragmentasi memori hingga 99%, serta meningkatkan kecepatan penerapan blok-blok besar pada RAM sebesar 18%.

Anti-Fragmentation Engine juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya black screens, lagging, dan crash hingga 93%, yang biasanya disebabkan oleh fragmentasi pada memori virtual, sehingga memastikan pengalaman pengguna yang lebih mulus dan menyenangkan.

ColorOS 7.2 pun menghadirkan kesenangan lain bagi pengguna dengan menghadirkan inovasi-inovasi menarik di OPPO Lab, sebuah platform bagi para pengembang dan pengguna untuk bekerja sama dalam menciptakan fitur-fitur inovatif.

Pengguna dapat menikmati beberapa fitur di OPPO Lab bahkan sebelum dirilis secara resmi dan memberikan masukan-masukannya, dan para pengembang fitur terkait akan betul-betul mempertimbangkannya untuk perbaikan di masa mendatang.

Saat ini, sudah ada dua fitur yang tersedia di OPPO Lab, yakni Lab Ringtone dan Decision Spinner, dan akan ada lebih banyak lagi ke depannya.

Optimasi untuk gaya hidup menyenangkan Anda

Inovasi lainnya yang dapat melengkapi kenyamanan pengguna adalah fitur Super Nighttime Standby, yang memungkinkan ponsel untuk hanya mengonsumsi daya sebesar 2% di malam hari. Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu khawatir harus mengisi baterai ponselnya saat terburu-buru di pagi hari.

ColorOS 7.2 menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dengan Icon Pulldown Gesture sebagai salah satu solusi terbaik apabila pengguna harus menggunakan ponsel dengan hanya satu tangan.

Saat pengguna menggeser ke atas di tepi kiri atau kanan layar Beranda, semua ikon aplikasi akan turun ke sudut bawah, sehingga pengguna dapat dengan mudah menjangkaunya dengan satu tangan.

Selain itu, ColorOS 7.2 pun menghadirkan pengalaman visual yang diperkaya dengan 30 set wallpaper artistik baru di Artist Wallpaper Project, yang berkolaborasi dengan lebih dari 15 seniman di seluruh dunia, termasuk Tom Hegen, Ian Fisher, dan seterusnya.

Tidak hanya itu, ColorOS 7.2 juga menghadirkan Wallpaper Gravity, yang dapat mengubah wallpaper pada layar Beranda ponsel secara dinamis, menyesuaikan dengan posisi dari ponsel tersebut – seolah-olah wallpaper Anda ditarik ke bawah oleh gravitasi.

SF-Admin