ALVA juga memenangkan penghargaan emas dari TikTok Ad Awards 2024 untuk kategori “Creative Agency of the Year” atas pendekatan kreatif dan relevan terhadap audiens dalam kolaborasi bersama blu by BCA Digital

ALVA, digital powerhouse yang terafiliasi dengan Future Creative Network, meluncurkan kampanye product brand untuk blu by BCA Digital dengan tajuk #SiapJadiPegangan.

Kampanye ini menjadi bentuk nyata komitmen BCA Digital sebagai bank penyedia produk dan layanan berbasis digital yang memahami tantangan konsumen dan menjawab kebutuhan nasabah dengan menyediakan tools berupa aplikasi mobile banking bluyangrelevan dan solutifdalam membantu mengelola keuangan.

Melalui kampanye dan rangkaian konten sosial media “Kastamer Ngablu” yang konsisten dibangun, BCA Digital menunjukkan bagaimana institusi finansial dapat menjadi pegangan yang selalu dapat diandalkan untuk berbagai macam kebutuhan finansial para konsumen sehari-hari maupun untuk financial goal jangka panjang.

Melalui pendekatan data-driven dan consumer-centric, karya kolaboratif ini berhasil memenangkan 2 penghargaan emas untuk kategori “Best Branding Campaign” dan “Creative Agency of the Year” dari TikTok Ad Awards 2024 melalui video kreatif yang dipadukan dengan narasi humor dan relevansi tinggi terhadap target audiens.

Co-Founder dan CEO ALVA, Reza Akbar, menjelaskan, “Kami sangat bangga dan sangat berterima kasih atas keberhasilan yang telah dicapai bersama partner kami, BCA Digital. Pencapaian ini menjadi bukti pendekatan berbasis data dan berpusat pada konsumen menjadi dasar yang kuat untuk menghasilkan kampanye yang efektif dan terukur melalui channel yang tepat.”

Video singkat dan kontekstual jadi ‘senjata’ ampuh #SiapJadiPegangan

Kampanye ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mengenai berbagai macam fitur blu by BCA Digital serta cara penggunaannya yang tepat.

ALVA mengkurasi video singkat yang kontekstual untuk menunjukkan bagaimana fitur blu by BCA Digital dapat memenuhi kebutuhan spesifik dari berbagai target audiens, sekaligus menjadi solusi yang relevan terhadap tantangan yang mereka hadapi.

ALVA memanfaatkan platform Google Network, Meta, dan TikTok untuk menyasar audiens dari berbagai kalangan. Adapun konten yang dibuat merupakan video-video informatif yang menunjukkan beragam fitur unggulan blu by BCA Digital, seperti mudah digunakan, dilengkapi dengan sistem keamanan yang optimal, hingga menyajikan fresh experience dan innovation dalam bertransaksi finansial.

Hasilnya, kampanye ini berhasil meningkatkan kesadaran dan pengetahuan konsumen tentang blu by BCA Digital, sehingga menjadikannya salah satu solusi perbankan digital yang mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari nasabahnya.

Bangkitkan semangat audiens dengan konteks inspiratif dan menghibur

Kampanye selanjutnya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat audiens terhadap bluDebit Card dengan cara yang menghibur sekaligus mendidik.

ALVA membuat antologi film dari berbagai film terkenal untuk menunjukkan situasi pembayaran yang tak terduga dan mengapa bluDebit Card menjadi solusi yang tepat.

Melalui antologi film ini, ALVA bergerak untuk mengedukasi USP produk dengan memberikan hiburan dan juga terdapat edukasi kontekstual didalamnya.

ALVA memanfaatkan semua saluran sosial seperti TikTok, Instagram, X, Facebook, dan YouTube, dengan mengoptimalkan setiap konten agar sesuai dengan karakteristik masing-masing platform.

Distribusi konten ditingkatkan melalui berbagai platform iklan seperti Meta app installs dan retargeting, Google UAC, UACe, serta TikTok Ads. Hasilnya, kampanye ini berhasil meraih dua penghargaan emas untuk kategori “Best Branding Campaign” dan “Creative Agency of the Year” dari TikTok Ad Awards 2024.

Memahami preferensi konsumen melalui pendekatan Data-Driven

Untuk memastikan efektivitas dan relevansi, ALVA menggunakan metodologi pendekatan data-driven untuk kedua kampanye tersebut. Analisis dilakukan terhadap data dari pengguna blu by BCA Digital untuk memahami kebutuhan dan preferensi mereka.

Hasil dari analisis ini digunakan untuk personalisasi konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan audiens dan menggunakan metode storytelling yang kuat.

“ALVA dan BCA Digital memiliki misi untuk meng-upgrade literasi dan pola finansial masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi finansial mereka agar lebih seamless dan pintar. Fokus kami pada kebutuhan konsumen, kepekaan terhadap tren yang terus berkembang, dan pendekatan yang berbasis data merupakan landasan dari kesuksesan kampanye ini”, lanjut Reza.

Berbekal data yang komprehensif, kampanye ini juga memanfaatkan platform digital yang paling banyak digunakan oleh target audiens, seperti TikTok, untuk menjangkau lebih banyak pengguna dengan cara yang menyenangkan dan mendidik. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan engagement, tetapi juga memperkuat loyalitas pengguna blu by BCA Digital.

“ALVA dan BCA Digital memiliki misi untuk meng-upgrade literasi dan pola finansial masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi finansial mereka agar lebih seamless dan pintar. Fokus kami pada kebutuhan konsumen, kepekaan terhadap tren yang terus berkembang, dan pendekatan yang berbasis data merupakan landasan dari kesuksesan kampanye ini”, lanjut Reza.

Head of Marketing & Communications BCA Digital, Ruli Himawan Nugroho mengungkapkan, “BCA Digital sebagai bank yang juga bergerak dalam service industry, secara konsisten telah mengembangkan produk yang solutif dan relevan serta terus meningkatkan kualitas layanan untuk para nasabah.”

Kedua hal ini tentunya juga memerlukan strategi komunikasi yang inovatif untuk diperkenalkan kepada nasabah maupun masyarakat luas secara informatif dan edukatif.

Kemitraan BCA Digital bersama ALVA yang telah meluncurkan kampanye #SiapJadiPegangan dan konten-konten ‘kastamer ngablu’ dinilai sukses dalam mencerminkan interaksi nyata bagaimana customer service blu by BCA Digital selalu berusaha memberikan pelayanan yang reliable, solutif, juga edukatif untuk nasabah. Konten kastamer ngablu juga cukup berhasil membangun chemistry kedekatan dengan audiens.

​​Ruli menambahkan bahwa kolaborasi ini merupakan salah satu elemen penting dalam menghubungkan masyarakat, juga existing nasabah BCA Digital, untuk lebih mengenal lebih dekat keunggulan blu by BCA Digital dalam menyediakan solusi perbankan berbasis digital yang relevan, reliable, dan secure.

Berbekal data yang kuat, pendekatan consumer-centric, serta storytelling yang efektif, Ruli berharap kampanye kreatif dari kolaborasi ini turut mendorong peningkatan jumlah pengguna aktif BCA Digital kedepannya dan lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang terinklusi untuk menikmati inovasi produk maupun layanan blu by BCA Digital yang berkualitas tinggi.

SF-Admin