Pemenang dari FedEx /JA International Trade Challenge 2023 Final AMEA

FedEx Express (FedEx) bersama dengan Junior Achievement (JA) Asia Pasifik, mengumumkan tiga pemenang dari final FedEx / JA International Trade Challenge (ITC) tahunan ke-17. Enam siswa dari Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam menjadi tim pemenang.

Sekitar 5.000 peserta mewakili pasar AMEA – Hong Kong SAR, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, dan Vietnam – memperebutkan 60 posisi di final regional tahun ini. Para finalis mempresentasikan ide mereka di hadapan panelis juri terkemuka setelah kompetisi ketat selama tiga hari yang diadakan secara virtual dari tanggal 21 hingga 23 Agustus.

Pada tahun ini, tim yang terdiri dari dua orang siswa ditugaskan membuat strategi bisnis untuk sebuah produk guna memberikan solusi pengiriman berkelanjutan dengan target pasar adalah negara Polandia. Dengan meningkatnya wacana di antara konsumen tentang bagaimana produk memengaruhi lingkungan dan perusahaan yang berperan dalam membentuk masa depan berkelanjutan, tantangannya menjadi sangat relevan.

 “Kami beroperasi di lingkungan yang sangat berbeda saat ini. Bisnis saat ini menyeimbangkan peluang-peluang baru yang dibawa oleh teknologi yang berkembang pesat seperti AI yang tidak hanya ditimbulkan oleh ketidakpastian ekonomi, tetapi juga oleh perubahan iklim. Pemikiran muda yang segar ini membawa solusi yang inovatif untuk masalah di dunia nyata,” kata Kawal Preet, President Asia Pacific, Middle East, and Africa (AMEA) region, FedEx Express.

“Membina wirausaha telah lama menjadi fokus utama kami di FedEx. Dengan memberikan platform dan alat yang tepat kepada para wirausahawan generasi selanjutnya, kami memberikan pengalaman yang akan mendorong para kreator, inovator, dan pemimpin masa depan untuk kedepannya,” lanjutnya.

Tim pemenang TAVI, yang terdiri dari Nguyen Ngoc Linh asal Vietnam, dan Napat Worrasangasilp asal Thailand dianugerahi penghargaan atas produk kemasan tepung jagung bio-degradable BUFFERPUFF, yang membantu perusahaan mengurangi sampah pada proses pengiriman.

Tim SUSTAINOVATE yang terdiri dari Tsaqif Ammar Sakti asal Indonesia, dan Jeongwoo Lee asal Korea Selatan dinobatkan sebagai runner-up pertama untuk bahan kemasan ramah lingkungan – Flexiwrap yang terbuat dari upcycled memory foam untuk melindungi produk keramik selama pengiriman.

Terakhir, Tim CRESCO yang terdiri dari Itsuki Son asal Jepang dan Elyshia Alodia Binarto asal Indonesia dinobatkan sebagai runner-up kedua. Ide mereka EcoFlow – sebuah bio-styrofoam yang tahan lama dan serbaguna yang terbuat dari sekam padi lokal, membantu perusahaan mengurangi penggunaan plastik dan memenuhi persyaratan peraturan setempat.

“Kami sangat senang bisa terpilih sebagai pemenang dari kompetisi ini. Merupakan sebuah kehormatan dan keistimewaan bagi kami untuk bersaing dengan talenta terbaik yang ada di wilayah ini. Keikutsertaan dalam kompetisi ini benar-benar menjadi pengalaman yang membuka mata – membantu kami memahami bahwa setiap usaha besar memerlukan pemikiran yang berani, perencanaan yang matang dan kolaborasi yang baik dengan rekan-rekan dan pakar industri. Memenangkan kompetisi ini memberi kami kepercayaan diri untuk terus mengeksplorasi apa yang mungkin dilakukan untuk menjadi wirausahawan masa depan,” kata Nguyen Ngoc Linh asal Vietnam, dan Napat Worrasangasilp asal Thailand dari tim pemenang TAVI.

“Elemen terpenting dari program ITC adalah para peserta dapat beralih dari pembelajaran di kelas tradisional ke pembelajaran praktik. Harapan dan ekspektasi saya adalah komitmen ini dapat memberikan mereka pengalaman nyata secara langsung yang berharga bagi peserta, seumur hidup mereka. Tujuan JA untuk mempersiapkan kaum muda ke lingkungan kerja pada abad ke-21 sangat relevan, dan dukungan FedEx yang teguh dan penuh semangat terhadap ITC sejak tahun 2007 telah menginspirasi dan membina puluhan ribu wirausahawan muda di seluruh Kawasan Asia Pasifik,” kata Maziar Sabet, President and CEO of JA Asia Pacific                

Program FedEx Express / JA International Trade Challenge diselenggarakan bersama oleh FedEx Express dan JA Asia Pacific, anggota JA Worldwide. Lebih dari 45.000 siswa di seluruh AMEA telah memperoleh manfaat dari program ini dalam 17 tahun terakhir. Tahun ini, lebih dari 150 relawan FedEx dari 16 pasar AMEA telah membimbing para siswa.

Selain mendukung wirausaha muda, melalui JA ITC, FedEx telah menyelenggarakan Small Business Grant Contest (SBGC) untuk mendukung small-and-medium-enterprises (SMEs) di seluruh AMEA.

SF-Admin