Akses Situs Kabandungshop.com

Pemberdayaan IKM (Industri Kecil Menengah) di Kabupaten Bandung sejalan dengan optimisme pemerintah yang mengatakan usaha ekonomi berbasis kerakyatan mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja nasional, serta menghimpun hingga 60,4% dari total investasi di Indonesia.

Di Jawa Barat sendiri, IKM tercatat terus memegang peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah, yakni kontribusinya pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 57,14% pada tahun 2022.

Bahkan di Kabupaten Bandung, kehadiran produk-produk IKM sangat terasa kontribusinya dalam mendorong Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) setempat, dari sebelumnya -1,87% di masa pandemi COVID-19 menjadi 5,62% saat ini.

Pemkab Bandung menyadari bahwa guna mendorong pertumbuhan IKM Bandung diperlukan akses ke pemasaran digital dengan mitra yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan tim yang berdedikasi pada penguatan produk lokal.

Sehingga pada akhirnya IKM Bandung dapat membangun bisnis yang berkelanjutan dan berdaya saing di pasar. Menyadari semangat yang sama inilah, Pemerintah Kabupaten Bandung, bekerjasama dengan  PT Global Digital Niaga, Tbk (Blibli) dan Kabandung Creative Hub (KBCH) dalam mengkurasi IKM terpilih se-Kabupaten Bandung yang saat ini dapat ditemui di laman khusus kabandungshop.com.

Peluncuran Kabandungshop.com dilaksanakan pada 13 Juli 2023 di mana laman khusus tersebut tersambung dengan ekosistem omnichannel commerce Blibli dan menawarkan kurasi berbagai produk kuliner, makanan kemasan, dan fesyen berkualitas yang 100% asli buatan para pelaku IKM di Kabupaten Bandung.

DR.H.Dadang Supriatna S.Ip,M.Si selaku Bupati Bandung didampingi oleh Kadis Disperdagin Dicky Nugraha SH.M.Si mengatakan, “Mewakili Pemerintah Kabupaten Bandung, saya sangat mengapresiasi dukungan nyata Blibli terhadap perkembangan sektor IKM di Tanah Pasundan. Kolaborasi yang dilakukan bersama Blibli selaras dengan salah satu dari tiga pilar utama pembangunan IKM Kabupaten Bandung, yakni peningkatan kapasitas.”

Diharapkan lewat peluncuran laman khusus Kabandungshop.com, dukungan transfer pengetahuan dan pengalaman dari Blibli, dan dukungan promosi, memungkinkan para IKM di Kabupaten Bandung mampu mengatasi berbagai tantangan yang kerap menghambat laju IKM, seperti pengelolaan usaha yang masih tradisional dan rendahnya literasi pemasaran digital.

Sementara itu Rafido Alvano Wijaya, Merchandising Lead Lifestyle Blibli Jawa Barat menambahkan, “Sinergi Blibli dengan Pemerintah Kabupaten Bandung dan Kabandung Creative Hub (KBCH) ini diperkuat dengan kemudahan fitur-fitur yang ada di Blibli seperti pengiriman cepat dan gratis ongkir,  jadi konsumen bisa mendapatkan produk pilihan mereka dengan lebih cepat dan terjangkau melalui dukungan ekosistem omnichannel perseroan yang kuat dan inklusif.”

IKM Kabupaten Bandung maju, konsumen puas belanja

Kolaborasi Blibli dan Pemkab Bandung dalam peluncuran Kabandungshop.com sejalan dengan dukungan berkelanjutan perseroan terhadap program Jaringan Warga Jabar Sejahtera (Jabar Jawara), yang merupakan pusat informasi seputar lowongan pekerjaan, pengembangan diri, pendidikan, hingga pemberdayaan UMKM di Provinsi Jawa Barat.

Dalam acara peluncuran tersebut, Blibli turut menghadirkan layanan Click & Collect saat sesi live shopping yang digelar pada halaman Kabandungshop.com. Dengan layanan tersebut, pelanggan bisa leluasa memilih dan membayar produk yang dibeli melalui ragam metode pembayaran yang tersedia, dan kemudian mengambilnya di toko mitra ataupun titik pengambilan yang terdaftar.

Untuk opsi pengiriman ke alamat tujuan, pelanggan yang bertransaksi di Kabandungshop.com juga dapat memanfaatkan peluang gratis ongkos kirim (ongkir). Bahkan sepanjang bulan Juli-Agustus 2023, pelanggan dimanjakan dengan potongan harga menarik di IKM pilihan. 

Merespon inisiatif ini, Wahyu Frayudha selaku Ketua KaBandung Creative Hub (KBCH) mengatakan, “Kami bangga dapat terlibat dalam program pemberdayaan IKM Bandung hasil kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Bandung dan Blibli. Harapannya, kerjasama yang melahirkan peluang usaha ini dapat menjadi pembakar semangat untuk para pemilik IKM, sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian di Jawa Barat.”

SF-Admin