PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL), emiten penyedia kain, seragam, dan fashion melaporkan kinerja keuangan positif pada laporan keuangan Semester 1-2024.
Penjualan Perusahaan melonjak menjadi Rp281,35 miliar, atau peningkatan 18% dari tahun ke tahun dibandingkan dengan Rp237,45 miliar yang dicatat pada periode yang sama tahun lalu.
BELL mencatatkan peningkatan pada seluruh segmen penjualan, kecuali segmen seragam yang masih cukup terdampak pada Semester 1-2024.
Pendorong terbesar kinerja BELL pada semester ini berasal dari segmen manufaktur yang memproduksi kain-kain BELL di mana mayoritas pelanggan adalah B2B, berkontribusi sebesar Rp142,16 miliar atau 38% terhadap total penjualan Perusahaan.
Walaupun Kuartal II-2024 ditandai dengan hari kerja yang lebih rendah karena banyaknya libur nasional, mulai beroperasinya pabrik baru BELL (PT Trimas Bellindo Aparel Manufaktur) cukup mampu mengkompensasi efek libur panjang tersebut.
Selain itu, pertumbuhan penjualan BELL juga didukung oleh segmen distribusi yang menyumbang Rp103,09 miliar, berkontribusi sebesar 28%; serta segmen ritel berkontribusi sebesar 25% ke total penjualan.
“Kami optimis dengan kinerja Perseroan untuk paruh kedua tahun ini. BELL menargetkan pertumbuhan penjualan dua digit dan tetap fokus pada inisiatif ekspansi strategis. Kami yakin akan kemampuan untuk mencapai target tersebut, sambil terus memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham,” ujar Karsongno Wongso Djaja, Presiden Direktur BELL.
Untuk meneruskan momentum kinerja positif, BELL terus memperluas bisnis ritelnya melalui jaringan toko JOBB dan Jack Nicklaus.
Perusahaan berencana untuk menambah 10 lokasi point-of-sale (POS) JOBB dan Jack Nicklaus baru pada akhir tahun ini. Hingga pertengahan 2024, BELL telah membuka enam jaringan ritel baru, termasuk satu gerai JOBB dan Jack Nicklaus di Bali, serta empat counter tambahan di wilayah lain.
BELL telah berinvestasi untuk meningkatkan kemampuan manufakturnya. Operasi komersial pabrik baru PT Trimas Bellindo Aparel Manufaktur pada Kuartal-II 2024 menunjukkan komitmen Perusahaan untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan meningkatkan kapasitas produksinya dan semakin memperkaya portofolio produknya sebagai Perusahaan penyedia produk kain dan pakaian terintegrasi.
Kontribusi dari pabrik yang baru terhadap penjualan Perusahaan akan lebih terlihat pada Semester II-2024, sehingga bisa menjadi salah satu sumber pertumbuhan pada 2024 hingga ke depan.
SF-Admin