Pertamina (persero) dan Elnusa Petrofin Resmikan Fasilitas DPPU Pinangsori Tapanuli Tengah

Penandatangan Prasasti Peresmian

Setelah sempat vakum beberapa bulan saat awal pandemi COVID-19 merebak, jalur transportasi udara di Bandara Dr Ferdinan Lumban Tobing Tapanuli Tengah kembali menggeliat. Makin tingginya mobilisasi penumpang pesawat udara yang cukup meningkat maupun pertambahan jumlah maskapai yang melayani penerbangan di bandara ini menjadi parameternya.

Untuk itu, guna memenuhi kebutuhan pasokan bahan bakar Avtur bagi maskapai di wilayah operasional Bandara, PT Pertamina (persero) beserta afiliasinya yaitu PT Elnusa Petrofin (EPN) meresmikan sarana dan fasilitas di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina Pinangsori Tapanuli Tengah pada Kamis 27 Agustus 2020.

Fasilitas baru yang diresmikan antara lain kantor operasional DPPU yang merupakan relokasi dari tempat sebelumnya. Kemudian tank storage dengan kapasitas 25 KL untuk penyimpanan Avtur, sehingga total kapasitas penyimpanan di DPPU ini adalah sebesar 60 KL (sebelumnya sebesar 35 KL).

Penambahan tank storage dengan kapasitas 25 KL yang berasal dari ex refueler DPPU Pertamina Polonia Medan yang dtelah direvitalisasi ini mampu meningkatkan coverage days ketahanan stok Avtur yang sebelumnya 4 hari menjadi 10 hari dalam kondisi normal.

Sedangkan pada kondisi saat ini dimana aktivitas penerbangan belum pulih sepenuhnya, coverage days dapat mencapai 12 hari.

Menempati lahan seluas kurang lebih 600 meter persegi, DPPU Pertamina ini telah dikelola oleh PT Elnusa Petrofin sejak tahun 2017. Namun pada saat itu masih menempati bangunan lama dan penyimpanan Avtur masih menggunakan floating tank sehingga fasilitas dan prasarana di DPPU Pinangsori ini terus ditambah dan dikembangkan sesuai kebutuhan dari maskapai.

Haris Syahrudin Direktur Utama PT Elnusa Petrofin mengatakan sarana dan fasilitas baru di DPPU Pinangsori yang baru saja diresmikan ini merupakan kontribusi nyata EPN mendukung Pertamina dalam menjaga ketersediaan energi yang dalam hal ini bahan bakar Avtur khususnya bagi maskapai yang merupakan pelanggan Pertamina serta masyarakat pada umumnya.

Haris juga berharap bahwa dengan ketersediaan Avtur yang terjaga bagi maskapai ini mampu mendorong dan kembali meningkatkan sektor ekonomi khususnya di Tapanuli Tengah.

Mewakili kepala Bandara Ferdinan Lumban Tobing, Bill Akbar menyampaikan pihaknya berharap adanya penambahan fasilitas storage di DPPU ini bisa menjadi pancingan agar melayani lebih banyak pelanggan lain untuk mengisi avtur di bandara FL Tobing, diluar customer tetap, misalnya pesawat charter.

Sementara itu dalam sambutannya, General Manager Marketing Region I Pertamina, Gema Iriandus Pahalawan mengatakan salah satu tugas pertamina dari pemerintah adalah melayani energi. “Saya yakin dengan adanya DPPU ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak dan akan mendorong ekonomi yang ada disini seperti industri wisata dan bisnis” ujarnya.

Selain itu keberadaan sarana dan fasilitas baru di DPPU Pinangsori mampu meningkatkan efisiensi pengisian Avtur bagi Maskapai tutup Gema.

Dalam kesempatan tersebut juga dibagikan santunan secara simbolis kepada anak yatim piatu yang berada disekitar lokasi operasional DDPU Pinangsori sebagai salah satu kegiatan Corporate Social Responsibility.

SF-Admin